TRANSLATE

Raja Subali, Susu Sapi Segar Berkhasiat Hasil Inovasi Warga Desa

Reka baru atau inovasi (bahasa Inggris: innovation) dapat diartikan sebagai proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasipengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial).

Reka baru sebagai suatu “objek” juga memiliki arti sebagai suatu produk atau praktik baru yang tersedia bagi aplikasi, umumnya dalam suatu konteks komersial. Biasanya, beragam tingkat kebaruannya dapat dibedakan, bergantung pada konteksnya: suatu inovasi dapat bersifat baru bagi suatu perusahaan (atau agen/aktor), baru bagi pasar, atau negara atau daerah, atau baru secara sejagat. Sementara itu, reka baru sebagai suatu “kegiatan” merupakan proses penciptaan reka baru, sering kali diidentifikasi dengan komersialisasi suatu reka cipta.

Sebagai daerah yang tergolong dataran tinggi, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan sangat potensial untuk pengembangan pertanian, perkebunan dan peternakan. Maka tak heran jika hampir 80 persen masyarakat Desa Gemaharjo adalah petani dan peternak.  yang Berbagai produk agrobisnis berlimpah ruah disini seperti susu sapi segar dan  empon empon.

Karena bahan-bahan  mentah harganya murah, para penduduk Desa Gemaharjo memiliki inisiatip menciptakan produk atau berinovasi,  dengan cara mengolah susu sapi segar dengan empon-empon menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi.

Produknya diberi nama “Raja Subali” singkatan dari  Ramuan Jawa Susu Herbal Murni, berupa susu segar berkhasiat berbahan dasar susu murni dipadu dengan berbagai bahan jamu jawa semisal kunyit, temulawak, jahe serta gula aren.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji , memberikan apresiasi sekaligus dukungan dan berharap Raja Subali ini berkembang ke wilayah atau kecamatan kecamatan yang lain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.