Sapi Jersey

"Apa yang tercetus di benak Anda saat mendengar kata ‘jersey’?"

Mungkin Anda akan ingat daerah New Jersey di Amerika Serikat atau kaos olah raga untuk para atlet, seperti pemain sepak bola atau baseball. Namun, bagaimana dengan sapi perah Jersey?

Seperti yang sudah kita ketahui, ada dua jenis sapi yang dikembangbiakkan dalam peternakan, yaitu sapi perah dan sapi potong. Lalu, seperti apakah sapi perah Jersey? Jika Anda melihat foto sapi ras ini, Anda bisa mengetahui dengan jelas ciri-ciri sapi yang juga termasuk penghasil susu ini, yaitu:

  • Termasuk sapi paling kecil di antara ras-ras sapi perah lainnya. Berat badan sapi jantan dewasa hanya sampai 680 kilogram, sementara sapi betina jenis ini antara 360 hingga 580 kilogram.
  • Warnanya coklat dengan belang-belang putih. Kedua telinganya mencuat keluar dan sekilas berbentuk seperti daun. Tanduknya juga mencuat keluar dan melengkung ke atas, meski tidak sampai seperti tanduk kerbau atau banteng.
  • Ada juga sapi perah Jersey yang berwarna hitam dan abu-abu terang, meski mayoritas lebih banyak yang cokelat. Kepala, paha, dan bahu mereka cenderung lebih gelap daripada bagian tubuh mereka lainnya.
  • Sapi ras ini bukan berasal dari New Jersey, namun dari Pulau Jersey di Inggris. Pulau ini berdekatan Pulau Guernsey, yang juga menghasilkan sapi perah, namun sapi perah berjenis Guernsey. Jenis sapi ini sudah lama jadi andalan sebagai penghasil susu di peternakan sana.
  • Sapi ini juga lebih cepat dewasa daripada ras-ras sapi perah lainnya. Jadi, bila peternak membutuhkan produksi susu dalam waktu cepat dan jumlah banyak, memelihara sapi perah Jersey merupakan pilihan yang baik.
  • Kandungan lemak dalam susu sapi ini sangat tinggi. Produksi susunya saja bisa mencapai 4000 liter untuk sekali laktasi. Tidak heran bila sapi ini termasuk favorit di kalangan peternak yang menginginkan produksi susu dalam jumlah besar.
  • Meski tubuhnya relatif paling kecil, jangan remehkan tenaga sapi perah Jersey, terutama bila suasana hati mereka sedang tidak bagus. Jadi, jangan harap bisa menjinakkan mereka dengan mudah. Makanya, banyak yang lebih memilih mengurung sapi-sapi ras ini di dalam kandang sapi dan jarang menggembalakan mereka, kecuali peternak yang sudah benar-benar ahli dan berstamina tinggi.
  • Karena termasuk moody, hati-hati bila mendekati sapi perah Jersey, terutama saat musim kawin atau sedang hamil. Sudah lihat tanduk mereka di gambar sapi tersebut? Sekalinya merasa terganggu, meski dengan kehadiran Anda yang tidak bermaksud apa-apa, sebaiknya segeralah mengambil langkah seribu. Anda pasti tidak ingin diseruduk seperti matador amatiran.

 

Begitulah ciri-ciri sapi perah Jersey. Bila Anda tertarik untuk mengembangbiakkan mereka, pastikan Anda sudah membaca semua keterangan di atas.

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

Semua Tentang Sapi

  • Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah
    "Merawat anak sapi perah sangat penting dalam usaha ternak, sebab angka kematian sapi tertinggi adalah selama masih pedet yakni saat baru lahir hingga usia 3 bulan."

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.