Loading...
iden

Penting! Lokasi Usaha Sapi Harus Dekat Dengan Pasar

Sebelum memulai usaha sapi, seorang peternak harus tahu tentang konsep 4P yaitu: product, price, place, promotion. Artikel dibawah ini membahas tentang 'place', yaitu mengapa lokasi usaha dipilih yang dekat dengan pasar. Yang disebut pasar versi peternak sapi perah adalah konsumen yang membeli susu. 

 

Place atau lokasi adalah faktor penting karena memudahkan konsumen untuk memperolah produk yang dihasilkan. Apalagi jika persaingannya cukup ketat, maka faktor pemilihan lokasi menjadi komponen utama yang harus diperhatikan. Mengapa lokasi usaha dipilih yang dekat dengan pasar, alasan utamanya adalah susu cepat terjual, mengingat susu adalah produk yang mudah rusak. 

Saat ini menjual susu kepada para pengolah susu skala rumahan seperti pemilik warung susu murni menjadi alternatif terbaik, karena harganya lebih tinggi daripada koperasi. Warung susu murni memang berkembang sangat pesat, bahkan masuk dalam daftar ‘Top 50 Bisnis Rumahan Super Tajir’ yang dilansir pada  tahun 2014. 

Jika tidak langsung diambil oleh pemilik warung susu segar, susu segar harus segera dipasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan dalam suhu tertentu selama beberapa waktu untuk mematikan bakteri patogen dan mengawetkan susu. Hal ini tentu butuh tenaga dan biaya lagi bukan?

Setelah mempertimbangkan target market produksi, peternak juga harus bisa memilih lokasi yang bisa menjamin peningkatan produksi susunya. Untuk memilih  lokasi usaha yang strategis adalah sebagai berikut:

 

 
1. Ketinggian Lokasi Bakal Kandang Sapi

Sapi perah tidak akan menghasilkan susu secara maksimal jika dipelihara di dataran rendah. Udara panas di kawasan pesisir atau sekitarnya akan membuat sapi cenderung mudah stres setiap harinya. Untuk lokasi usaha yang strategis adalah berada di kawasan dengan ketinggian 500-800 meter dari permukaan air laut. Ketinggian ini sangat ideal karena bersuhu sejuk dan tidak terlalu dingin dengan kisaran temperatur antara 14-19 derajat Celcius.

Dengan perlakuan yang sama, sapi yang berada di ketinggian kurang dari 500 meter menghasilkan susu yang lebih rendah. Bahkan yang awalnya produksi susu mencapai 30 liter, bisa anjlok menjadi hanya 10 liter saja. Penurunan yang nyaris 70% ini tentu akan merugikan karena pakan dan perawatan sapi perah lebih mahal ketimbang sapi yang dipotong untuk diambil dagingnya.

 

 


2. Terkonsentrasi di Satu Wilayah

Beternak sapi perah tidak bisa sembarang dilakukan di mana saja meski secara posisi sudah sesuai dengan udara yang sejuk. Lokasi usaha yang strategis adalah wilayah yang merupakan pusat dari kawasan peternakan sapi. Desa-desa yang berada di lereng gunung biasanya banyak menjadi lokasi yang tepat karena mayoritas penduduknya memiliki usaha ternak sapi perah.

Pemilihan lokasi yang terkonsentrasi ini akan memudahkan peternak dalam hal perawatan, penjualan susu yang telah diproduksi, pembibitan, penyuluhan, dsb. Biasanya wilayah yang sudah terkonsentrasi menjadi Village Breeding Center (VBC) akan lebih mudah menjual produksi ke perusahaan, industri skala rumahan,  atau diolah sendiri menjadi aneka jenis produk.

 

 


3. Tidak Mengganggu Ketertiban dan Kepentingan Umum

Masalah utama dari peternakan sapi perah adalah polusi udara dari kotorannya serta polusi suara dari sapi yang kadang kala sangat berisik jika merasa lapar. Selain itu, ada masalah pembuangan limbah yang jumlahnya sangat banyak, jika ditampung akan memakan lahan yang cukup luas. Jika diangkut keluar dari peternakan juga tidak tau mau dibuang kemana. 

Oleh sebab itu, sebelum membangun kandang, pastikan dahulu apakah lingkungannya mendukung. Apakah masyarakatnya tidak komplain jika terkena dampaknya. Inilah alasan lain mengapa peternakan sapi perah biasanya terkonsentrasi di satu tempat atau desa. Jika semua peternak berada di satu lokasi yang sama, masalah limbah tentu bisa dibicarakan bersama, bahkan diolah bersama agar tidak mengganggu penduduk atau membuat kesehatan sapi terganggu.

 

 


4. Memilih Lokasi yang Memudahkan Operasional

Cara ternak sapi yang baik tidak hanya masalah pakan, perawatan dan penjualan produknya. Tapi juga masalah distribusi mulai dari pakan hingga pengolahan limbah. Lokasi usaha yang strategis adalah daerah yang yang mudah dijangkau, ketersediaan air yang mencukupi, keamanan terjamin, serta memudahkan untuk mengolah dan mengangkut limbah.

Semoga beberapa tips diatas bisa menjadi jawaban mengapa lokasi usaha dipilih yang dekat dengan pasar dan pada lokasi  usaha yang strategis adalah satu keharusan.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Ingin Tahu Tentang Kelinci New Zealand? Mari Bertanya Kepada Ir. Yono Cahyanto Raharjo MSc. Agr.

Ir. Yono Cahyanto Raharjo MSc.Agr., PhD, mendapatkan gelar sarjana pertanian (jurusan Teknologi Pangan) pada tahun 1976 dari Institut Pertanian Bogor. Pendidikan S2 (Jurusan Biochemistry and Nutrition) ditempuh pada University New England, Armidale Australia dan mendapatkan gelar Master of Science Agricultural (M.Sc.Agr) lulus pada tahun 1983. Sedangkan pendidikan doktoral (Ph.D) jurusan Animal Science pada Oregon State University lulus pada tahun 1987. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Sukaregang The Center of Leather Products in Garut West Java

Sukaregang, The Center of Leather Products in Garut West Java

West Java in Indonesia has many fun and fascinating things to explore. Well, it is not only Bandung with its multiple tourist spots. You should also try to go to other towns like Garut whether for touring or even shopping. Garut is known as a home for some typical foods like Dodol Garut. Meanwhile, there is a center of leather jackets that is famous enough for its quality and friendly prices; Sukaregang.