Ukuran dan Kapasitas Ideal Kandang Sapi Potong

"Artikel kali ini akan membahas tentang model kandang sapi potong yang ideal bagi peternak sapi potong. Topik tentang perkandangan sapi potong selalu menarik untuk dibahas, karena sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha peternakan Anda."

Ukuran Kandang Sapi Potong Ideal

Seperti kita ketahui,  model kandang sapi potong ada dua jenis yaitu kandang bebas dan konvensional. Kandang bebas adalah kandang tanpa penyekat, tempat ternak sapi dibiarkan bebas. Sedangkan kandang konvensional diberi penyekat, membuat ternak tidak dapat bergerak dengan bebas.

Untuk kandang penggemukan sapi potong, biasanya menggunakan kandang sapi konvensional atau individu, yang diberi penyekat, terutama bila ternak sapi yang dipelihara tidak banyak.

Ternak sapi diikat dan kandang disekat sehingga ternak tidak dapat bergerak bebas, namun kelebihannya tidak ada perkelahian, layaknya kandang sapi kelompok yang dilepas bebas. Untuk kandang pengggemukan sapi komersial, sebaiknya kandang berukuran lebih luas dan besar, agar dapat menampung sapi dalam jumlah yang banyak.

 


Kandang Sapi Individu

Untuk jenis konstruksi kandang sapi potong atau kandang individu, terdapat dua jenis kandang, yaitu kandang tunggal dan ganda. Untuk kandang tunggal, penempatan ternak sapi dilakukan dalam satu baris saja. Sedangkan kandang ganda memiliki dua baris yang saling berhadapan ataupun bertolak belakang. Di antara barisan tersebut, terdapat sebuah jalur untuk jalan.

Untuk kandang sapi individu ini, bagi setiap sapi jantan dewasa biasanya menempati kandang berukuran lebar 1.5m dan panjang 2.5m. Sedangkan sapi betina dewasa berukuran 2.5m x 2m, dan anak sapi, 1.5m x 1m. Ketinggian kandang mencapai 2m - 2.5m dari tanah.

Namun ukuran ini tidaklah terlalu baku, melainkan disesuaikan dengan ukuran besar kecil serta fisiologis ternak sapi. Sebagai contoh untuk ukuran sapi timor yaitu sapi Bali yang berada di NTT, pergerakan sapi sangat dibatasi dengan ukuran kandang yang hanya 75cm.

 

Kapasitas Kandang Ideal

Pemeliharaan sapi dalam kandang bebas atau kelompok, adalah dengan melepas sapi dalam sebuah kandang dengan ukuran tertentu. Ukuran jumlah ternak sapi ideal dalam satu kandang adalah 4m2 untuk seekor sapi.

Untuk kandang seluas 100m2, atau berukuran 10 x 10m, jumlah sapi ideal atau kapasitas ideal kandang tersebut paling banyak mencapai 25 ekor (4m2 x 25 ekor = 100m2). Namun apabila jumlah ternak sapi yang dipelihara sedikit, kapasitas bisa berubah, sehingga kandang mampu menampung hingga 30 ekor.

Sementara untuk kandang tipe bebas, pada bagian belakang kandang bebas ini dibuat selokan, agar pembersihan mudah dilakukan dan kebersihan lantai semen atau beton berporinya terjaga. Nah, demikianlah gambaran tentang ukuran dan kapasitas ideal kandang sapi potong. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi peternak pemula.


Sumber :

  • gambar-kandang.com
  • slideshare.net
  • agrobisnisinfo.com
Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu
    Daging wagyu merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat.
    Read more...
  • Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T-Bone merupakan salah satu jenis daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...