Loading...
iden

Meningkatkan Laba Usaha Budidaya Sapi Dengan Seleksi Bibit Berdasarkan Penampilan Fisik

Kita semua paham bahwa pengadaan daging sapi belum memenuhi semua permintaan konsumen. Pedaging hanya mampu memenuhi sekitar 20% dari kebutuhan pasokan 60%. Oleh karenanya usaha penggemukan sapi ini tentunya bisa dikatakan menjanjikan laba usaha yang cukup besar.

Bila Anda tertarik untuk mencari laba usaha dari budidaya sapi potong ini, hal penting yang perlu Anda dalami adalah memilih bibit sapi potong. Anda harus memahami dengan baik bagaimana menyeleksi bibit sapi berdasarkan penampilan fisiknya. Mari kita lihat bersama.

 


Memilih Bibit Sapi Yang Baik

Yang dimaksud bibit sapi adalah sapi yang berusia kira-kira satu tahun dan sengaja dipelihara untuk tujuan penggemukan sapi. Setelah digemukkan, bobot sapi bisa meningkat secara drastis sehingga nilai karkasnya semakin tinggi. Efeknya, laba usaha yang didapat pastinya juga lebih tinggi.

Bibit sapi yang berkualitas akan sangat memengaruhi hasil produksi penggemukan sapi. Biasanya pedaging selalu membeli sapi bakalan, yaitu sapi yang masih muda, bobotnya masih sedikit dan nilai karkasnya masih rendah.

Oleh karenanya jika kita sudah bisa menghasilkan bakalan sapi potong dengan kualitas baik, setelah penggemukan hasilnya bisa sesuai dengan permintaan pasar.  Akhirnya Anda bisa mendapatkan keuntungan tinggi dari selisih harga sapi bakalan dan sapi potong yang siap produksi.

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Bibit Sapi Untuk Meningkatkan Laba Usaha

  • Pertama pilih jenis kelamin bibit sapi potong yang sehat (biasanya jantan), serta tidak ada tanda penyakit (biasanya dari jenis Simental, Limosin, Brahman, Ongole, atau PFH). 
  • Teliti proporsi badan bibit sapi dan kesempurnaannya dari samping, depan, dan belakang.
  • Bentuk badan atau kerangka yang besar dan panjang, dengan dada yang lebar dan dalam.
  • Pilih bibit sapi yang berkepala besar dengan moncong besar, namun masih proposional.
  • Bagian mulut sapi harus datar.
  • Pilih bagian leher bibit sapi yang kuat, besar, dan bergelambir tebal.
  • Pilih tulang punggung bibit sapi yang lurus dan tidak bengkok, biarpun kurus.
  • Untuk bagian perut dan tulang rusuk, pilih yang tidak terlampau melengkung ke dalam dan pilih yang terlihat berisi.
  • Bagian kaki yang berukuran pendek, besar, kokoh, serta tidak pincang.
  • Bagian ekor, periksa ukuran dari pangkal hingga ke ujung, pilih yang besarnya tidak terlalu berbeda jauh.
  • Periksa jumlah testis pada sapi jantan, yang seharusnya memiliki dua testis. Sedangkan sapi betina memiliki empat puting.
  • Pilih bibit sapi yang bulunya mengilap.
  • Jangan lupa menanyakan asal-usul serta silsilah bibit sapi, riwayat penyakit, tingkat adaptasi, dan kesehatannya.
  • Membeli sapi pada orang yang bereputasi dan tepercaya.
  • Jangan terpengaruh oleh harga murah, agar tidak menyesal bila nantinya hasil penggemukan tidak sesuai harapan.


Setelah Anda bisa memilih bibit sapi unggul, setelah satu tahun penggemukan harga jual sapi potong akan naik dan Anda akan mendapatkan laba usaha sesuai harapan. Semoga bermanfaat.

Desain Kandang Sapi Perah Untuk Mempercepat Proses Perkawinan

Kandang merupakan rumah bagi hewan ternak termasuk sapi, oleh karena itu kandang sapi harus dibuat senyaman mungkin untuk mendukung pertumbuhannya. Kandang yang baik juga harus mempermudah peternak dalam memelihara hewan ternaknya. Dengan membuat kandang sapi, diharapkan binatang ternak Anda tidak berkeliaran ke mana-mana dan kotorannya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Heboh Fenomena Anakan Sapi dengan Indera Penglihatan dan Penciuman Ganda

Pada beberapa waktu lalu pasutri asal Jombang, Slamet (30) dan Misni (31) dikejutkan dengan kelahiran seekor anakan sapi milik mereka yang lahir dengan kondisi tak lazim. Apabila diperhatikan sekilas memang tidak ada yang aneh dengan organ pernafasan anak sapi berwarna hitam putih tersebut. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, terdapat 4 lubang pada bagian hidungnya.

Parah, Pertandingan Sepakbola Siaran Langsung Ini Diganggu Oleh Gerombolan Sapi!

Keberhasilan Timnas Indonesia yang berhasil mengalahkan juara bertahan Thailand 2-1 pada sepakbola siaran langsung, menuai banyak pujian dari banyak pihak, tak terkecuali Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha. Meski sempat tertinggal 0-1 di babak pertama lewat gol Teereasil Dangda, timnas Indonesia berhasil melesakkan dua gol melalui Rizky Pora dan Hansamu Yama Pranata pada babak kedua.

Mesothelioma Cancer, Why You Must Stop Building a Cattle Roof with Asbestos Sheets

The Relation between mesothelioma cancer and Asbestos Sheets. The study has revealed that asbestos exposure in workplaces could increase the risk of mesothelioma and other respiratory diseases. Mesothelioma is cancer that can happen to human and livestock. The cells of tumors grow rapidly leading to disturbing the immune system in several organs. They appear in lungs, abdomens, and hearts. The tumors are rare in animals. Some cases can be found in livestock, cattle, and other species like a…