Layanan Konsultasi Dan Asistensi Virtual Bidang Teknologi Informasi

Untuk membuat website, ada beberapa komponen yang harus Anda miliki terlebih dahulu, yaitu domain, web hosting, SSL certificate, dan content management system atau CMS. Silahkan simak penjelasannya dibawah ini:

1. Domain

Yang dimaksud domain  adalah alamat dari situs. Sebagai contoh adalah jajananenakdibogor.com, jajananenakdibogor adalah nama domain sedangkan  .com adalah ekstensinya. 

Ada berbagai macam ekstensi domain yang bisa Anda gunakan, selain .com ada juga  .org, .net, id, .xyz, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan sebuah domain, Anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu melalui domain name registrar.  Biayanya  tidak mahal,  mulai dari Rp 55.000 per tahun.

2. Web Hosting

Untuk memulai situs, anda harus menyiapkan web hosting yaitu tempat menyimpan data website. Melalui web hosting pula, situs dapat ditampilkan kepada para pengguna internet.

Web hosting terdiri dari beberapa jenis,salah satunya adalah  layanan berbasis cloud yang memiliki kelebihan selain mudah digunakan, pengelolaan server dilakukan oleh penyedianya. Selain itu, sumber dayanya yang besar bisa mempercepat loading website dan minim downtime.

3.SSL Certificate

Setelah memiliki domain dan web hosting, ada hal lain yang diubutuhkan yaitu keamanan website. Untuk memproteksi pertukaran data yang terjadi pada website, Anda harus memiliki SSL certificate.

4.CMS

Pada awalnya membuat website UKM membutuhkan koding yang hanya dimengerti oleh web developer. Namun kini tersedia Content Management System atau CMS yang dapat digunakan untuk menentukan tampilan dan fitur situs UKM, tetapi juga mengelola kontennya.

Ada banyak pilihan CMS yang bisa digunakan, baik open source atau komersial, yang dibuat dengan bahasa pemrograman berbeda. Ada CMS yang berbasis PHP, Java, Phyton, ASP.NET, Perl atau Ruby on Rails. Setiap CMS juga mendukung satu atau lebih varian database antara lain; MySQL, PostgreSQL, MariaDB, Percona, Microsoft SQL Server, SQLite, Oracle dan MonggoDB.

Linux adalah sistem operasi open source untuk web server yang paling dominan digunakan. Web server Linux umumnya sudah ada komponen perangkat lunak seperti PHP dan juga MySQL. Itu sebabnya, CMS berbasis bahasa pemrograman PHP lebih dominan digunakan. Ada puluhan CMS open source berbasis PHP yang bisa menjadi opsi untuk membuat website dinamis antara lain:  wordpress, joomla, drupal, TYPO3, Contao, CMS Made Simple (CMSMS).

Informasi diatas hanyalah langkah awal untuk membuat website, masih ada tahapan berikutnya mulai dari menginstall CMS, mengatur konfigurasi, tampilan, fitur, dan konten hingga mengoptimasi kecepatan dan search engine optimization (SEO)nya.

Apakah cukup sulit dipahami? Jika membutuhkan layanan konsultasi dan asistensi virtual untuk membuat website, silahkan berkunjung ke rizalconsulting,id, atau kontak langsung ke Muhammad Fauzi Rizal 085715872597

 

Dilihat 50 kali
  • 155

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Kikil Sapi Bronggalan, Kuliner Yang Sedang Viral

Kikil merupakan salah satu bagian dari sapi yang diambil dari bagian kaki sapi. Kikil banyak terdapat pada bagian pembungkus kaki dan jari-jari. Tekstur dari kikil adalah kenyal berwarna putih transparan. Sebagian kikil masih mengandung sedikit tulang lunak sehingga ketika Anda memakannya ada bagian yang bisa langsung digigit, ada pula yang agak sedikit keras. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Cara Mudah Mengolah Susu Sapi Menjadi Keju Terbaik Jenis Mozzarella

Jika anda penggemar keju atau penggemar makanan barat, pasti sudah tak asing lagi dengan keju terbaik, termasuk jenis Mozzarela. Keju ini berasal dari Italia yang biasanya digunakan sebagai topping untuk berbagai menu seperti topping pizza, baked rice, lasagna, macaroni shcootel, dan lain sebagainya. Secara harfiah, Mozzarella memiliki arti memotong, berasal dari bahasa Italia yakni mozzare. Kini, keju mozzarella dengan mudah di berbagai tempat. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Simmental Sapi Favorit Peternak Generasi Millenial

Apa yang dimaksud dengan generasi Millenial atau generasi Y, yang juga akrab disebut sebagai generation me atau echo boomers? Memang tidak ada kriteria khusus untuk menentukan kelompok generasi yang satu ini. Namun beberapa pakar menggolongkannya berdasarkan tahun lahir awal dan akhir, dengan rentang tahun antara 1980 -1999 Masehi. Sedangkan manusia kelahiran tahun 2000 M sampai sekarang disebut dengan generasi Z atau Z Generation. Baca selengkapnya...