Loading...
idarzh-CNenhi

Karena Cepat Dewasa, Beternak Sapi Jersey Tergolong Investasi Cepat Pula

Apa yang tercetus di benak Anda saat mendengar kata ‘jersey’? Mungkin Anda akan ingat daerah New Jersey di Amerika Serikat atau kaos olah raga untuk para atlet, seperti pemain sepak bola atau baseball. Namun, bagaimana dengan sapi perah Jersey?

Seperti yang sudah kita ketahui, ada dua jenis sapi yang dikembangbiakkan dalam peternakan, yaitu sapi perah dan sapi potong. Lalu, seperti apakah sapi perah Jersey? Jika Anda melihat foto sapi ras ini, Anda bisa mengetahui dengan jelas ciri-ciri sapi yang juga termasuk penghasil susu ini, yaitu:

  • Termasuk sapi paling kecil di antara ras-ras sapi perah lainnya. Berat badan sapi jantan dewasa hanya sampai 680 kilogram, sementara sapi betina jenis ini antara 360 hingga 580 kilogram.
  • Warnanya coklat dengan belang-belang putih. Kedua telinganya mencuat keluar dan sekilas berbentuk seperti daun. Tanduknya juga mencuat keluar dan melengkung ke atas, meski tidak sampai seperti tanduk kerbau atau banteng.
  • Ada juga sapi perah Jersey yang berwarna hitam dan abu-abu terang, meski mayoritas lebih banyak yang cokelat. Kepala, paha, dan bahu mereka cenderung lebih gelap daripada bagian tubuh mereka lainnya.
  • Sapi ras ini bukan berasal dari New Jersey, namun dari Pulau Jersey di Inggris. Pulau ini berdekatan Pulau Guernsey, yang juga menghasilkan sapi perah, namun sapi perah berjenis Guernsey. Jenis sapi ini sudah lama jadi andalan sebagai penghasil susu di peternakan sana.
  • Sapi ini juga lebih cepat dewasa daripada ras-ras sapi perah lainnya. Jadi, bila peternak membutuhkan produksi susu dalam waktu cepat dan jumlah banyak, memelihara sapi perah Jersey merupakan pilihan yang baik sebagai investasi cepat.
  • Kandungan lemak dalam susu sapi ini sangat tinggi. Produksi susunya saja bisa mencapai 4000 liter untuk sekali laktasi. Tidak heran bila sapi ini termasuk favorit di kalangan peternak yang menginginkan produksi susu dalam jumlah besar.
  • Meski tubuhnya relatif paling kecil, jangan remehkan tenaga sapi perah Jersey, terutama bila suasana hati mereka sedang tidak bagus. Jadi, jangan harap bisa menjinakkan mereka dengan mudah. Makanya, banyak yang lebih memilih mengurung sapi-sapi ras ini di dalam kandang sapi dan jarang menggembalakan mereka, kecuali peternak yang sudah benar-benar ahli dan berstamina tinggi.
  • Karena termasuk moody, hati-hati bila mendekati sapi perah Jersey, terutama saat musim kawin atau sedang hamil. Sudah lihat tanduk mereka di gambar sapi tersebut? Sekalinya merasa terganggu, meski dengan kehadiran Anda yang tidak bermaksud apa-apa, sebaiknya segeralah mengambil langkah seribu. Anda pasti tidak ingin diseruduk seperti matador amatiran.

Begitulah ciri-ciri sapi perah Jersey, salah satu alternatif investasi cepat di bidang ternak sapi.. Bila Anda tertarik untuk mengembangbiakkan mereka, pastikan Anda sudah membaca semua keterangan di atas.

Cara Merawat Bayi Sapi (Pedet) Sebelum Dan Sesudah Kelahiran

Peternak harus memiliki kemampuan merawat bayi sapi (pedet) mulai dari kandungan hingga proses kelahiran. Karena, tingkat kematian anak sapi perah (pedet) cukup tinggi, bisa mencapai 10% dari jumlah kelahirannya dalam setahun. Jumlah ini bisa saja meningkat atau menurun. Semuanya tergantung dari kemampuan peternak sapi perah dalam memberikan perlakuan terbaik kepada pedet, mulai dari kandungan hingga kemudan lahir.

Aneka Jenis Konstruksi Bangunan Kandang Sesuai Kondisi Fisiologis Sapi

Hewan ternak seperti sapi perah perlu diberi tempat tinggal sesuai dengan kebutuhannya. Sapi-sapi tersebut tidak bisa ditempatkan dalam satu jenis konstruksi bangunan kandang yang sama karena akan memengaruhi kesehatannya. Perkembangan teknologi saat ini memiliki peran penting bagi para peternak. Di Negara maju, penerapan pola beternak modern memperlihatkan hasil yang signifikan. Berbeda dengan cara ternak sapi perah tradisional yang pada akhirnya kalah bersaing di pasar global.

Tentang Pakan Ruminansia Untuk Sapi Perah Jantan, Apa Yang Paling Cocok?

Sapi perah jantan memiliki nafsu makan tinggi dan juga tumbuh dengan cepat dan lebih besar, oleh sebab itu jenis pakan ruminansia yang diberikan juga berbeda dengan sapi perah betina
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...