Topeng Peningkat Produksi Susu Pada Ternak Sapi

Teknologi Unik Untuk Ternak Sapi Perah

Pada peternakan sapi perah modern yang berada di wilayah dengan 4 musim, pemerahan pada musim gugur dan musim dingin dilakukan didalam ruangan yang menggunakan cahaya buatan selama 18 jam sehari. Akibatnya, ternak sapi perah terkurung cukup lama didalam ruangan yang berefek kurang baik pada kesehatannya. Hal itu menjadi bahan pemikiran Equilume, sebuah perusahaan dari Irlandia, untuk mengembangkan  sebuah teknologi yang bisa tetap menjaga kondisi sapi berikut produksi susunya,  jika ternak sapi berada diluar ruangan.

The Equilume Bovine Light Mask, demikian peralatan itu disebut, dikembangkan oleh Equilume, di laboratorium milik University College Dublin. Bentuknya berupa alat mirip topeng yang dipasang dibagian muka ternak sapi. Hasilnya, ternak sapi bisa berada diluar ruangan, tetap sehat dan terjadi peningkatan pada produksi susunya hingga mencapai 9% daripada kondisi pada umumnya.

Teknologi "topeng" ini bukanlah hal baru bagi Equilume, karena sebelumnya perusahaan tersebut telah berpengalaman  membuat topeng terapi cahaya untuk kuda. Cara kerjanya adalah, dengan memberikan cahaya buatan yang diarahkan kepada mata ternak sapi perah. Cahaya tersebut, akan memicu produksi hormon melatonin.

Hormon melatonin mempunyai tugas sebagai pengatur hormon-hormon lain untuk melaksanakan tugasnya. Ibarat orkes simfoni, melatonin berfungsi sebagai konduktor: mengatur dan menjaga keharmonisan kerja hormon, menjaga keteraturan metabolisme sel, mempertahankan efisiensi dan efektivitas kerja sel, membuat sel tidak mudah rusak.

Yang menarik dari hormon melatonin ini adalah waktu produksinya. Kelenjar pineal yang menghasilkan hormon melatonin merupakan kelenjar yang sangat sensitif terhadap cahaya sehingga kelenjar ini aktif pada malam hari. Berdasarkan penelitian ternyata hormon metalonin ini paling banyak dihasilkan sekitar pukul 02.00 – 04.00 pagi. Hal ini dikarenakan pada waktu itu gangguan cahaya dari alam paling minimal.

Atas penemuan teknologi yang unik ini, Equilume berhasil memenangkan penghargaan dalam bidang Inovasi Perusahaan Berenergi, dari Agri-Technology di Enterprise Ireland Innovation Arena Awards, yang diadakan oleh National Plowing Championships di Scraggane. Dengan hadiah tersebut, Equilume kini berupaya mempercepat proses penyempurnaannya agar dapat segera ditawarkan kepada para peternak yang membutuhkan.

Sumber: www.jurnas.com

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

Semua Tentang Sapi

  • Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah
    "Merawat anak sapi perah sangat penting dalam usaha ternak, sebab angka kematian sapi tertinggi adalah selama masih pedet yakni saat baru lahir hingga usia 3 bulan."

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.