TRANSLATE

Menampilkan item berdasarkan tag: kandang

Sabtu, 30 Juli 2022 20:14

Mitos Kandang Sapi di Depan Rumah

Di desa Sambiroto, Pracimantoro, Wonogiri, ada sebuah mitos tentang letak atau posisi kandang sapi di halaman rumah. Jika kandang sapi dibangun di belakang rumah, maka sapi yang dipelihara akan tertimpa berbagai musibah, seperti sering sakit hingga mati.

Di tag dibawah
Kamis, 03 Oktober 2019 10:44

Teknologi Kandang Terapung Untuk Sapi Perah

Minke van Wingerden, seorang pengusaha dari Belanda, memiliki ide yang agak tidak biasa. Ia tertarik untuk mengembangkan teknologi di bidang peternakan berupa kandang yang mengapung di sungai. Uniknya gagasannya didapat setelah mengalami musibah yang luar biasa. Pada tahun 2012, Minke bersama rekannya yang sedang mengerjakan proyek di New York, dihantam badai Sandy yang mengakibatkan banjir besar. Selama 2 hari, mereka tidak mendapatkan makanan segar karena jalur transportasinya terputus.

Di tag dibawah

Kandang sangat dibutuhkan untuk melindungi sapi perah dari beraneka macam gangguan serta keadaan lingkungan yang kurang menguntungkan. Sebelum memulai beternak, Anda harus mempersiapkan konstruksi bangunan kandang sapi dengan matang. Menurut Williamson dan Payne, kandang sapi perah ada dua jenis, yaitu kandang sapi konvensional dan kandang sapi bebas

Di tag dibawah

Perbedaannya bukan hanya terletak pada konstruksi bangunan kandang, melainkan juga pada fungsinya. Kandang sapi perah sangat memengaruhi pertumbuhan dan kesehatannya. Hampir seluruh waktu dihabiskan sapi perah di dalam kandangnya. Untuk itu, kenyamanan dan kesesuaian kandang dengan kondisi ternak, baik dari aspek jumlah maupun perbedaan jenis, sangat penting untuk dipertimbangkan.

Di tag dibawah

Hewan ternak seperti sapi perah perlu diberi tempat tinggal sesuai dengan kebutuhannya. Sapi-sapi tersebut tidak bisa ditempatkan dalam satu jenis konstruksi bangunan kandang yang sama karena akan memengaruhi kesehatannya. Perkembangan teknologi saat ini memiliki peran penting bagi para peternak. Di Negara maju, penerapan pola beternak modern memperlihatkan hasil yang signifikan. Berbeda dengan cara ternak sapi perah tradisional yang pada akhirnya kalah bersaing di pasar global.

Di tag dibawah

Hasil produksi sapi perah berupa susu segar ataupun produk olahan. saat ini masih jauh dari jumlah permintaan masyarakat. Munculnya kondisi ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari hewan sapi itu sendiri. Sementara faktor eksternal disebabkan oleh lingkungan, termasuk di dalamnya pengetahuan umum dan tata cara tentang teknik pemeliharaan ternak, fasilitas kandang, serta iklim dimana lokasi kandang berada.

Di tag dibawah

Akhir-akhir ini, cuaca di Indonesia semakin gerah. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi tersebut secara meteorologis disebabkan suhu udara yang meningkat disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Berdasarkan pencatatan meteorologis yang dilakukan BMKG, suhu tertinggi terjadi di Sentani, Papua. 

Di tag dibawah

Cara beternak sapi yang baik dan benar, salah satunya adalah memperhatikan kandangnya. Sebab, konstruksi kandang yang sesuai dengan kebutuhan sapi akan membuat pertumbuhan sapi optimal dan mampu memberikan hasil maksimal. Beternak sapi perah pejantan dengan sapi betina, cara perawatan maupun bentuk kandang berbeda. Beberapa kriteria kandang sapi perah jantan sebagai pemacek (untuk membiakkan keturunan) antara lain sebagai berikut:

Di tag dibawah

Kandang merupakan rumah bagi hewan ternak termasuk sapi, oleh karena itu bentuk bangunan kandang sapi harus dibuat senyaman mungkin untuk mendukung kebutuhannya. Kandang sapi yang baik juga harus mempermudah peternak untuk melaksanakan pekerjaannya mulai dari memberi pakan hingga membersihkan kotoran.

Di tag dibawah

Salah satu bagian terpenting saat membangun kandang sapi adalah atapnya. Bagaimana cara membangun atap kandang agar sapi betah di kandang dan tetap sehat sebelum saatnya dipotong? Dan bagaimana cara memanfaatkan atap kandang sapi agar lebih berguna? Pertama-tama fokus pada pemilihan bahan-bahan yang kuat dan tahan dari sengatan panas matahari dan tidak menimbulkan panas didalam kandang! Yang kedua anda harus tau cara kerja panel surya sederhana sebagai salah satu cara pemanfaatan atap.

Di tag dibawah
Halaman 1 dari 2

Jadwal Pertunjukan Kesenian Tradisional Terdekat Di Minggu Ini

Informasi lengkap tentang jadwal pertunjukkan kesenian tradisional di seluruh Indonesia, dalam bentuk aplikasi tidak tidak hanya GRATIS, tapi juga sederhana dan mudah digunakan karena dikelompokkan berdasarkan tanggal dan lokasinya. Baca selengkapnya...