Loading...
iden

SIMAPI - Sistem Informasi Logistik Khusus Untuk Ternak Sapi di Boyolali

Kabupaten Boyolali memiliki sejumlah komunitas yang masing-masing mengelola ratusan ekor sapi. Sayangnya, belum ada sistem informasi logistik yang diterapkan, sehingga sulit sekali untuk mengumpulkan datanya. Sebagai kabupaten penghasil susu dan daging di Jawa Tengah yang produknya menyebar di berbagai kota seperti Kudus, Semarang dan Sukoharjo, Kabupaten Boyolali ingin menegaskan keunggulan tersebut, antara lain dengan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Atas dasar itu, Diskominfo Kabupaten Boyolali bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan, telah merancang sistem informasi logistik khusus ternak sapi layaknya KTP pada manusia. yang disebut sebagai Simapi (Sistem Informasi Sapi). Nantinya, setiap sapi yang ada di kabupaten ini akan dipasangkan alat dengan barcode, yang berisi informasi yang mencakup banyak hal, seperti nama pemiliknya, umur sapi, produksi susunya, sampai apakah sapi tersebut pernah sakit.

Ke depan, sistem informasi logistik SIMAPI ini juga akan diintegrasikan dengan Pemotongan Hewan (RTH) yang ada di seputar Boyolali ini. Dengan demikian, peternak atau calon pembeli memiliki data lengkap tentang sejarah dan kualitas sapi, yang antara lain berguna untuk meningkatkan produktivitasnya. Dan yang tak kalah penting, citra Kabupaten Boyolali sebagai penghasil sapi, susu dan daging terbaik akan tetap terjaga.

Sumber: tribunnews.com

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Ir. Elizabeth Julia Juarini, M.Sc.

Memperoleh gelar sarjana Peternakan pada tahun 1976 di Institut Pertanian Bogor. Pendidikan S2 pada tahun 1982 jurusan Agricultural Science (behavioral phisiology) di The University of Adelaide, South Australia. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.