Loading...
idarzh-CNenhi

Jualan Sapi PO, Hati Senang Rezeki pun Datang

Sapi Peranakan Ongole atau sering dikenal dengan sapi PO adalah sapi yang dihasilkan dari persilangan sapi Ongole dan sapi lokal Jawa. Sapi jenis ini biasanya dikenal sebagai sapi pedaging yang cukup unggul dan kerap digunakan sebagai sapi pekerja. Jenis PO memang menjadi jualan sapi favorit peternak sapi di Indonesia, meski kadang  tidak murni lagi karena disilangkan dengan sapi Brahman. Berikut ulasan singkat tentang usaha budidaya ternak sapi PO di Indonesia.

 

 

Ciri Fisik Sapi PO

Sapi peranakan Ongole atau PO memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan indukannya. Secara keseluruhan, tubuh sapi PO jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Ongole asli yang berasal dari India.

Warna rambut dari sapi PO beraneka ragam tergantung dari indukannya. Namun secara garis besar sapi ini memiliki warna putih keabu-abuan. Pada sapi jantan, biasanya ditemukan juga bercak-bercak putih pada lututnya. Perhatikan gambar sapi PO diatas.

Sapi PO memiliki cula pada kepalanya, cula sapi jantan biasanya lebih pendek dibandingkan dengan yang betina. Selanjutnya pada punggung terdapat punuk yang mirip dengan sapi Ongole yang menjadi indukannya. Leher sapi PO sangat pendek dengan perut agak besar dan bergelambir.

 

Keunggulan Sapi PO

Meski ketenaran dari sapi PO dikalangan para pengelola usaha budidaya ternak masih kalah dengan sapi jenis Brahman atau Ongole asli, sapi PO masih memiliki beberapa kelebihan. Peternak sapi masih menganggap sapi jenis ini memberikan keuntungan yang besar saat jualan sapi. Selain itu sapi PO juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membajak sawah dan keperluan pekerjaan lain karena tubuhnya kuat.

Jenis Sapi PO super, cepat sekali mengalami reproduksi. Memiliki beberapa betina dari sapi PO adalah investasi besar yang bisa dipanen di kemudian hari. Bibit-bibit yang laku keras di pasaran akan membuat para pelaku usaha budidaya ternak dapat membeli indukan baru dan menggandakan keuntungan.

Kelebihan lain dari sapi PO adalah mudahnya sapi ini dalam bertumbuh. Dengan pemberian pakan yang tepat dan penuh nutrisi, satu ekor sapi PO bisa menambah berat tubuhnya hingga 0,75kg per hari. Sapi ini bisa tumbuh dan membesar hingga mencapai 600kg dengan masa pemeliharaan sekitar 2 tahunan.

 

 


Harga Sapi PO di Tahun 2016

Harga sapi PO cukup stabil di pasaran. Biasanya kisaran harga sapi PO ditetapkan dengan melihat bobot sapi secara keseluruhan. Semakin besar sapi yang dimiliki, maka harganya bisa semakin membengkak. Sapi dengan bobot sekitar 200-300kg biasanya dihargai sekitar Rp20.000.000,00.

Untuk sapi yang memiliki bobot 300-400kg, pedagang yang jualan sapi biasanya membanderol harga sekitar Rp25.000.000,00. Sapi PO unggul dengan bobot lebih dari 400 kg, bahkan lebih 600 kg akan dihargai sekitar Rp45.000.000,00-Rp50.000.000,00. Saat hari besar Idul Adha, harga sapi PO biasanya akan naik karena permintaan melonjak tinggi.

Demikian ulasan singkat tentang jualan sapi PO yang dilakukan di Indonesia. Semoga bisa menambah informasi terkait sapi PO yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai sapi peranakan asli Indonesia ini.

Harga Sapi Perah Friesian Holstein Terkini

Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Bangunan Kandang Sapi Perah Tradisional?

Kandang sangat dibutuhkan untuk melindungi sapi perah dari beraneka macam gangguan serta keadaan lingkungan yang kurang menguntungkan. Sebelum memulai beternak, Anda harus mempersiapkan konstruksi bangunan kandang sapi dengan matang. Menurut Williamson dan Payne, kandang sapi perah ada dua jenis, yaitu kandang sapi konvensional dan kandang sapi bebas

Cari Untung Maksimal Dari Usaha Ternak Sapi Dengan Membangun Kandang Ideal

Artikel kali ini akan membahas tentang model kandang sapi potong yang ideal bagi peternak sapi potong. Topik tentang perkandangan sapi potong selalu menarik untuk dibahas, karena sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha peternakan Anda.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...