Sapi Sumba Ongole

"Indonesia memiliki beberapa jenis sapi lokal yang biasa dimanfaatkan sebagai sapi potong ataupun sapi pekerja. Salah satu jenisnya yang populer adalah sapi Sumba Ongole (SO). Sapi yang termasuk jenis zebu atau berpunuk ini banyak dikembangbiakkan oleh usaha peternakan sapi di pulau Sumba, Nusa Tenggara Barat. Oleh karena itu, jenis sapi Ongole ini lebih dikenal dengan sebutan sapi Sumba Ongole."

Sejarah

Sejarah sapi jenis Sumba Ongole sendiri diawali dari sapi-sapi Ongole asal India yang didatangkan oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda ke Indonesia pada tahun 1906-1907. Pada awalnya, pemerintah Hindia Belanda memasukan empat jenis sapi ke pulau Sumba, yakni sapi Madura, sapi Jawa, sapi Bali, dan sapi Ongole.

Dari keempat jenis sapi tersebut ternyata hanya jenis sapi Ongole saja yang mampu beradaptasi dengan baik dan berkembang dengan cukup cepat meskipun berada di daerah yang musim kemaraunya sangat panjang seperti di pulau Sumba.

Oleh karena itu, tujuh tahun kemudian, pada tahun 1914, pemerintah Hindia Belanda menetapkan pulau Sumba sebagai pusat pembibitan jenis sapi Ongole murni.

 

Ciri Fisik

Secara fisik, sapi Sumba Ongole dapat dengan mudah dikenali, karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Warna kulit putih, disekitar kepala sedikit lebih gelap dan cenderung berwarna abu-abu.
  • Postur tubuh agak panjang, memiliki leher sedikit pendek, dan kaki yang terlihat panjang.
  • Memiliki punuk yang besar dan terlihat bergelambir.
  • Punuk tumbuh lurus dan berkembang dengan baik pada sapi jantan.
  • Memiliki telinga yang panjang dan menggelantung.
  • Postur kepala relatif pendek dengan profil melengkung dengan mata yang besar.
  • Kulit disekitar kelopak mata berwarna hitam.
  • Tanduk yang dimiliki sapi Ongole betina lebih panjang dibandingkan sapi pejantan.
  • Tinggi sapi Sumba Ongole jantan berkisar 150 cm dengan bobot mencapai 600 kg. Sedangkan sapi betina memiliki tinggi berkisar 135 cm dengan berat badan mencapai 450 kg.
  • Pertumbuhan bobot sapi Sumba Ongole berkisar 0,85-0,95 kg/hari dengan kualitas karkas mencapai 45-58%.

 

Pemeliharaan

Sapi Sumba Ongole secara umum dipelihara dalam lahan pengembalaan atau ranch; sapi dibiarkan lepas berinteraksi dan mencari makanan di area pengembalaan seluas ribuan hektar.

Seorang peternak biasanya memiliki ratusan ekor sapi, agar tidak tertukar saat pengembalaan, peternak akan menandai ternaknya dengan sobekan khas di telinga atau dengan cap bakar di bagian paha.

Dalam pengembangbiakannya, selain mengusahakan perkawinan murni, sapi Ongole juga dapat dikawinkan dengan jenis sapi lainnya. Hasil perkawinan antara sapi Ongole dengan sapi Jawa menghasilkan sapi peranakan yang disebut sapi PO atau sapi peranakan ongole yang populer juga sebagai sapi pedaging dan pekerja.

 

Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki jenis sapi Sumba Ongole adalah:

  • Tingkat perkembangbiakan sapi Ongole tergolong cepat. Sapi Ongole betina dapat mulai dikawinkan pada umur 18 bulan, dan dapat melahirkan anak pertamanya pada umur 30 bulan. Sedangkan sapi Ongole pejantan sudah mampu kawin pada umur 30-36 bulan.
  • Berbobot besar, dengan jumlah daging yang juga otomatis cukup banyak.
  • Harga sapi Ongole jauh lebih tinggi ketimbang beberapa jenis sapi lokal lainnya.
  • Dapat bertahan di daerah yang cukup kering, serta mampu berkembang dengan kualitas pakan yang rendah sekalipun.

 

Itulah informasi singkat mengenai sapi Sumba Ongole, semoga dapat menambah informasi dan wawasan Anda.

  • Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu
    Daging wagyu merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat.
    Read more...
  • Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T-Bone merupakan salah satu jenis daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...