Loading...
iden

Sapi Madura Adalah Hewan Ternak Kesayangan Para Peternak dan Pedagang

Memilih sapi kurban berdasarkan jenisnya sangat penting bagi orang yang berqurban. Ada kepuasan tersendiri setelah memilih jenis sapi yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Selain itu, mengurbankan sapi terbaik berarti nilai ibadahnya lebih tinggi. Bagi pedagang sapi kurban, jenis hewan yang dipilih, berkaitan dengan modal yang harus disiapkan. Satu jenis hewan ternak kesayangan para pencari rejeki saat Idul Adha adalah Sapi Madura. 

Sapi Madura memang termasuk komoditas yang sexy untuk mencari untung dari transaksi jual beli sapi karena berbagai alasan. Yang utama  adalah sapi Madura yang banyak diperdagangkan ukurannya relatif kecil namun dibandingkan dengan jenis sapi lokal lainnya, jumlah dagingnya lebih banyak serta dagingnya yang lebih empuk dan enak.

Sapi Madura merupakan hasil persilangan antara jenis sapi Bali (Bos Sundaicus) dengan jenis sapi Zebu (Bos Indicus), sehingga ciri-ciri dari kedua jenis sapi tersebut masih dapat ditemukan pada ternak sapi Madura ini. Sapi Madura merupakan salah satu jenis sapi Indonesia yang multifungsi, sapi jenis ini sangat cocok untuk diternakkan baik sebagai sapi pedaging maupun sapi pekerja yang handal, itu sebabnya menjadi hewan ternak kesayangan.

 

 

Karakteristik

Secara genetik, sapi Madura memiliki sifat toleran terhadap iklim panas dan lingkungan marjinal, serta tahan terhadap serangan berbagai penyakit. Karakteristik dari sapi Madura sudah sangat seragam, secara fisiologis sapi Madura memiliki postur tubuh yang lebih kecil, berkaki lebih pendek dan kuat, memiliki bulu tubuh dengan warna merah bata, terdapat bulu berwarna putih pada bagian perut dan paha bagian dalam, serta bentuk tanduk yang setengah melingkar dan melengkung ke arah depan pada bagian ujung tanduknya.

Sapi Madura sendiri tergolong sebagai jenis sapi Indonesia potong tipe kecil dengan variasi bobot tubuh sekitar 300kg, sehingga menjadi hewan ternak kesayangan para pemilik lapak jual beli daging sapi di pasar becek juga lapak hewan kurban. Namun, jika teknik penggemukan sapi yang digunakan cukup baik, dan pemenuhan kebutuhan pakan yang cukup dan berkualitas, sapi Madura ini dapat tumbuh dengan bobot mencapai lebih dari 500kg.

 

Perkembangan Ternak Sapi Madura

Kontribusi sapi Madura sebagai komoditas jual beli sapi potong berkembang dengan baik di Jawa Timur, khususnya di pulau Madura. Nilai kontribusi peternakan sapi Madura cukup besar dengan persentase mencapai 24% dari kebutuhan sapi potong yang berasal dari Jawa Timur.

Badan Pusat Statistik Jawa Timur mencatat, populasi jenis sapi Indonesia ini di 4 Kabupaten di pulau Madura terus bertambah setiap tahunnya. Hasil pendataan pada tahun 2014 yang dilakukan lembaga tersebut mencatat, populasi sapi di pulau Madura mencapai 806.608 ekor.

Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan data pada tahun 2012 yang hanya mencapai 787.424 ekor, dengan jumlah terbanyak berada di wilayah Sumenep, yakni mencapai 360.000 ekor lebih.

 


Keunggulan

Terdapat beberapa keunggulan yang menyebabkan transaksi jual beli sapi Madura cukup ramai, bila dibandingkan dengan jenis sapi lainnya, di antaranya adalah:

  • Mudah dipelihara atau diternakan.
  • Mudah dikembangbiakan.
  • Tahan terhadap beberapa penyakit sapi.
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, meski diberi pakan dengan kualitas rendah sekalipun.
  • Persentase karkas yang dihasilkan tergolong baik untuk sapi lokal, yakni berkisar antara 50-60%.
  • Bagi konsumen, harga sapi Madura ini jauh lebih terjangkau dibandingkan jenis sapi lainnya dengan kualitas yang sama.

 

Peluang Usaha Ternak Sapi Madura

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, transaksi jual beli sapi Madura tergolong besar dan menjadi  hewan ternak kesayangan, baik untuk diolah ataupun diternakan kembali.

Sapi Madura juga memiliki karakteristik daging sapi yang tebal, tulang yang relatif kecil, dan mengandung jumlah lemak yang relatif lebih sedikit dibandingkan jenis sapi lainnya.

Jadi tidak heran, jenis sapi Indonesia  ini banyak diburu dan layak dijadikan sebagai salah satu ternak sapi pedaging unggulan jenis lokal. Disamping itu, sapi Madura juga merupakan salah satu aset penting bagi daya tarik pariwisata yang ada di pulau Madura, dengan salah satu budaya populernya, yakni karapan sapi.

Nah, demikianlah informasi tentang ternak sapi Madura, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Beralih Menjadi Peternak Sapi, Kini Jadi Pengusaha Sukses di Indonesia

Sukses hanya pantas disematkan kepada mereka yang telah lebih dulu mengalami kegagalan. Hal ini bukanlah isapan jempol belaka. Banyak contoh di dunia ini, orang-orang yang berhasil mencapai puncak kesuksesan setelah mengalami kegagalan besar. Hal ini pula yang pernah terjadi pada Malin Nasir. Sempat bangkrut menjadi petani cabai, kini pria Minang tersebut menjadi pengusaha sukses di Indonesia khusus bidang peternakan sapi. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.