Loading...
idarzh-CNenhi

Lokasi Usaha Yang Strategis Adalah Kunci Sukses Beternak Sapi Perah

Beternak sapi perah bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Lokasi usaha yang strategis adalah hal pertama yang harus diperhatikan oleh seorang peternak yang ingin memulai usaha ini. Setelah itu ada masih ada banyak sekali aspek penting lainnya, seperti memilih anakan sapi yang tepat, perawatan yang baik, vaksinasi, dan lain sebagainya.

Peternak disarankan untuk melakukan survei lokasi kandang terlebih dahulu. Dengan lokasi kandang yang sesuai dengan kebutuhan ternak, maka sapi bisa menghasilkan susu yang jauh lebih banyak. Selain itu, sapi juga akan jarang sakit sehingga menghindari adanya kematian yang sangat merugikan. Oh ya, untuk memilih  lokasi usaha yang strategis adalah dengan menyimak uraiannya di bawah ini.

 

 


1. Ketinggian Lokasi Bakal Kandang Sapi

Sapi perah tidak akan menghasilkan susu secara maksimal jika dipelihara di dataran rendah. Udara panas di kawasan pesisir atau sekitarnya akan membuat sapi cenderung mudah stres setiap harinya. Untuk lokasi usaha yang strategis adalah berada di kawasan dengan ketinggian 500-800 meter dari permukaan air laut. Ketinggian ini sangat ideal karena bersuhu sejuk dan tidak terlalu dingin dengan kisaran 14-19 derajat Celcius.

Dengan perlakuan yang sama, sapi yang berada di ketinggian kurang dari 500 meter menghasilkan susu yang lebih rendah. Bahkan yang awalnya produksi susu mencapai 30 liter, bisa anjlok menjadi hanya 10 liter saja. Penurunan yang nyaris 70% ini tentu akan merugikan petani karena pakan dan perawatan sapi perah lebih mahal ketimbang sapi konsumsi atau sapi yang digunakan untuk keperluan pembajakan sawah.

 

 


2. Terkonsentrasi di Satu Wilayah

Beternak sapi perah tidak bisa sembarang dilakukan di mana saja meski secara posisi sudah sesuai dengan udara yang sejuk. Lokasi usaha yang strategis adalah wilayah yang merupakan pusat dari kawasan peternakan sapi. Desa-desa yang berada di lereng gunung biasanya banyak menjadi lokasi yang tepat karena mayoritas penduduknya memiliki usaha ternak sapi perah.

Pemilihan lokasi yang terkonsentrasi ini akan memudahkan peternak dalam hal perawatan, penjualan susu yang telah diproduksi, pembibitan, penyuluhan, dsb. Biasanya wilayah yang sudah terkonsentrasi menjadi Village Breeding Center (VBC) akan lebih mudah menjual produksi ke perusahaan atau diolah sendiri menjadi oleh-oleh khas yang memiliki nilai jual tinggi.

 

 


3. Tidak Mengganggu Ketertiban dan Kepentingan Umum

Masalah utama dari peternakan sapi perah adalah limbah yang dihasilkan. Jika memelihara sapi perah di kawasan yang padat penduduk tentu akan membuat keresahan. Bau dari limbah yang ditimbulkan akan merugikan banyak orang. Selain itu, masalah pembuangan limbah juga akan menjadi permasalahan lain karena jumlahnya yang sangat banyak.

Sebelum membangun kandang, pastikan dahulu lingkungannya. Apakah akan terkena dampak limbah atau tidak. Inilah alasan lain mengapa peternakan sapi perah biasanya terkonsentrasi di satu tempat atau desa. Jika semua peternak berada di satu lokasi yang sama, masalah limbah tentu bisa dibicarakan bersama, bahkan diolah bersama agar tidak mengganggu penduduk atau membuat kesehatan sapi terganggu.

 

 


4. Memilih Lokasi yang Memudahkan Pengelolaan Limbah

Cara ternak sapi yang baik tidak hanya dilakukan dengan pemilihan anakan dan perawatannya saja. Tapi juga pengolahan limbah yang dihasilkan agar tidak merusak lingkungan. Lokasi usaha yang strategis adalah daerah yang memiliki topografi yang memungkinkan untuk mengolah dan mengangkut limbah dengan mudah. Selain itu, masalah pengadaan air bersih juga harus diperhatikan untuk menunjang kebersihan kandang.

Semoga beberapa tips diatas bisa menjadi pertimbangan sebelum memulai usaha peternakan sapi perah.

Aneka Jenis Konstruksi Bangunan Kandang Sesuai Kondisi Fisiologis Sapi

Hewan ternak seperti sapi perah perlu diberi tempat tinggal sesuai dengan kebutuhannya. Sapi-sapi tersebut tidak bisa ditempatkan dalam satu jenis konstruksi bangunan kandang yang sama karena akan memengaruhi kesehatannya. Perkembangan teknologi saat ini memiliki peran penting bagi para peternak. Di Negara maju, penerapan pola beternak modern memperlihatkan hasil yang signifikan. Berbeda dengan cara ternak sapi perah tradisional yang pada akhirnya kalah bersaing di pasar global.

Harga Sapi Perah Friesian Holstein Terkini

Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini.

Kudis Adalah Jenis Penyakit Menular Pada Sapi, Ini Obatnya!

Pernahkah Anda melihat sapi yang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kandang seperti sedang menggaruk-garuk bagian tubuh yang gatal? Atau bahkan menggigiti bagian-bagian tertentu pada tubuhnya? Apabila demikian, kemungkinan besar sapi tersebut sedang terserang kudis (scabies), yaitu jenis penyakit kulit menular yang disebabkan oleh hewan tungau.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...