Memanfaatkan Gadget Untuk Mengetahui Penyakit dan Gangguan Reproduksi Pada Ternak Sapi

"Pernahkah Anda melihat sapi yang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kandang seperti sedang menggaruk-garuk bagian tubuh yang gatal?"

"Hidung ternak sapi kadang tampak basah oleh lendir (ingus), namun harus diwaspadai jika jumlahnya berlebih."

"Tidak hanya dialami oleh manusia, kehilangan nafsu makan ternyata juga sering dialami oleh sapi, baik sapi potong maupun sapi perah."

"Penyakit menular pada hewan ternak sapi yang disebabkan oleh bakteri Bacillus Anthracis."

"Penyakit ini tergolong berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat."

"Cukup banyak masyarakat di Indonesia yang beternak sapi, tetapi belum banyak yang benar-benar menjadikannya sebagai suatu peluang bisnis."

"Salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem reproduksi pada ternak sapi adalah penyakit Bruscellosis yang dapat menyebabkan abortus atau keluron."

"Tidak hanya manusia, sapi yang termasuk dalam ruminansia juga mengalami satu gangguan pencernaan yang kerap kita alami: kembung."

"Memiliki ternak sapi merupakan suatu aset yang sebenarnya cukup menguntungkan, sebab sapi merupakan komoditas ternak yang strategis."

Tokoh

Artikel Paling Populer

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...