Serba Serbi Investasi Sapi Perah Jenis Milking Shorthorn

Ingin menanam investasi sapi perah? Jenis Milking Shorthorn cukup menjanjikan. Ternak sapi ini aslinya berasal dari Inggris, dengan ciri bertanduk pendek dan termasuk ras yang dapat menghasilkan daging dan susu.

Sesuai dengan namanya yang berarti ‘menyusui’ (milking) dan ‘tanduk pendek’ (short horn), ternak sapi yang moyang aslinya berasal dari Inggris ini memang bertanduk pendek dan termasuk ras yang dapat menghasilkan susu. Sapi ini termasuk jenis tertua dan berkembang di Inggris bagian timur laut, lebih tepatnya lagi di lembah Sungai Thames.

Leluhur di atas sapi shorthorn asli adalah bos (Taurus) Typicus premigenius. Sapi ini juga pada awalnya bersifat dwiguna, yaitu yang dapat menghasilkan susu sekaligus dimanfaatkan dagingnya, terutama bila produksi susu mereka pada akhirnya sudah habis juga.

Sapi yang kemudian diimpor ke Amerika Serikat ini mulai menjadi investasi sapi perah para peternak Amerika, terutama yang berasal dari Virginia, pada tahun 1783. Bagaimanakah caranya? Mereka mengawinsilangkan sapi ini dengan sapi jenis lokal, sehingga lahirlah ras peranakan yang kemudian diberi nama Milking Shorthorn.

Sapi perah Milking Shorthorn ada yang berwarna merah, putih, dan cokelat, seperti warna leluhur mereka. Badannya agak memanjang dan menyudut, serta lebih kalem daripada sapi perah ras Ayrshire yang lebih aktif. Ini berbeda dengan leluhur mereka yang badannya lebih pendek dan persegi.

Namun, meski mungkin mereka relatif lebih betah berdiam cukup lama di dalam kandang sapi, tidak berarti peternak bisa santai saja dan tidak rajin menggembalakan mereka. Agar lebih sehat, sapi jenis ini juga harus digembalakan di padang rumput. Pertumbuhan mereka cepat dan bagus, serta memiliki daya adaptasi yang baik sekali terhadap kondisi lingkungan yang berbeda-beda.

Bagaimana berat badan sapi perah Milking Shorthorn? Yang jantan bisa mencapai 900 kilogram, sementara yang betina bisa seberat 750 kilogram. Ini berbeda dengan leluhur mereka (sapi shorthorn asli) yang beratnya mencapai 1000 kilogram untuk pejantan dan 900 kilogram untuk yang betina. Sementara itu, berat badan anak sapi sekitar 34 kilogram.

Mengapa sapi perah Milking Shorthorn termasuk yang paling ideal sebagai investasi sapi perah? Efek dari kawin silang sapi shorthorn asli dengan sapi jenis lain (lokal di Amerika) membuat sapi peranakan ini tidak begitu berdaging, lebih banyak menghasilkan susu. Kadar lemak pada susu yang dihasilkan sapi perah ini mencapai 3.65%. Produksi susunya saja bisa mencapai sekitar 5.126 kilogram untuk setiap laktasi.

Ingin memelihara dan mengembangbiakkan sapi perah Milking Shorthorn? Pastikan Anda mendapatkan kualitas terbaik. Mengingat mereka dapat beradaptasi dengan baik, tidak perlu khawatir dengan iklim tropis di negara ini, terutama selama Anda memilih lokasi investasi sapi perah di daerah pegunungan yang cenderung lebih adem.

Di tag dibawah

Artikel terkait

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

  • Tentang BALITNAK, Lembaga Riset Bidang Peternakan di Indonesia Tentang BALITNAK, Lembaga Riset Bidang Peternakan di Indonesia
    Balai Penelitian Peternakan atau biasa disingkat sebagai Balitnak, adalah sebuah lembaga riset yang bertugas untuk  mencari dan meningkatkan manfaat dari sumberdaya peternakan, menghasilkan dan mendiseminasi  inovasi teknologi, membangun jaringan kerjasama dan pertukaran informasi teknologi, serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, sarana dan prasarana penunjang kegiatan penelitian peternakan.
    Read more...
  • Terinfeksi Penyakit "BRUCELLOSIS", Sapi Memiliki Resiko Aborsi Terinfeksi Penyakit "BRUCELLOSIS", Sapi Memiliki Resiko Aborsi
    Salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem reproduksi pada ternak sapi adalah penyakit Bruscellosis yang dapat menyebabkan aborsi (keguguran) atau keluron. Penyakit ini bersifat menular dan disebabkan oleh bakteri genus Brucella. Brucellosis menyebabkan infeksi pada inang yang terjadi secara persisten seumur hidup dan meningkatkan resiko aborsi.
    Read more...

Produk

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh