Loading...
iden

Jualan Sapi PO, Hati Senang Rezeki pun Datang

Sapi Peranakan Ongole atau sering dikenal dengan sapi PO adalah sapi yang dihasilkan dari persilangan sapi Ongole dan sapi lokal Jawa. Sapi jenis ini biasanya dikenal sebagai sapi pedaging yang cukup unggul dan kerap digunakan sebagai sapi pekerja. Jenis PO memang menjadi jualan sapi favorit peternak sapi di Indonesia, meski kadang  tidak murni lagi karena disilangkan dengan sapi Brahman. Berikut ulasan singkat tentang usaha budidaya ternak sapi PO di Indonesia.

 

 

Ciri Fisik Sapi PO

Sapi peranakan Ongole atau PO memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan indukannya. Secara keseluruhan, tubuh sapi PO jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Ongole asli yang berasal dari India.

Warna rambut dari sapi PO beraneka ragam tergantung dari indukannya. Namun secara garis besar sapi ini memiliki warna putih keabu-abuan. Pada sapi jantan, biasanya ditemukan juga bercak-bercak putih pada lututnya. Perhatikan gambar sapi PO diatas.

Sapi PO memiliki cula pada kepalanya, cula sapi jantan biasanya lebih pendek dibandingkan dengan yang betina. Selanjutnya pada punggung terdapat punuk yang mirip dengan sapi Ongole yang menjadi indukannya. Leher sapi PO sangat pendek dengan perut agak besar dan bergelambir.

 

Keunggulan Sapi PO

Meski ketenaran dari sapi PO dikalangan para pengelola usaha budidaya ternak masih kalah dengan sapi jenis Brahman atau Ongole asli, sapi PO masih memiliki beberapa kelebihan. Peternak sapi masih menganggap sapi jenis ini memberikan keuntungan yang besar saat jualan sapi. Selain itu sapi PO juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membajak sawah dan keperluan pekerjaan lain karena tubuhnya kuat.

Jenis Sapi PO super, cepat sekali mengalami reproduksi. Memiliki beberapa betina dari sapi PO adalah investasi besar yang bisa dipanen di kemudian hari. Bibit-bibit yang laku keras di pasaran akan membuat para pelaku usaha budidaya ternak dapat membeli indukan baru dan menggandakan keuntungan.

Kelebihan lain dari sapi PO adalah mudahnya sapi ini dalam bertumbuh. Dengan pemberian pakan yang tepat dan penuh nutrisi, satu ekor sapi PO bisa menambah berat tubuhnya hingga 0,75kg per hari. Sapi ini bisa tumbuh dan membesar hingga mencapai 600kg dengan masa pemeliharaan sekitar 2 tahunan.

 

 


Harga Sapi PO di Tahun 2016

Harga sapi PO cukup stabil di pasaran. Biasanya kisaran harga sapi PO ditetapkan dengan melihat bobot sapi secara keseluruhan. Semakin besar sapi yang dimiliki, maka harganya bisa semakin membengkak. Sapi dengan bobot sekitar 200-300kg biasanya dihargai sekitar Rp20.000.000,00.

Untuk sapi yang memiliki bobot 300-400kg, pedagang yang jualan sapi biasanya membanderol harga sekitar Rp25.000.000,00. Sapi PO unggul dengan bobot lebih dari 400 kg, bahkan lebih 600 kg akan dihargai sekitar Rp45.000.000,00-Rp50.000.000,00. Saat hari besar Idul Adha, harga sapi PO biasanya akan naik karena permintaan melonjak tinggi.

Demikian ulasan singkat tentang jualan sapi PO yang dilakukan di Indonesia. Semoga bisa menambah informasi terkait sapi PO yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai sapi peranakan asli Indonesia ini.

Ternak Sapi Perah Masih Menjadi Pilihan Bisnis di Desa Yang Menguntungkan, Bagaimana Cara Menjalankannya?

Keberhasilan reproduksi menjadi faktor yang paling menentukan dalam peningkatan produksi sapi perah. Pada kenyataannya, sebagai bisnis di desa yang menguntungkan, mayoritas peternak kerap mengalami kinerja reproduksi yang rendah, ditandai dengan tingginya angka kawin berulang serta rendahnya angka kebuntingan sapi betina. Kondisi tersebut biasanya terjadi akibat catatan keturunan sapi yang tidak tersusun dengan baik. Padahal catatan ini dapat digunakan peternak saat memilih bibit unggul.

Cacing Pita Adalah Jenis Cacing Yang Paling Banyak Menyerang Sapi, Segera Lakukan Pengobatan Agar Tidak Merugi!

Tidak hanya dialami oleh manusia, kehilangan nafsu makan ternyata juga sering dialami oleh sapi, baik sapi potong maupun sapi perah. Apa penyebabnya ? Salah satu kemungkinannya adalah cacing pita. Akibatnya, sapi menjadi semakin kurus. Bagi yang sedang menggeluti bidang ternak sapi, mungkin Anda pernah memiliki pengalaman serupa.

Tips Mengolah Daging Cincang dan Daging Sapi Giling

Tips dan trik mengolah daging cincang atau giling termasuk artikel yang banyak dicari, karena kedua jenis bahan tersebut dapat diolah menjadi banyak aneka jenis masakan untuk bayi hingga manula. Ada dua jenis daging cincang dan daging giling yang dijual dipasar tradisional ataupun moderen yaitu campur lemak atau tanpa lemak. SALAH SATU ALTERNATIF BAHAN MAKANAN PENDAMPING ASI ADALAH DAGING SAPI - Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini sangat menarik karena membahas mengenai konsumsi daging…

How Protecting Your Beef Cattle Australia to the Veterinary Clinic Routinely Can Save Your Business

Yes, checking your beef cattle Australia to the Health Care Clinic is Important for Your Livelihood. Every cow should be regularly examined in cattle veterinary clinic. It's a place where you will learn so many things on the care of the beef cattle. According to health recommendation for cattle, you do not have to wait until they are severely sick to go to the clinic. In order to keep them healthy and fit, you need to schedule your time to get valuable advice from the veterinarian.