TRANSLATE

Sapi Jabres, Sangat Menguntungkan Untuk Dibudidayakan

Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terdapat sapi lokal yang disebut Jabres. Jabres adalah singkatan dar kata 'Jawa' dan  'Brebes'. Sapi jabres diduga merupakan hasil persilangan antara sapi madura atau sapi bali dengan sapi lokal atau ongole. Sapi ini berkembang dengan baik di daerah dataran tinggi Kabupaten Brebes bagian selatan.

Ukuran badannya memang lebih kecil jika dibanding sapi jenis Simental atau  BX. Bobot hidup sapi Jabres betina dewasa sebesar 230-260 kg saja . Sedangkan yang berjenis kelamin jantan, bobotnya lebih berat, yakni 280-350 kg. 

Secara fisik, sapi ini terlihat  kurang 'menjual', sapi ini sebenarnya lebih menguntungkan jika dibudidayakan oleh peternak tradisional, karena punya kemampuan tinggi untuk beradaptasi dengan lingkungan serta mampu memanfaatkan pakan yang berkualitas rendah, bahkan dalam keadaan paceklik pakan dan minim air seperti saat kemarau.

Dengan kondisi seperti itu pun,  sapi jabres tetap bisa tumbuh dan mempunyai daya reproduksi yang baik, bisa beranak 13 kali selama hidup. Sementara jenis sapi lain di bawah 10 kali. Struktur dagingnya juga padat dengan sedikit lemak, kulit bagus. Meski ukuran badannya tidak sebesar sapi impor, prosentase  karkas (bobot sapi tanpa kepala, kaki dan jeroan) hampir sama, yakni 45-50 persen dari berat hidup. Risiko kematian Sapi jabres  ini juga  kecil dan tahan (resisten) terhadap serangga.

 

Ciri - ciri Sapi jabres

  • Warna bervariasi dari coklat, coklat keputihan, putih, coklat kehitaman dan hitam, yang jantan biasanya coklat kehitaman sampai hitam dan yang betina umumnya coklat.
  • Pada umumnya tidak berpunuk
  • Bentuk tubuh ramping dan padat, struktur dagingnya padat
  • Ciri khusus yang membedakan dengan jenis sapi lain adalah pantat dan kaki belakang berwarna putih, adanya garis hitam mulai dari punggung sampai ekor.

Dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya,  sangat disayangkan jika  sapi lokal hasil persilangan ini belum banyak dikenal di kalangan peternak sapi di Indonesia.

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Brebes secara terus-menerus berupaya menjaga, melestarikan dan sekaligus mengembangkannya. Karena berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2842/Kpts/LB.430/8/2012 tanggal 13 Agustus 2012, Sapi Jabres dinyatakan sebagai salah satu rumpun sapi lokal, dan kekayaan sumber daya genetik ternak lokal Indonesia, harus dilindungi dan dilestarikan.

Usaha Peternakan Sapi Seperti Apakah Yang Harus Diurus Izinnya?

"Warga Mengeluh, Peternakan Sapi Tanpa Izin Dibiarkan Tetap Beroperasi", demikian judul sebuah berita yang dilansir oleh dejurnal.com, pada tanggal 07 Mei 2021. Peternakan tersebut terletak di Kampung Ciherang Rt 02 Rw 01 Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Menurut informasi yang diperoleh, peternakan tersebut memang tidak memiliki izin, dan keberadaannya tidak mendapatkan restu masyarakat sekitar. Baca selengkapnya...

Pernak Pernik Sapi Dijual

Patung Keramik Pasangan Sapi

Tinggi 13 cm, Panjang 5,5 cm, Lebar 3,5

Pensil Box Susu Sapi

Panjang 21 cm, Dilengkapi dengan per.

Sendok Bayi Gambar Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm

Perlengkapan Mandi Bentuk Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm, Tinggi 14 cm

Magnet Kulkas Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm

Piring Makan Gambar Sapi

Bahan plastik, Diameter 23 cm