Loading...
iden

Meraih Peluang Usaha Dengan Budidaya Ternak Sapi Bali Jantan Super

Sapi Bali adalah sapi lokal dengan ras yang cukup unggul. Sapi Bali awalnya merupakan banteng liar di padang savana. Namun karena kebutuhan manusia akan daging cukup banyak, banteng yang ada di alam liar akhirnya didomestikasi atau dijinakkan hingga muncul ras sapi Bali. Untuk mengenal lebih jauh tentang peluang usaha budidaya khususnya sapi Bali jantan super, simak ulasannya di bawah ini...

Walaupun mengalami perubahan pada ukuran dan bobot secara keseluruhan, ciri-ciri sapi bali masih sama dengan banteng sebagai moyangnya. Warna sapi bali cenderung hitam gelap untuk jantan yang telah berusia satu tahun atau telah matang secara seksual.

Sedangkan sapi yang masih anak-anak dan betina memiliki warna merah bata. Sapi ini tidak memiliki punuk seperti sapi Brahman dan peranakan Ongole. Dada sapi Bali lebih menjorok ke dalam dalam serta kaki-kakinya lebih ramping jika dibandingkan sapi-sapi kelas menengah lain.

Sapi bali betina sudah dapat dikawinkan pada usia 2 hingga 2,5 tahun, dengan jarak melahirkan antara 12 hingga 14 bulan. Pada saat dewasa sapi betina tetap berwarna sawo matang kemerahan, dan sedangkan pada sapi bali jantan super akan berubah warna menjadi hitam.

Sapi bali jantan yang sudah tua akan muncul warna putih pada dahinya dan diantara dasar-dasar tanduknya. Pada sapi bali jantan super memiliki dada yang lebar dan juga tubuh yang padat, dengan tanduk tumbuh melebar ke arah luar kepala. Sedangkan tanduk pada sapi bali betina cenderung mengarah ke dalam.


Pemilihan Bibit Sapi Bali Jantan Super

Sapi Bali adalah jenis sapi sedang dengan bobot bisa mencapai 300kg jika dirawat dengan baik. Sebelum memperoleh sapi dengan bobot fantastis, pelaku usaha budidaya ternak sapi Bali harus terlebih dahulu memilih bibit sapi bali jantan super. Bibit kualitas terbaik harus tidak ada cacat fisiknya.

Saat memilih bibit sapi Bali, periksalah bagian kepala, leher, kaki, hingga bila perlu organ kelaminnya juga. Bibit sapi Bali yang sehat biasanya juga memiliki kulit yang mengilap dan area hidung selalu basah ketika terkena sinar matahari.

Setelah semua ciri fisiknya memenuhi, pilih sapi yang memiliki nafsu makan yang tinggi. Sapi yang susah makan cenderung gampang sakit dan rawan terjadi kematian di kemudian hari.

Jika bisa mendapatkan bibit Sapi Bali yang memenuhi persyaratan seperti tersebut diatas, anda memiliki peluang usaha ternak yang sangat menguntungkan. Buktikan sendiri!

 


Kandang dan Pakan Sapi Bali Jantan Super

Sapi Bali jantan super memang sangat mudah dibesarkan dan dirawat. Namun, jika kandang tidak disediakan dengan baik dan pakan tidak bergizi, maka sapi Bali tidak bisa tumbuh dengan sempurna. Bahkan setelah dipelihara selama beberapa bulan bobotnya akan susah naik, bahkan kerap mengalami penurunan.

Kandang sapi bali harus dibersihkan setiap hari. Bagian atas harus bisa menahan cahaya matahari agar sapi tidak kepanasan. Bagian bawah kandang bisa dibuat dari lantai atau kalaupun tanah haruslah yang rata dan keras. Satu sapi usahakan menempati kandangnya sendiri dan jangan dicampur menjadi satu.

Pakan adalah bagian penting dalam usaha budidaya usaha ternak sapi. Pakan yang diberikan untuk ternak berupa hijauan dan konsentrat. Pakan hijauan diberikan sebanyak 10% dari berat badan sapi, bisa berupa damen atau rumput liar sebagai pakan berkualitas rendah, atau  rumput gajah, rumput odot, tebon jagung sebagai pakan berkualitas tinggi. Sedangkan untuk pakan konsentrat bisa menggunakan produk olahan pabrik atau membuat sendiri sebesar 1-2% dari berat badannya, tergantung kualitasnya.

Kemudian pakan tambahan berupa ampas tahu, ampas bir, ampas tebu, bekatul, kulit nanas, dan kulit kacang kedelai. Perlu diketahui bahwa pemberian konsentrat harus dilakukan  lebih dahulu untuk memberi pakan mikrobia rumen, sehingga ketika pakan hijauan masuk rumen, mikrobia rumen telah siap dan aktif mencerna hijauan.


Keunggulan Sapi Bali Jantan Super

Sapi Bali memiliki karakteristik tulang yang lebih kecil dibandingkan dengan sapi jenis lain. Hal ini membuat daging dari sapi Bali lebih tebal sehingga banyak diminati oleh peternak sapi Bali dan juga konsumen di kawasan Indonesia. Oleh sebab itu, memelihara sapi Bali akan memberikan peluang usaha dengan keuntungan yang cukup besar.


Demikian uraian singkat seputar usaha budidaya ternak sapi Bali jantan super di Indonesia. Semoga bisa menjadi alternatif peluang usaha yang menjanjikan!

Di tag dibawah

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.
kandang sapi Adikelana Adiwoso

Adikelana Adiwoso: Dari Kantor Mewah Kini Berkutat di Kandang Sapi

Bisnis memang identik dengan keberanian mengambil keputusan, sekalipuan terdengar ‘tidak enak’ pada awalnya. Pengalaman ini pula yang sempat dirasakan oleh Adikelana Adiwoso, pendiri PT Juang Jaya Abadi Farm (JJAF). Sebelum akhirnya sukses mengelola kandang sapi miliknya sendiri, ia harus mengambil keputusan berani untuk mundur dari jabatan mentereng di sebuah perusahaan konglomerat Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.