Loading...
iden

Peternak Sapi! Bagaimana cara anda mengisi waktu luang Saat PSBB?

Setelah pandemi Corona melanda Indonesia, kita semua diminta untuk melakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tentu ada rasa bosan, hingga punya keinginan untuk mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan. Namun ketika harus memutuskan bagaimana cara anda mengisi waktu luang tersebut, pastilah ada kebingungan.

Jika anda adalah peternak sapi, berikut ini ada beberapa ide yang bisa diterapkan, antara lain:

 

A. MEMPERLUAS WAWASAN DAN PENGETAHUAN

Dengan cara sebagai berikut:

 

1. Banyak membaca.

Membaca sangatlah penting dalam memperluas wawasan. Dengan rajin membaca, banyak pengetahuan yang bisa didapat. Selain itu membaca juga bisa meningkatkan pemahaman terhadap sesuatu hal yang nantinya berguna bagi kehidupan. Membaca tidak harus buku non fiksi, buku fiksi juga sangat berguna. Atau membaca Koran atau surat kabar juga sangat dianjurkan, agar bisa mengetahui berita-berita terbaru yang aktual baik di dalam negeri maupun luar negeri.

 

2. Manfaatkan media elektronik dan internet dengan baik dan benar

Media elektronik seperti TV juga berguna dalam menambah wawasan. Selain itu ada internet untuk mencari informasi dengan mudah dan cepat. Media-media tersebut pastinya memiliki manfaat, selama digunakan dengan baik dan benar.

 

B. MEMERIKSA DAN MEMPERBAIKI SARANA DAN PRASARANA USAHA TERNAK SAPI

Dimulai dari kandang hingga perlengkapan pendukungnya, berikut peralatan yang selama ini dianggap tidak terlalu penting hingga sering terbaikan. Satu contohnya adalah tambatan, untuk membatasi ruang gerak sapi. 

Apakah sudah mendapat gambaran bagaimana cara anda mengisi waktu luang? Ayo segera laksanakan!

Tambatan sapi, umumnya berupa tonggak, tiang, atau palang yang kokoh untuk mengikat sapi, yang dibuat khusus atau disatukan dengan struktur kandang. Ada dua model yang umum digunakan, yaitu tambat bawah dan tambat atas. Untuk lebih jelasnya, inilah perbedaan antara kedua model tersebut:

 

1. TAMBAT BAWAH

Model tambat bawah, tali yang digunakan untuk membatasi ruang gerak sapi potong ditambatkan pada bagian bawah tiang kandang. Kelebihan dari sistem ini adalah leher sapi tidak mudah terjerat oleh tali tambatan tersebut. Kekurangannya? Tali tambatan cepat sekali kotor, rusak, dan bahkan putus, terutama bila sering terinjak sapi di dalam kandang.

 

 

2. TAMBAT ATAS

Bagaimana dengan model tambat atas? Tali tambatan akan lebih bersih dan awet karena diikat pada bagian atas tiang kandang sehingga tidak terinjak-injak. Namun penambatan model ini dapat menjerat leher sapi, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan tali dengan ukuran cukup panjang.

 

Sebenarnya, ada satu lagi sistem yang dapat membatasi ruang gerak sapi yaitu menggunakan sekat atau dinding tanpa perlu diikat. Jadi ternak seolah-olah dibiarkan bebas bergerak, tapi masih berada didalam kandang. Sistem ini banyak digunakan untuk sapi jenis wagyu, agar tidak stress sehingga kualitas dagingnya bagus.

 

Demikian penjelasan singkat mengenai sistem penambatan, sebagai satu kegiatan untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara anda mengisi waktu luang saat PSBB. Semoga peternak sehat selalu. Aamiin.....

 

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.
bisnis ternak aziz gagap

Aziz Gagap: Bisnis Ternak Bisa Dijadikan Sumber Rezeki

Muhammad Azis atau dikenal luas dengan nama Azis Gagap, adalah pelawak dan pemeran Indonesia kelahiran lahir di Jakarta, 22 Desember 1973.Azis mengawali karier melawak melalui panggung lenong dari satu kelurahan ke kelurahan lain. Pada tahun 1999 ia mulai bekerja dengan Bagito dalam acara "Paviliun 21" di TVRI. Di acara inilah Azis berkenalan dengan Patrio yang nantinya bersama-sama dengan Sule, Andre Taulany, dan Nunung melawak dalam Opera Van Java pada tahun 2008. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.