Loading...
iden

Harga Daging Sapi Hari Ini Naik lagi, Saatnya Memulai Usaha Ternak Sapi PO

Harga daging sapi hari ini naik lagi, padahal Pemerintah terus berupaya menekannya. Presiden Joko Widodo menilai tingginya harga daging sapi sangat memberatkan masyarakat, terutama rakyat kecil. Oleh sebab itu Pemerintah aktif menggelar operasi pasar di sejumlah wilayah ibukota dan wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Selain operasi pasar murah, harga daging sapi juga dapat turun dengan meratanya permintaan masyarakat akan ke-5 jenis olahan sapi. Pertama, daging olahan industri seperti daging giling dan dadu. Kemudian, ada daging variasi (seperti lidah, bibir, buntut dan daging kepala). Ada juga daging berkualitas sangat baik (prime cut) alias daging steak. Terakhir, daging kualitas sedang-baik (secondary cut) inilah yang terus diupayakan Presiden agar harganya mendekati Rp 80.000.

Harga daging sapi hari ini sebenarnya adalah peluang  untuk memulai usaha sapi. Tapi yang membuat bingung adalah sapi apa yang harus dipelihara, mengingat ada banyak sekali jenis sapi yang dijual di pasar hewan. Salah satu yang diunggulkan para peternak adalah sapi Peranakan Ongole (sapi PO), atau sering disebut sebagai Sapi Lokal atau Sapi Jawa atau Sapi Putih.

Sapi PO ini merupakan hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina Jawa yang berwarna putih. Sapi Ongole (Bos Indicus) aslinya adalah sapi dari India, kemudian dikembangkandi Indonesia sebagai sapi Sumba Ongole (SO). 

Turunan murni sapi PO saat ini mulai sulit didapatkan, karena telah banyak disilangkan dengan sapi Brahman. Oleh karena itu sapi PO sering diartikan sebagai sapi lokal berwarna putih (keabu-abuan) dan gelambir. Sesuai dengan induk persilangannya, Sapi PO adalah sapi pedaging sekaligus juga sapi pekerja karena memiliki tenaga yang kuat.

Di kalangan para peternak, sapi PO memang menjadi obyek jualan sapi favorit peternak sapi di Indonesia saat harga daging sapi naik lagi. Ada beberapa sebab antara lain:

  • Bisa hidup dilingkungan apa aja
  • Cepat bunting dan punya anak
  • Termasuk sapi jinak
  • Tahan penyakit
  • Cepat besar dan gemuk
  • Presentase karkas tinggi
  • Kualitas dagingnya bagus
  • Setelah beranak bisa cepat bunting lagi
  • Jantannya rajin kawin dan banyak yang jadi

 

Di pasar hewan, sapi PO mudah terlihat dengan ciri- ciri fisik sebagai berikut:

  • Kebanyakan berwarna putih atau putih keabu-abuan yang muncul ketika lepas sapih, pada jantan kadang dijumpai bercak-bercak berwarna hitam pada lututnya
  • Matanya besar dengan bulu mata berwarna hitam
  • Bulu jambul ekor berwarna hitam
  • Bentuk kepala pendek melengkung
  • Telinga panjang dan menggantung
  • Perut agak besar
  • Bergelambir longgar dan menggantung
  • Punuk besar
  • Leher Pendek
  • Tanduk Pendek

Saking populernya jenis sapi ini di daerah Gunung Kidul, Gabungan Kelompok Perternak di Kecamatan Wonosari dan Kecamatan Playen berinisiatif membentuk organisasi ASPIPO (Asosiasi Perbibitan Sapi Peranakan Ongole) bernama ASPIPO Handayani. Dengan pendirian asosiasi tingkat kabupaten tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan produktivitas para peternak sapi PO.

Populasi sapi PO di wilayah ini memang terus menyusut seiring dengan bergesernya minat peternak Gunungkidul dari memelihara sapi PO beralih ke jenis sapi Limousin (Limo) dan Simmental (Metal). Walaupun sapi PO pertumbuhannya relatif cepat, namun memang masih kalah dibandingkan dengan jenis sapi Limousin dan Simmental.

Namun yang harus dipertimbangkan adalah biaya pembelian pakan. Untuk sapi Limusin dan Metal jauh lebih mahal daripada pakan untuk sapi PO

Demikian ulasan singkat tentang jualan sapi PO pada saat harga daging sapi hari ini naik lagi. Semoga bisa menambah informasi terkait sapi PO yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai sapi peranakan asli Indonesia ini.

Di tag dibawah

promo gratisUntuk membantu memulihkan kondisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19, kami akan mempromosikan semua jenis produk anda di website ini secara GRATIS! 

Caranya, kirimkan data lengkap seperti nama produk, info singkat, foto, harga, cara order (WA, bukalapak, shopee, tokopedia, dll berikut link-nya) kepada kami via WA ke 0811112227

 

Apparently, Sausages in Indonesia Are Not From Beef

Sausage is certainly one of favorite foods in the world. It is produced in different countries under different names. As a result, people know different types of sausage, depending upon the ingredients, production process, taste, and casing. For instance, Italian people have Bologna sausage, French people have Lyon Sausage, and people of England know Berkshire, Lincolnshire, or Wiltshire sausage. The sausage is mostly named after the city or area, where it is made. Read More...

tanduk kerbau

ALAT PIJAT KERIK TERAPI GUASA DARI TANDUK Rp21.000

Tanduk, sudah sejak lama digunakan cara untuk pengobatan tradisional Cina yang disebut gua sha. Gua artinya kerok atau gosok, sedangkan sha berarti kemerahan. Tidak main-main, terapi ini sudah dipraktekkan sejak 2.000 tahun silam. Bahkan dapat dikatakan Gua Sha adalah kerokan ala Cina.

Baca selengkapnya...