Sapi Korban Mutasi Genetika

"Tampak fisiknya seperti melihat dua hewan yang sedang berbaring bersama."

Mutasi genetik adalah satu peristiwa yang bisa terjadi secara alami pada hewan. Prosesnya ditandai dengan kelainan pada fisik. Karena berbeda struktur dengan gen pada umumnya, sebagian besar hewan yang mengalami mutasi genetik akan mati di dalam rahim. Sebagian kecil yang lahir pun hanya mampu bertahan hidup beberapa hari saja.

Namun kadang ada pengecualian, seperti yang terjadi pada seekor anak sapi berkepala dua yang lahir di Kenctucky. Lucky, demikian ia diberi nama, bisa hidup lebih lama dari anak sapi yang mengalami kasus yang sama yang hanya bisa bertahan 40 hari saja.

Lucky, hidup di sebuah peternakan yang berada di Campbellville, Kentucky. Penampakan saat Lucky lahir memang mengejutkan sang pemilik, yaitu Brandy dan Stan Mc Cubbins. Bagaimana tidak, Stan  seperti melihat dua hewan yang sedang berbaring bersama.

Ia kemudian menganggap hal yang unik dan langka itu adalah sebuah berkah. Sejauh ini, Lucky tumbuh besar dalam kondisi yang sangat baik. Meskipun  hewan ini berjalan melingkar dan sering terjatuh, akibat kedua mata yang berada di tengah tidak berfungsi dengan sempurna. Lucky juga membutuhkan pertolongan ketika sedang makan, karena kedua mulutnya bergerak pada waktu yang bersamaan.

Secara ilmiah, hewan yang memiliki dua wajah disebut sebagai "diprosopus" atau "craniofacial duplication". Dan ketika ada satu kepala yang menyempit, diberi nama "cyclops". Megenai penyebabnya, Arkhar Abzhanov dari Imperial College London akibat dari telur yang dibuahi menjadi tunggal dan tidak dapat terpisah sempurna.

Yang pasti, apapun penyebab dari kondisi langka tersebut yang, keluarga McCubbins mereka berkomitmen untuk merawat Lucky sebaik dan selama mungkin.

 

Sumber: nationalgeographic.co.id

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

Semua Tentang Sapi

  • Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah
    "Merawat anak sapi perah sangat penting dalam usaha ternak, sebab angka kematian sapi tertinggi adalah selama masih pedet yakni saat baru lahir hingga usia 3 bulan."

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.