Merancang Tempat Pakan dan Air Minum Pada Konstruksi Bangunan Kandang Sapi

Apakah Anda tertarik usaha peternakan sapi? Hal yang terpenting dalam usaha ternak sapi adalah konstruksi bangunan kandang sapi potong beserta perlengkapannya. Masalah penting terkait perlengkapan kandang sapi potong ini, salah satunya ialah tempat pakan dan air minum pada kandang sapi potong Anda.

Tempat pakan dan air minum ini harus efisien sehubungan dengan pakan yang sebaiknya diberikan pada ternak sapi. Jika pakan berserakan dan tidak maksimal dihabiskan oleh ternak sapi, biaya pakan bisa menjadi semakin tinggi.

Seluk Beluk Tempat Pakan dan Air minum Pada Konstruksi Bangunan Kandang

  • Palungan adalah tempat pakan dan minum ternak sapi potong yang terletak di depan ternak dengan bahan dari tembok ataupun kayu.
  • Ukuran palungan ini biasanya mengikuti panjang kandang sapi potong. Sedangkan lebar palungan 50cm, tinggi bagian luar 60cm, serta bagian dalam 40cm.
  • Posisi tempat makan dan minum dibuat berdampingan. Tempat minum ini berukuran lebih kecil dibandingkan dengan tempat pakan, yang disesuaikan dengan bentuk kandang sapi potong tersebut.
  • Ketinggian palung ini harus proporsional dengan tinggi ternak sapi. Ternak sapi harus bisa menjangkau ketinggian air minum, namun tidak bisa menginjak tempat air minum tersebut.
  • Sebaiknya letak tempat air minum ini juga dibuat lebih tinggi agar tidak terinjak ternak sapi maupun tercampur kotoran dan air kencingnya.
  • Tempat air minum sebaiknya tahan guncangan dan tidak mudah tumpah oleh gerakan ternak sapi.
  • Tempat minum tersebut harus bisa menampung minum ternak sapi sesuai kebutuhan secara proporsional.
  • Tempat air minum juga tidak boleh bocor, agar lantai kandang sapi tidak tergenang air.
  • Tempat air minum lebih baik berada di luar kandang, namun masih berada di bawah atap.
  • Tempat air minum ini lebih baik dibangun secara permanen seperti bak semen, dari tembok maupun batu, meski ada yang masih menggunakan ember.


Sistem Perkandangan Ternak Sapi Potong

Seperti kita ketahui, ada dua sistem perkandangan sapi potong, sistem individu dan sistem kelompok. Dalam kandang individu, berlawanan dengan kandang sistem kelompok, ternak sapi memiliki tempatnya sendiri. Dalam sistem individu ini terdapat tipe tail to tail serta head to head.

Apabila menggunakan kandang tipe tail to tail ini, tempat pakan pada konstruksi bangunan kandang dibuat saling bertolak belakang. Sedangkan kandang tipe head to head, tempat pakan dibuat saling berhadapan. Umumnya untuk efisiensi waktu, yang sering digunakan adalah tipe tail to tail, terkait kemudahan dalam membersihkan kandang.

Demikianlah pembahasan kita menyangkut perlengkapan sistem dan model kandang sapi potong, khususnya pakan dan minum ternak sapi potong. Perlu dicatat, dalam penyediaan pakan dan minum ternak sapi ini, tidak boleh sampai kehabisan, air bersih harus tersedia setiap saat.

Terkait perlengkapannya, perlu rancangan konstruksi bangunan  kandang sapi yang selalu bersih dan nyaman untuk ditempati dan digunakan oleh ternak sapi. Kiat-kiat yang diberikan, hanyalah merupakan tuntunan, sebagai persiapan Anda sebelum memulai usaha perternakan sapi potong. Anda masih bebas untuk berinovasi seiring dengan kemajuan teknologi pemeliharaan sapi potong yang makin berkembang. Semoga bermanfaat.