Loading...
iden

Pustaka Ilmiah Universitas Padjadjaran: "Pengaruh Penambahan Probiotik Heryaki Powder Pada Ransum Komplit Terhadap Kecernaan Bahan Kering dan Protein Kasar Pada Domba Lokal Jantan"

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan probiotik Heryaki Powder pada ransum komplit yang menghasilkan kecernaan bahan kering dan protein kasar tertinggi pada domba lokal jantan. Penelitian menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL).

Terdapat empat perlakuan, perlakuan berupa ransum komplit dengan imbangan konsentrat dan silase tanaman jagung 50%:50% dan penambahan berbagai dosis probiotik yaitu P0 (ransum + 0% probiotik), P1 (ransum + 0,25% probiotik), P2 (ransum + 0,50% probiotik) dan P3 (ransum + 0,75% probiotik).

Setiap perlakuan diulang sebanyak lima kali. Peubah yang diamati adalah kecernaan bahan kering dan protein kasar. Data hasil penelitian diolah menggunakan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh nyata terhadap kecernaan bahan kering dan protein kasar.

Nilai kecernaan bahan kering dan protein kasar tertinggi pada penelitian ini dihasilkan pada P3 masing-masing adalah sebesar 59,50% dan 73,88%. Kesimpulan yang diambil adalah penambahan probiotik dengan dosis 0,75% menghasilkan nilai kecernaan bahan kering dan protein kasar paling tinggi.

 

Silahkan download hasil penelitiannya secara lengkap di https://pustaka.unpad.ac.id/archives/178598

 

Di tag dibawah

Artikel terkait

Hindari Memberikan Susu Sapi Kepada Anak Kucing, Ini Alasannya...

Pernah menemukan anak kucing ditinggalkan sendirian di suatu tempat oleh induknya? Pasti tidak tega mendengar suaranya yang terdengar seperti tangisan anak bayi. Para pemerhati hewan, umumnya ingin segera mengambil anak kucing tersebut dan membawanya untuk dirawat dengan baik di rumah. Selengkapnya...
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Dengan 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), kami hanya menawarkan produk-produk pilihan yang berkualitas yaitu: