Ternak Sapi PO

"Sapi Peranakan Ongole atau sering dikenal dengan sapi PO adalah sapi yang dihasilkan dari persilangan sapi Ongole dan sapi lokal Jawa. Sapi jenis ini biasanya dikenal sebagai sapi pedaging yang cukup unggul dan kerap digunakan sebagai sapi pekerja. Sapi PO banyak dikembangkan oleh peternak sapi di Indonesia, meski kadang sering disilangkan dengan sapi Brahman. Berikut ulasan singkat tentang ternak sapi PO di Indonesia."

Ciri Fisik Sapi PO

  • Sapi peranakan Ongole atau PO memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan indukannya. Secara keseluruhan, tubuh sapi PO jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Ongole asli yang berasal dari India.

 

  • Warna rambut dari sapi PO beraneka ragam tergantung dari indukannya. Namun secara garis besar sapi ini memiliki warna putih keabu-abuan. Pada sapi jantan, biasanya ditemukan juga bercak-bercak putih pada lututnya. Perhatikan gambar sapi PO diatas.

 

  • Sapi PO memiliki cula pada kepalanya, cula sapi jantan biasanya lebih pendek dibandingkan dengan yang betina. Selanjutnya pada punggung terdapat punuk yang mirip dengan sapi Ongole yang menjadi indukannya. Leher sapi PO sangat pendek dengan perut agak besar dan bergelambir.

 

Keunggulan Sapi PO

Meski ketenaran dari sapi PO masih kalah dengan sapi jenis Brahman atau Ongole asli, sapi PO masih memiliki beberapa kelebihan. Peternak sapi masih menganggap sapi jenis ini memberikan keuntungan yang besar. Sapi PO bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membajak sawah dan keperluan pekerjaan lain karena tubuhnya kuat.

Jenis Sapi PO super, cepat sekali mengalami reproduksi. Memiliki beberapa betina dari sapi PO adalah investasi besar yang bisa dipanen di kemudian hari. Bibit-bibit yang laku keras di pasaran akan membuat peternak dapat membeli indukan baru dan menggandakan keuntungan.

Kelebihan lain dari sapi PO adalah mudahnya sapi ini dalam bertumbuh. Dengan pemberian pakan yang tepat dan penuh nutrisi, satu ekor sapi PO bisa menambah berat tubuhnya hingga 0,75kg per hari. Sapi ini bisa tumbuh dan membesar hingga mencapai 600kg dengan masa pemeliharaan sekitar 2 tahunan.


Harga Sapi PO

Harga sapi PO cukup stabil di pasaran. Biasanya kisaran harga sapi PO ditetapkan dengan melihat bobot sapi secara keseluruhan. Semakin besar sapi yang dimiliki, maka harganya bisa semakin membengkak. Sapi dengan bobot sekitar 200-300kg biasanya dihargai sekitar Rp20.000.000,00.

Untuk sapi yang memiliki bobot 300-400kg, pedagang biasanya membanderol harga sekitar Rp25.000.000,00. Sapi PO unggul dengan bobot lebih dari 400 kg, bahkan lebih 600 kg akan dihargai sekitar Rp45.000.000,00-Rp50.000.000,00. Saat hari besar Idul Adha, harga sapi PO biasanya akan naik karena permintaan melonjak tinggi.

 

Demikian ulasan singkat tentang ternak sapi PO yang dilakukan di Indonesia. Semoga bisa menambah informasi terkait sapi PO yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai sapi peranakan asli Indonesia ini.

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

Semua Tentang Sapi

  • Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah
    "Merawat anak sapi perah sangat penting dalam usaha ternak, sebab angka kematian sapi tertinggi adalah selama masih pedet yakni saat baru lahir hingga usia 3 bulan."

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.