Ternak Sapi PO

"Sapi Peranakan Ongole atau sering dikenal dengan sapi PO adalah sapi yang dihasilkan dari persilangan sapi Ongole dan sapi lokal Jawa. Sapi jenis ini biasanya dikenal sebagai sapi pedaging yang cukup unggul dan kerap digunakan sebagai sapi pekerja. Sapi PO banyak dikembangkan oleh peternak sapi di Indonesia, meski kadang sering disilangkan dengan sapi Brahman. Berikut ulasan singkat tentang ternak sapi PO di Indonesia."

Ciri Fisik Sapi PO

  • Sapi peranakan Ongole atau PO memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan indukannya. Secara keseluruhan, tubuh sapi PO jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Ongole asli yang berasal dari India.

 

  • Warna rambut dari sapi PO beraneka ragam tergantung dari indukannya. Namun secara garis besar sapi ini memiliki warna putih keabu-abuan. Pada sapi jantan, biasanya ditemukan juga bercak-bercak putih pada lututnya. Perhatikan gambar sapi PO diatas.

 

  • Sapi PO memiliki cula pada kepalanya, cula sapi jantan biasanya lebih pendek dibandingkan dengan yang betina. Selanjutnya pada punggung terdapat punuk yang mirip dengan sapi Ongole yang menjadi indukannya. Leher sapi PO sangat pendek dengan perut agak besar dan bergelambir.

 

Keunggulan Sapi PO

Meski ketenaran dari sapi PO masih kalah dengan sapi jenis Brahman atau Ongole asli, sapi PO masih memiliki beberapa kelebihan. Peternak sapi masih menganggap sapi jenis ini memberikan keuntungan yang besar. Sapi PO bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membajak sawah dan keperluan pekerjaan lain karena tubuhnya kuat.

Jenis Sapi PO super, cepat sekali mengalami reproduksi. Memiliki beberapa betina dari sapi PO adalah investasi besar yang bisa dipanen di kemudian hari. Bibit-bibit yang laku keras di pasaran akan membuat peternak dapat membeli indukan baru dan menggandakan keuntungan.

Kelebihan lain dari sapi PO adalah mudahnya sapi ini dalam bertumbuh. Dengan pemberian pakan yang tepat dan penuh nutrisi, satu ekor sapi PO bisa menambah berat tubuhnya hingga 0,75kg per hari. Sapi ini bisa tumbuh dan membesar hingga mencapai 600kg dengan masa pemeliharaan sekitar 2 tahunan.


Harga Sapi PO

Harga sapi PO cukup stabil di pasaran. Biasanya kisaran harga sapi PO ditetapkan dengan melihat bobot sapi secara keseluruhan. Semakin besar sapi yang dimiliki, maka harganya bisa semakin membengkak. Sapi dengan bobot sekitar 200-300kg biasanya dihargai sekitar Rp20.000.000,00.

Untuk sapi yang memiliki bobot 300-400kg, pedagang biasanya membanderol harga sekitar Rp25.000.000,00. Sapi PO unggul dengan bobot lebih dari 400 kg, bahkan lebih 600 kg akan dihargai sekitar Rp45.000.000,00-Rp50.000.000,00. Saat hari besar Idul Adha, harga sapi PO biasanya akan naik karena permintaan melonjak tinggi.

 

Demikian ulasan singkat tentang ternak sapi PO yang dilakukan di Indonesia. Semoga bisa menambah informasi terkait sapi PO yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai sapi peranakan asli Indonesia ini.

  • Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu
    Daging wagyu merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat.
    Read more...
  • Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T-Bone merupakan salah satu jenis daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...