Sapi Milking Shorthorn

Sapi Milking Shorthorn
16 Jul
2016

"Ternak sapi ini aslinya berasal dari Inggris, dengan ciri bertanduk pendek dan termasuk ras yang dapat menghasilkan daging dan susu."

Ingin menjalankan usaha peternakan sapi? Sapi jenis apakah yang ingin Anda ternakkan? Ada sapi potong, yaitu sapi yang dimanfaatkan dagingnya untuk sumber protein yang dimakan oleh manusia, dan sapi perah atau sapi yang menghasilkan susu sebagai sumber protein yang diminum manusia. Sapi yang dapat menghasilkan susu juga banyak rasnya. Salah satunya adalah sapi perah Milking Shorthorn.

Sesuai dengan namanya yang berarti ‘menyusui’ (milking) dan ‘tanduk pendek’ (short horn), ternak sapi yang moyang aslinya berasal dari Inggris ini memang bertanduk pendek dan termasuk ras yang dapat menghasilkan susu. Sapi ini termasuk jenis tertua dan berkembang di Inggris bagian timur laut, lebih tepatnya lagi di lembah Sungai Thames.

Leluhur di atas sapi shorthorn asli adalah bos (Taurus) Typicus premigenius. Sapi ini juga pada awalnya bersifat dwiguna, yaitu yang dapat menghasilkan susu sekaligus dimanfaatkan dagingnya, terutama bila produksi susu mereka pada akhirnya sudah habis juga.

Sapi yang kemudian diimpor ke Amerika Serikat ini mulai dikembangbiakkan oleh para peternak Amerika, terutama yang berasal dari Virginia, pada tahun 1783. Bagaimanakah caranya? Mereka mengawinsilangkan sapi ini dengan sapi jenis lokal, sehingga lahirlah ras peranakan yang kemudian diberi nama Milking Shorthorn.

Sapi perah Milking Shorthorn ada yang berwarna merah, putih, dan cokelat, seperti warna leluhur mereka. Badannya agak memanjang dan menyudut, serta lebih kalem daripada sapi perah ras Ayrshire yang lebih aktif. Ini berbeda dengan leluhur mereka yang badannya lebih pendek dan persegi.

Namun, meski mungkin mereka relatif lebih betah berdiam cukup lama di dalam kandang sapi, tidak berarti peternak bisa santai saja dan tidak rajin menggembalakan mereka. Agar lebih sehat, sapi jenis ini juga harus digembalakan di padang rumput. Pertumbuhan mereka cepat dan bagus, serta memiliki daya adaptasi yang baik sekali terhadap kondisi lingkungan yang berbeda-beda.

Bagaimana berat badan sapi perah Milking Shorthorn? Yang jantan bisa mencapai 900 kilogram, sementara yang betina bisa seberat 750 kilogram. Ini berbeda dengan leluhur mereka (sapi shorthorn asli) yang beratnya mencapai 1000 kilogram untuk pejantan dan 900 kilogram untuk yang betina. Sementara itu, berat badan anak sapi sekitar 34 kilogram.

Mengapa sapi perah Milking Shorthorn termasuk yang paling ideal untuk menghasilkan susu? Efek dari kawin silang sapi shorthorn asli dengan sapi jenis lain (lokal di Amerika) membuat sapi peranakan ini tidak begitu banyak berdaging serta lebih banyak menghasilkan susu. Kadar lemak pada susu yang dihasilkan sapi perah ini mencapai 3.65%. Produksi susunya saja bisa mencapai sekitar 5.126 kilogram untuk setiap laktasi.

Ingin memelihara dan mengembangbiakkan sapi perah Milking Shorthorn? Pastikan Anda mendapatkan kualitas terbaik. Mengingat mereka dapat beradaptasi dengan baik, tidak perlu khawatir dengan iklim tropis di negara ini, terutama selama Anda tetap menempatkan peternakan di daerah pegunungan yang cenderung lebih adem.

Di tag dibawah

Artikel terkait

Tokoh & Berita

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Info lengkap klik DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.  Simak Perjuangan Komunitas Peternak tertua di Indonesia ini.
 

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI