Sapi Hereford

Jenis ternak sapi subtropis yang berasal dari daratan Eropa ini sejatinya adalah sapi potong keturunan bos Taurus yang dikembangbiakkan di daerah Hereford, dekat Lembah Severn River, Wales, Inggris Raya.

Di daerah asalnya, ternak sapi ini disebut dengan White Face Cattle. Dibandingkan dengan ternak sapi jenis lain, Hereford merupakan sapi potong yang bisa menghasilkan daging dengan singkat.

Sapi ini diternakkan pertama kali di Amerika Serikat tahun 1840-an, kemudian tersebar di Selandia Baru, Afrika Selatan, Kanada, serta Australia. Karakternya yang baik juga membuat sapi Hereford mulai diternakkan di sejumlah 50 negara beriklim subtropis.

Sapi Hereford juga memiliki ciri khusus yang membuatnya sangat mudah dibedakan dengan sapi jenis lain, seperti:

  • Bulu badan didominasi warna merah kecokelatan, kecuali bulu pada bagian muka.
  • Bulu putih juga terdapat pada perut bagian bawah, sisi badan, keempat kaki, leher, serta ekor.
  • Beberapa sapi Hereford ada yang bertanduk ada yang tidak.
  • Posturnya rendah, tegap, lebar, dan berdaging padat.
  • Bobot jantan dewasa antara 1.200 kg, bobot betina dewasa 800 kg.
  • Tingkat pertumbuhannya cepat dengan kemampuan produktivitas yang tinggi.
  • Memiliki temperamen yang baik dan tulang yang kuat.
  • Sifat lain yang paling menonjol dari sapi jenis ini adalah kemampuan merumput yang sangat baik dan daya adaptasi tinggi sehingga mampu menyesuaikan dengan kondisi alam yang cenderung berubah-ubah.

 

Namun, di balik karakter kuat sapi Hereford, dia juga memiliki kelemahan yang cukup serius jika tidak dipelihara dengan baik, sapi ini rentan terhadap cancer eye dan pink eye karena pengaruh faktor pigmen.

Di awal kita sudah menyinggung mengenai sapi Hereford yang bertanduk dengan yang tidak, umumnya jenis Hereford bertanduk adalah bangsa ternak sapi asli dari Lembah Severn River, Wales, sedangkan yang tidak bertanduk biasanya dihasilkan dari ternak silang antara Hereford asli dengan sapi jenis lain.

Lantas, bagaimana kisahnya sapi potong ini bisa digolongkan menjadi sapi perah juga ?. Berawal dari negara-negara produsen susu seperti Australia dan Amerika, yang mencoba melakukan kawin silang sapi Hereford dengan sapi jenis Brahman. Tujuannya untuk menghasilkan ternak sapi jenis pedaging sekaligus sapi perah produk hybrid yang unggul. Hasil kawin silang yang diberi nama Brahman Cross ini nantinya banyak diminati para peternak sapi di berbagai belahan dunia, namun fungsinya justru lebih dominan menjadi sapi potong.

Di Indonesia sendiri, sapi Hereford jenis silang (Brahman Cross) mulai diimpor ke Sulawesi dari Australia pada tahun 1973. Sapi Brahman Cross juga pernah didatangkan ke Pulau Sumba untuk memperbaiki mutu genetik sapi Ongole di sini.

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu
    Daging wagyu merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat.
    Read more...
  • Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T-Bone merupakan salah satu jenis daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...