Topeng Peningkat Produksi Susu Pada Ternak Sapi

Teknologi Unik Untuk Ternak Sapi Perah

Pada peternakan sapi perah modern yang berada di wilayah dengan 4 musim, pemerahan pada musim gugur dan musim dingin dilakukan didalam ruangan yang menggunakan cahaya buatan selama 18 jam sehari. Akibatnya, ternak sapi perah terkurung cukup lama didalam ruangan yang berefek kurang baik pada kesehatannya. Hal itu menjadi bahan pemikiran Equilume, sebuah perusahaan dari Irlandia, untuk mengembangkan  sebuah teknologi yang bisa tetap menjaga kondisi sapi berikut produksi susunya,  jika ternak sapi berada diluar ruangan.

The Equilume Bovine Light Mask, demikian peralatan itu disebut, dikembangkan oleh Equilume, di laboratorium milik University College Dublin. Bentuknya berupa alat mirip topeng yang dipasang dibagian muka ternak sapi. Hasilnya, ternak sapi bisa berada diluar ruangan, tetap sehat dan terjadi peningkatan pada produksi susunya hingga mencapai 9% daripada kondisi pada umumnya.

Teknologi "topeng" ini bukanlah hal baru bagi Equilume, karena sebelumnya perusahaan tersebut telah berpengalaman  membuat topeng terapi cahaya untuk kuda. Cara kerjanya adalah, dengan memberikan cahaya buatan yang diarahkan kepada mata ternak sapi perah. Cahaya tersebut, akan memicu produksi hormon melatonin.

Hormon melatonin mempunyai tugas sebagai pengatur hormon-hormon lain untuk melaksanakan tugasnya. Ibarat orkes simfoni, melatonin berfungsi sebagai konduktor: mengatur dan menjaga keharmonisan kerja hormon, menjaga keteraturan metabolisme sel, mempertahankan efisiensi dan efektivitas kerja sel, membuat sel tidak mudah rusak.

Yang menarik dari hormon melatonin ini adalah waktu produksinya. Kelenjar pineal yang menghasilkan hormon melatonin merupakan kelenjar yang sangat sensitif terhadap cahaya sehingga kelenjar ini aktif pada malam hari. Berdasarkan penelitian ternyata hormon metalonin ini paling banyak dihasilkan sekitar pukul 02.00 – 04.00 pagi. Hal ini dikarenakan pada waktu itu gangguan cahaya dari alam paling minimal.

Atas penemuan teknologi yang unik ini, Equilume berhasil memenangkan penghargaan dalam bidang Inovasi Perusahaan Berenergi, dari Agri-Technology di Enterprise Ireland Innovation Arena Awards, yang diadakan oleh National Plowing Championships di Scraggane. Dengan hadiah tersebut, Equilume kini berupaya mempercepat proses penyempurnaannya agar dapat segera ditawarkan kepada para peternak yang membutuhkan.

Sumber: www.jurnas.com

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu
    Daging wagyu merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat.
    Read more...
  • Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T-Bone merupakan salah satu jenis daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...