Loading...
iden

Agar Cepat Bunting, Peternak Wajib Mengetahui Sistem Reproduksi Pada Sapi Dengan Jenis Kelamin Betina

Seorang peternak sapi perah sudah seharusnya mengetahui seluk beluk ternak sapi mulai dari pembibitan, memperbesar pedet, pemilihan jenis kelamin sapi apakah jantan atau betina, dan sistem reproduksi untuk memahami cara agar sapi cepat bunting. Dengan mengetahui hal-hal dasar seperti yang telah disebutkan, seorang peternak akan mampu mengelola usahanya ini dengan baik dan menghasilkan produk baik itu susu atau pun daging dengan lebih optimal.

Dalam dunia peternakan sapi perah, memahami sistem reproduksi pada sapi dengan jenis kelamin betina sangatlah penting. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kualitas dari indukan, penyakit atau gangguan pada kelamin, hingga hal-hal teknis lain yang akan merugikan peternak secara menyeluruh. Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam terkait sistem reproduksi sapi perah betina, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Ovarium

Ovarium adalah organ paling penting dari sapi perah dengan jenis kelamin betina. Tanpa organ ini sapi perah tidak akan mampu menghasilkan pedet dan juga susu yang menjadi tujuan utama peternak. Ovarium adalah sepasang kelenjar yang berada di dalam perut sapi. Biasanya ovarium kanan terletak di belakang ginjal kanan begitu pula sebaliknya, ovarium kiri terletak di belakang ginjal sebelah kiri.

Seperti halnya ovarium pada hewan lain, organ ini menghasilkan ovum yang merupakan sel telur betina. Selain menghasilkan ovum, ovarium juga menghasilkan hormon seperti estrogen, progesteron, dan inhibin yang bekerja secara bersama-sama dalam memperlancar kerja organ reproduksi sapi perah betina secara menyeluruh.

 

 


2. Oviduct

Setelah ovarium, organ selanjutnya yang sangat penting untuk mengetahui cara agar sapi cepat bunting adalah oviduct. Organ ini berguna untuk menyalurkan ovum dari ovarium menuju uterus. Saluran ini sangat berkelok-kelok dan memiliki tiga bagian yang memiliki fungsi yang berbeda.

Secara garis besar, oviduct dan segala komponennya berguna untuk menerima sel telur dari ovarium, sebagai tempat transportasi spermatozoa dari uterus menuju lokasi pembuahan, tempat bertemunya ovum dan spermatozoa, dan menjadi alat transportasi zigot menuju uterus sebelum akhirnya tumbuh da membesar.

 

 


3. Uterus

Bagian selanjutnya dari alat reproduksi sapi perah dengan jenis kelamin betina adalah uterus. Alat reproduksi pada ternak sapi betina ini berguna untuk saluran yang dilewati spermatozoa sebelum melakukan pembuahan pada ampula. Setelah ovum dan spermatozoa terjadi peleburan terbentuklah zigot yang akan menempel pada endometrium uterus. Proses implantasi ini terjadi secara otomatis setelah zigot terbentuk.

Setelah proses implantasi berjalan dengan baik, embrio hasil peleburan dua sel kelamin itu akan terus tumbuh. Saat anakan sapi di dalam uterus telah berumur, maka uterus akan berperan dalam proses kelahiran.

 

 


4. Cervix

Cervix adalah organ yang letaknya berada di antara vagina dan uterus pada sapi perah betina. Pada saat sapi betina memasuki masa kawin, organ ini akan terbuka dan digunakan sebagai jalan masuk dari sperma  yang mengantar spermatozoa hingga sampai ke uterus. Organ ini juga menghasilkan kelenjar yang akan memudahkan spermatozoa dalam melakukan perjalanan panjangnya.

Saat sapi mengalami kebuntingan pasca pembuahan di uterus, organ ini akan menutup secara otomatis. Hal ini terjadi karena cervix akan melindungi fetus. Organ penghubung ini akan terbuka kembali sesaat sebelum kelahiran untuk memudahkan anakan sapi keluar.

 

 


5. Vagina

Vagina dari sapi berguna sebagai alat kopulasi antara sapi dengan jenis kelamin jantan dan betina. Dari organ inilah sperma didepositkan atau dialokasikan menuju cervix hingga akhirnya bisa mengalir hingga menuju uterus. Saat anakan sapi akan lahir, vagina akan mengembang sehingga memudahkan pedet keluar dengan selamat.


Setelah mengetahui tentang sistem reproduksi pada sapi perah dengan jenis kelamin betina, cara agar sapi cepat bunting adalah menjaga kesehatan sapi. Jika sapi sehat sistem reproduksinya akan dapat berfungsi secara maksimal untuk menghasilkan anak. Semoga bisa menambah pengetahuan beternak Anda.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Reza Abdul Jabbar, Peternak Sapi Perah Asal Indonesia Yang Sukses di Selandia Baru

Tak salah rasanya jika menilik pada ungkapan yang umum didengar di masyarakat bahwa ‘merantaulah untuk memperbaiki nasib’. Meski tak sedikit orang tak juga berhasil setelah merantau jauh dari kampung halaman, tetapi banyak pula orang yang menuai sukses besar setelah beranjak jauh dari tanah kelahirannya. Hal ini salah satunya dirasakan oleh Reza Abdul Jabbar, seorang peternak sapi perah di Selandia Baru, tetapi asal Indonesia. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.