SIMAPI - KTP Sapi Boyolali

Teknologi Yang Membantu Pengelolaan Data Sapi

Kabupaten Boyolali memiliki sejumlah komunitas yang masing-masing mengelola ratusan ekor sapi. Sayangnya,sulit sekali untuk mengumpulkan datanya. Sebagai kabupaten penghasil susu dan daging di Jawa Tengah yang produknya menyebar di berbagai kota seperti Kudus, Semarang dan Sukoharjo, Kabupaten Boyolali ingin menegaskan keunggulan tersebut, antara lain dengan dengan memanfaatkan teknologi.

Atas dasar itu, Diskominfo Kabupaten Boyolali bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan, telah merancang sistem informasi layaknya KTP sapi yang disebut sebagai Simapi (Sistem Informasi Sapi). Nantinya, setiap sapi yang ada di kabupaten ini akan dipasangkan alat dengan barcode, yang berisi informasi yang mencakup banyak hal, seperti nama pemiliknya, umur sapi, produksi susunya, sampai apakah sapi tersebut pernah sakit.

Ke depan, data dari Simapi ini juga akan diintegrasikan dengan Pemotongan Hewan (RTH) yang ada di seputar Boyolali ini. Dengan demikian, peternak atau calon pembeli memiliki data lengkap tentang sejarah dan kualitas sapi, yang antara lain berguna untuk meningkatkan produktivitasnya. Dan yang tak kalah penting, citra Kabupaten Boyolali sebagai penghasil sapi, susu dan daging terbaik akan tetap terjaga.

Sumber: tribunnews.com

Di tag dibawah

Artikel terkait

Tokoh

Artikel Paling Populer

  • Qurbani Business for Muslim Market: 5 Guides for Expanding Your Cattle Farming Qurbani Business for Muslim Market: 5 Guides for Expanding Your Cattle Farming
    A Large Number of the Muslim Market Will Upscale Your Cattle Business to a Higher Level. Every year all of Muslims in the world celebrate the Eid al Adha. It's the day when Muslims who can afford Qurbani animal to sacrifice and give it to others. Only some kind of animals that allowed to be Qurbani. They are goats, sheep, cows, buffalos, bulls, or camels. This post will explain about the profitable business aspect of cattle farming for the big Muslims market.
    Read more...

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...