Tentang Kandang Sapi Perah

Beternak sapi perah bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Seorang peternak yang ingin memulai usaha ini harus memperhatikan banyak sekali aspek penting mulai dari memilih anakan sapi yang tepat, perawatan yang baik, vaksinasi, dan yang paling penting dari semuanya adalah lokasi dari kandang sapi perah.

Sebelum memulai memelihara hewan sapi yang sangat menghasilkan ini. Peternak disarankan untuk melakukan survei lokasi kandang terlebih dahulu. Dengan lokasi kandang yang sempurna, maka sapi bisa menghasilkan susu yang jauh lebih banyak. Selain itu, sapi juga akan jarang sakit sehingga menghindari adanya kematian yang sangat merugikan. Oh ya, untuk pemilihan kandang sapi yang bagus, Anda bisa menyimak uraiannya di bawah ini.


Ketinggian Lokasi Bakal Kandang Sapi

Sapi perah tidak akan menghasilkan susu secara maksimal jika dipelihara di dataran rendah. Udara panas di kawasan pesisir atau sekitarnya akan membuat sapi cenderung mudah stres setiap harinya. Untuk itu, kandang dari sapi perah hendaknya berada di kawasan dengan ketinggian 500-800 meter dari permukaan air laut. Ketinggian ini sangat ideal karena bersuhu sejuk dan tidak terlalu dingin dengan kisaran 14-19 derajat Celcius.

Dengan perlakuan yang sama, sapi yang berada di ketinggian kurang dari 500 meter menghasilkan susu yang lebih rendah. Bahkan yang awalnya produksi susu mencapai 30 liter, bisa anjlok menjadi hanya 10 liter saja. Penurunan yang nyaris 70% ini tentu akan merugikan petani karena pakan dan perawatan sapi perah lebih mahal ketimbang sapi konsumsi atau sapi yang digunakan untuk keperluan pembajakan sawah.


Terkonsentrasi di Satu Wilayah

Beternak sapi perah tidak bisa sembarang dilakukan di mana saja meski secara posisi sudah sesuai dengan udara yang sejuk. Biasanya calon peternak akan mencari lokasi yang merupakan pusat dari peternakan sapi. Desa-desa yang berada di lereng gunung biasanya banyak menjadi lokasi yang tepat karena mayoritas penduduknya memiliki usaha ternak sapi perah.

Pemilihan lokasi yang terkonsentrasi ini akan memudahkan peternak dalam hal perawatan, penjualan susu yang telah diproduksi, pembibitan, penyuluhan, dsb. Biasanya wilayah yang sudah terkonsentrasi menjadi Village Breeding Center (VBC) akan lebih mudah menjual produksi ke perusahaan atau diolah sendiri menjadi oleh-oleh khas yang memiliki nilai jual tinggi.


Tidak Mengganggu Ketertiban dan Kepentingan Umum

Masalah utama dari peternakan sapi perah adalah limbah yang dihasilkan. Jika memelihara sapi perah di kawasan yang padat penduduk tentu akan membuat keresahan. Bau dari limbah yang ditimbulkan akan merugikan banyak orang. Selain itu, masalah pembuangan limbah juga akan menjadi permasalahan lain karena jumlahnya yang sangat banyak.

Sebelum membangun kandang, pastikan dahulu lingkungannya. Apakah akan terkena dampak limbah atau tidak. Inilah alasan lain mengapa peternakan sapi perah biasanya terkonsentrasi di satu tempat atau desa. Jika semua peternak berada di satu lokasi yang sama, masalah limbah tentu bisa dibicarakan bersama, bahkan diolah bersama agar tidak mengganggu penduduk atau membuat kesehatan sapi terganggu.


Memilih Lokasi yang Memudahkan Pengelolaan Limbah

Cara ternak sapi yang baik tidak hanya dilakukan dengan pemilihan anakan dan perawatannya saja. Tapi juga pengolahan limbah yang dihasilkan agar tidak merusak lingkungan. Untuk itu, sebelum memulai usaha peternakan, disarankan untuk memilih lokasi dengan topografi yang tepat. Dengan melakukan ini pengolahan atau pengangkutan limbah bisa dilakukan dengan baik. Selain itu, masalah pengadaan air bersih juga harus diperhatikan untuk menunjang kebersihan kandang.

 

Semoga beberapa tips diatas bisa menjadi pertimbangan sebelum memulai usaha peternakan sapi perah.

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

-----------------------------

INGIN MEMBUKA USAHA TERNAK?

Silahkan pilih program pendidikan dan pelatihan khusus untuk pemula, yang dibagi berdasarkan komoditas ternaknya yaitu :

  1. Ternak Sapi
  2. Ternak Kambing & Domba
  3. Ternak Ayam
  4. Ternak Itik
  5. Ternak Kelinci

 

 UNTUK PETERNAK YANG SUDAH BERPENGALAMAN

Tersedia beberapa program khusus, untuk mengoptimalkan pendapatan usaha ternak yang sedang dijalankan yaitu:

  1. Pakan Sapi ++
  2. Pakan Domba Kambing ++

Semua Tentang Sapi

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang. Mencoba untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, sekelompok peternak terpanggil untuk mengadakan diskusi tentang peternakan sapi di Jawa Barat, yang diselenggarakan di PT. Baru Adjak Lembang, pada tanggal 07 April 1976.