Loading...
iden

Potensi Sapi Grati Untuk Memenuhi Kebutuhan Bahan Baku Minuman Dari Susu UHT

UHT adalah singkatan dari Ultra High Temperature, digunakan oleh industri untuk susu yang aman disimpan tanpa lemari pendingin. Susu UHT umumnya dapat bertahan selama 6-9 bulan sebelum dibuka. Syarat dari susu UHT berdasarkan standar Amerika adalah telah diproses secara thermal pada atau diatas 280 derajad Fahrenhait selama minimal 2 dertik, baik sebelum atau setelah pengemasan, sehingga menghasilkan produk yang memiliki masa simpan yang panjang.

Permintaan produk susu UHT terus meningkat seiring dengan kesadaran akan kesehatan dan pendapatan masyarakat. Juga tumbuhnya industri minuman dari susu UHT tersebut. Namun demikian, kondisi tersebut tidak didukung oleh produksi susu nasional, yang  hingga saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat, akibatnya sekitar 80 persennya masih dipenuhi dari impor.

Salah satu cara untuk meningkatkan produksi susu nasional adalah memperbanyak bibit sapi perah utamanya adalah jenis Friesian Holstein yang sangat populer di kalangan para peternak sapi perah. Akan tetapi hal tersebut juga terkendala, karena Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) yang ditunjuk untuk memasok bibit belum mampu menyediakannya.

Sebagai alternatif dikembangkanlah sapi perah jenis Grati, yaitu persilangan antara pejantan Frisien Hosltein (FH) dengan sapi betina lokal dari jenis jawa dan madura. Diberi nama Grati karena dikembangbiakkan dan sangat populer di Kecamatan Grati, Pasuruan, Jawa Timur. Meskipun perawakannya lebih kecil dari Fries Holland, ternak sapi Grati mampu menghasilkan susu lebih banyak dari sapi asal Belanda tersebut.

Karena dihasilkan dari sistem kawin silang, banyak orang menyebut sapi ini dengan sapi Peranakan Friesian Holstein (PFH) dan digolongkan sebagai bangsa sapi perah tropis, sama seperti jenid sapi Red Shindi, Sahiwal, Droughtmaster dan Australian Milking Zebu.

Sebagai sapi dari hasil kawin silang, sapi Grati memiliki beberapa keunggulan antara lain: 

  1. Mudah beradaptasi dengan kondisi iklim dan cuaca di Indonesia
  2. Masa laktasi (masa produksi susu untuk diperah) yang cukup lama, yakni selama 9 bulan.
  3. Bisa menghasilkan susu sebanyak 12 sampai 13 liter per ekor dalam setiap harinya.
  4. Perangainya jinak dan tenang sehingga mudah dikendalikan dan diternakkan.

Walaupun ukurannya lebih kecil, ciri fisik sapi Grati mirip dengan sapi perah Friesian Holstein yaitu

  • Bulu berwarna belang hitam putih, serta terdapat belang berbentuk segitiga pada bagian dahi.
  • Corak putih terdapat pada bagian dada, perut bagian bawah, ekor, serta kaki.
  • Bentuk kepala lebar, panjang, dan lurus.
  • Tanduk kecil dan pendek, menjurus ke depan.

Bagaimana kondisi terkini tentang perkembangan sapi Grati di daerah asalnya yaitu Pasuruan? Populasi ternak sapi perah di Kabupaten ini dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan kuantitas produksi susunya. Sampai saat ini, produksi susu segar dari Kabupaten Pasuruan digunakan untuk memenuhi kebutuhan susu di Jawa Timur.

Perkembangan tersebut diatas terjadi karena beberapa upaya yang terus dilakukan oleh Pemerintah setempat. Antara lain: Inseminasi Buatan (IB) dengan program SIWAB, pengendalian pengeluaran ternak antar daerah dan adanya pelarangan pemotongan ternak betina produktif. Penerapannya dilakukan di  kawasan penyebaran dan pengembangan sapi perah yaitu Kecamatan Tutur, Grati, Purwodadi, Purwosari, Puspo dan Prigen.

Keberadaan peternak juga didukung oleh koperasi yang siap menampung susu untuk selanjutnya disetorkan ke Industri Pengolahan Susu (IPS). Kemudian IPS akan mengolahnya menjadi macam-macam produk seperti Susu UHT. Dari susu UHT akan diproses lagi menjadi minuman dari susu UHT yang saat ini menjadi trend di kalangan generasi millenial.

Dibawah ini ada beberapa contoh minuman dari susu UHT yang sepertinya layak untuk dicoba:

 

1. OREO MILKSHAKE

Bahan dibutuhkan:

  • 2 gelas susu UHT rasa cokelat
  • 6 keping oreo
  • 1 sendok es krim
  • Es batu
  • Topping, bisa menggunakan oreo atau choco chip

Cara membuat:

  1. Susu, oreo, es krim dan es batu diblender hingga hancur merata.
  2. Tuangkan ke dalam gelas dan beri topping sesuai selera.

 Oreo milkshake siap dihidangkan, mudah bukan?

 

 

2. SUSU KETAN HITAM

Bahan dibutuhkan:

  • 2 sdm ketan hitam
  • 200 ml susu UHT
  • Keju, choco chip, cokelat bubuk sebagai topping
  • Air secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus ketan hitam bersama air hingga ketan lembut dan kental.
  2. Siapkan gelas dan masukkan ketan hitam ke dalam gelas kemudian tuangkan susu lalu beri es batu dan juga topping sesuai selera.
  3. Susu ketan siap disajikan.

 

Itu dia sekilas tentang ternak sapi Grati dan minuman dari susu UHT. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin beternak sapi jenis ini.

tanduk kerbau

ALAT PIJAT KERIK TERAPI GUASA DARI TANDUK Rp21.000

Tanduk, sudah sejak lama digunakan cara untuk pengobatan tradisional Cina yang disebut gua sha. Gua artinya kerok atau gosok, sedangkan sha berarti kemerahan. Tidak main-main, terapi ini sudah dipraktekkan sejak 2.000 tahun silam. Bahkan dapat dikatakan Gua Sha adalah kerokan ala Cina.

Baca selengkapnya...