SIMAPI - Sistem Informasi Logistik Khusus Untuk Ternak Sapi di Boyolali

Kabupaten Boyolali memiliki sejumlah komunitas yang masing-masing mengelola ratusan ekor sapi. Sayangnya, belum ada sistem informasi logistik yang diterapkan, sehingga sulit sekali untuk mengumpulkan datanya. Sebagai kabupaten penghasil susu dan daging di Jawa Tengah yang produknya menyebar di berbagai kota seperti Kudus, Semarang dan Sukoharjo, Kabupaten Boyolali ingin menegaskan keunggulan tersebut, antara lain dengan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Atas dasar itu, Diskominfo Kabupaten Boyolali bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan, telah merancang sistem informasi logistik khusus ternak sapi layaknya KTP pada manusia. yang disebut sebagai Simapi (Sistem Informasi Sapi). Nantinya, setiap sapi yang ada di kabupaten ini akan dipasangkan alat dengan barcode, yang berisi informasi yang mencakup banyak hal, seperti nama pemiliknya, umur sapi, produksi susunya, sampai apakah sapi tersebut pernah sakit.

Ke depan, sistem informasi logistik SIMAPI ini juga akan diintegrasikan dengan Pemotongan Hewan (RTH) yang ada di seputar Boyolali ini. Dengan demikian, peternak atau calon pembeli memiliki data lengkap tentang sejarah dan kualitas sapi, yang antara lain berguna untuk meningkatkan produktivitasnya. Dan yang tak kalah penting, citra Kabupaten Boyolali sebagai penghasil sapi, susu dan daging terbaik akan tetap terjaga.

Sumber: tribunnews.com