TRANSLATE

Selaput Jantung Sapi, Obat Untuk Percepat Penyembuhan Luka

Perikardium adalah membran yang menyelimuti jantung baik pada manusia ataupun hewan seperti sapi.  Fungsi utama dari perikardium adalah  melindungi jantung, dan memungkinkan gerakan permukaan jantung.

Perikardium berupa jaringan berdinding ganda, yang terdiri dari lapisan luar yang berserat (perikardium parietal) dan lapisan dalam berupa membran serosa (perikardium viscereal).

Bagian luar perikardium, yaitu perikardium parietal, bersifat tebal dan kuat. Bagian ini melekat pada otot diafragma. Bagian ini melekat agak longgar pada jantung.

Bagian dalam perikardium, yaitu perikardium viscereal, bersifat melekat rapat pada jantung. Diantara kedua lapisan perikardium ini terdapat cairan perikardial. Cairan ini berfungsi sebagai semacam pelumas yang memungkinkan gerakan jantung saat berdetak.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Riset dan Teknologi Aplikasi Isotop dan Radiasi,sejak lama telah meneliti membran perikardium dari selaput pembungkus jantung sapi, sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka.

Selaput Jantung Sapi Obat Untuk Percepat Penyembuhan Luka 2Metode produksi yang digunakan dalam riset terbukti efektif, sehingga membuahkan kerja sama lisensi paten, sehingga akan segera akan menembus fase komersial.

Menurut penelitinya, Basril Abas, membran perikardium yang digunakan berasal dari selaput pembungkus jantung sapi dengan kandungan kolagen yang tinggi. Kolagen merupakan senyawa yang banyak terdapat dalam tubuh sehingga biokompatibilitasnya pada jaringan host sangat tinggi dan juga kemampuannya dalam mempercepat penyembuhan luka.

Membran perikardium sangat baik untuk Guided Tissue/Bone Regeneration (GTR/GBR) pada aplikasi di bidang dental. Bahan tersebut sensitif terhadap suhu, sehingga untuk mensterilkannya digunakan teknik radiasi dengan sinar gamma atau berkas elektron.

Kerja sama untuk lisensi hak paten penelitian, dilakukan olah BRIN, bekerjasama  dengan PT Focustindo Cemerlang, perusahaan yang bergerak dalam bidang alat kesehatan dan layanan kesehatan ke rumah.

PT Focustindo akan memproduksi Membran Perikardium Iradiasi, menggunakan paten teknologi Proses Pembuatan Membran Perikardium Iradiasi dan Proses Pembuatan Graf Tulang Demineralisasi Steril Radiasi tersebut.

kemudian dipasarkan kepada masyarakat, melalui jaringan distribusi yang dimilikinya. Perjanjian lisensi ditandatangani oleh Pelaksana tugas Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN,  dan Direktur Utama PT Focustindo Cemerlang, selama 10 tahun.