Ukuran dan Kapasitas Ideal Kandang Sapi Potong

Ukuran Kandang Sapi Potong Ideal

Seperti kita ketahui,  model kandang sapi potong ada dua jenis yaitu kandang bebas dan konvensional. Kandang bebas adalah kandang tanpa penyekat, tempat ternak sapi dibiarkan bebas. Sedangkan kandang konvensional diberi penyekat, membuat ternak tidak dapat bergerak dengan bebas.

Untuk kandang penggemukan sapi potong, biasanya menggunakan kandang sapi konvensional atau individu, yang diberi penyekat, terutama bila ternak sapi yang dipelihara tidak banyak.

Ternak sapi diikat dan kandang disekat sehingga ternak tidak dapat bergerak bebas, namun kelebihannya tidak ada perkelahian, layaknya kandang sapi kelompok yang dilepas bebas. Untuk kandang pengggemukan sapi komersial, sebaiknya kandang berukuran lebih luas dan besar, agar dapat menampung sapi dalam jumlah yang banyak.

 


Kandang Sapi Individu

Untuk jenis konstruksi kandang sapi potong atau kandang individu, terdapat dua jenis kandang, yaitu kandang tunggal dan ganda. Untuk kandang tunggal, penempatan ternak sapi dilakukan dalam satu baris saja. Sedangkan kandang ganda memiliki dua baris yang saling berhadapan ataupun bertolak belakang. Di antara barisan tersebut, terdapat sebuah jalur untuk jalan.

Untuk kandang sapi individu ini, bagi setiap sapi jantan dewasa biasanya menempati kandang berukuran lebar 1.5m dan panjang 2.5m. Sedangkan sapi betina dewasa berukuran 2.5m x 2m, dan anak sapi, 1.5m x 1m. Ketinggian kandang mencapai 2m - 2.5m dari tanah.

Namun ukuran ini tidaklah terlalu baku, melainkan disesuaikan dengan ukuran besar kecil serta fisiologis ternak sapi. Sebagai contoh untuk ukuran sapi timor yaitu sapi Bali yang berada di NTT, pergerakan sapi sangat dibatasi dengan ukuran kandang yang hanya 75cm.

 

Kapasitas Kandang Ideal

Pemeliharaan sapi dalam kandang bebas atau kelompok, adalah dengan melepas sapi dalam sebuah kandang dengan ukuran tertentu. Ukuran jumlah ternak sapi ideal dalam satu kandang adalah 4m2 untuk seekor sapi.

Untuk kandang seluas 100m2, atau berukuran 10 x 10m, jumlah sapi ideal atau kapasitas ideal kandang tersebut paling banyak mencapai 25 ekor (4m2 x 25 ekor = 100m2). Namun apabila jumlah ternak sapi yang dipelihara sedikit, kapasitas bisa berubah, sehingga kandang mampu menampung hingga 30 ekor.

Sementara untuk kandang tipe bebas, pada bagian belakang kandang bebas ini dibuat selokan, agar pembersihan mudah dilakukan dan kebersihan lantai semen atau beton berporinya terjaga. Nah, demikianlah gambaran tentang ukuran dan kapasitas ideal kandang sapi potong. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi peternak pemula.


Sumber :

  • gambar-kandang.com
  • slideshare.net
  • agrobisnisinfo.com

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

-----------------------------

INGIN MEMBUKA USAHA TERNAK?

Silahkan pilih program pendidikan dan pelatihan khusus untuk pemula, yang dibagi berdasarkan komoditas ternaknya yaitu :

  1. Ternak Sapi
  2. Ternak Kambing & Domba
  3. Ternak Ayam
  4. Ternak Itik
  5. Ternak Kelinci

 

 UNTUK PETERNAK YANG SUDAH BERPENGALAMAN

Tersedia beberapa program khusus, untuk mengoptimalkan pendapatan usaha ternak yang sedang dijalankan yaitu:

  1. Pakan Sapi ++
  2. Pakan Domba Kambing ++

Semua Tentang Sapi

  • Ciri Bibit Sapi Potong yang Sehat Ciri Bibit Sapi Potong yang Sehat
    "Bibit sapi potong atau sapi bakalan adalah calon sapi dengan usia sekitar 2-3 tahun yang akan dipelihara untuk dipersiapkan sebagai sapi pedaging atau potong. Pemilihan ternak sapi untuk dijadikan bibit memerlukan keterampilan khusus, terutama agar dapat memberikan penilaian yang akurat terhadap bibit sapi yang akan dipilih, karena keberhasilan pemilihan bakalan…

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang. Mencoba untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, sekelompok peternak terpanggil untuk mengadakan diskusi tentang peternakan sapi di Jawa Barat, yang diselenggarakan di PT. Baru Adjak Lembang, pada tanggal 07 April 1976.