Mengapa Sapi Madura Menjadi Primadona Jual Beli Sapi di Indonesia?

Sapi Madura termasuk komoditas yang sexy untuk mencari untung dari transaksi jual beli sapi. Merupakan salah satu jenis sapi lokal yang multifungsi, sapi jenis ini sangat cocok untuk diternakkan baik sebagai sapi pedaging maupun sapi pekerja yang handal. Sapi Madura merupakan hasil persilangan antara jenis sapi Bali (Bos Sundaicus) dengan jenis sapi Zebu (Bos Indicus), sehingga ciri-ciri dari kedua jenis sapi tersebut masih dapat ditemukan pada ternak sapi Madura ini.

Karakteristik

Secara genetik, sapi Madura memiliki sifat toleran terhadap iklim panas dan lingkungan marjinal, serta tahan terhadap serangan berbagai penyakit. Karakteristik dari sapi Madura sudah sangat seragam, secara fisiologis sapi Madura memiliki postur tubuh yang lebih kecil, berkaki lebih pendek dan kuat, memiliki bulu tubuh dengan warna merah bata, terdapat bulu berwarna putih pada bagian perut dan paha bagian dalam, serta bentuk tanduk yang setengah melingkar dan melengkung ke arah depan pada bagian ujung tanduknya.

Sapi Madura sendiri tergolong sebagai sapi potong tipe kecil dengan variasi bobot tubuh sekitar 300kg, sehigga sangat diminati oleh para pemilik lapak jual beli daging sapi di pasar becek. Namun, jika teknik penggemukan sapi yang digunakan tergolong sangat baik, dengan pemenuhan kebutuhan pakan yang cukup dan berkualitas, sapi Madura ini dapat tumbuh dengan bobot mencapai lebih dari 500kg.

 

Perkembangan Ternak Sapi Madura

Kontribusi sapi Madura sebagai komoditas jual beli sapi potong berkembang dengan baik di Jawa Timur, khususnya di pulau Madura. Nilai kontribusi peternakan sapi Madura cukup besar dengan persentase mencapai 24% dari kebutuhan sapi potong yang berasal dari Jawa Timur.

Badan Pusat Statistik Jawa Timur mencatat, populasi sapi Madura di empat Kabupaten di pulau Madura terus bertambah setiap tahunnya, hasil pendataan pada tahun 2014 yang dilakukan lembaga tersebut mencatat, populasi sapi di pulau Madura mencapai 806.608 ekor.

Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan data pada tahun 2012 yang hanya mencapai 787.424 ekor, dengan jumlah terbanyak berada di wilayah Sumenep, yakni mencapai 360.000 ekor lebih.

 


Keunggulan

Terdapat beberapa keunggulan yang menyebabkan transaksi jual beli sapi Madura cukup ramai, bila dibandingkan dengan jenis sapi lainnya, di antaranya adalah:

  • Mudah dipelihara atau diternakan.
  • Mudah dikembangbiakan.
  • Tahan terhadap beberapa penyakit sapi.
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, meski diberi pakan dengan kualitas rendah sekalipun.
  • Persentase karkas yang dihasilkan tergolong baik untuk sapi lokal, yakni berkisar antara 50-60%.
  • Bagi konsumen, harga sapi Madura ini jauh lebih terjangkau dibandingkan jenis sapi lainnya dengan kualitas yang sama.

 

Peluang Usaha Ternak Sapi Madura

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, transaksi jual beli sapi Madura tergolong besar dan menjadi  primadona sapi potong, baik untuk diolah ataupun diternakan kembali.

Sapi Madura juga memiliki karakteristik daging sapi yang tebal, tulang yang relatif kecil, dan mengandung jumlah lemak yang relatif lebih sedikit dibandingkan jenis sapi lainnya.

Jadi tidak heran, sapi Madura ini banyak diburu dan layak dijadikan sebagai salah satu ternak sapi pedaging unggulan jenis lokal. Disamping itu, sapi Madura juga merupakan salah satu aset penting bagi daya tarik pariwisata yang ada di pulau Madura, dengan salah satu budaya populernya, yakni karapan sapi.

Nah, demikianlah informasi tentang ternak sapi Madura, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Di tag dibawah

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

Produk

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh

  • DR. Ashari DR. Ashari
    Anggota Tim Layanan Asistensi dan Konsultasi Bidang Peternakan