Penawaran Titipan Hewan Untuk Kurban, Di Masjid Raya Al Muttaqin Bogor

Ada banyak jenis hewan ternak yang biasa dikonsumsi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak semua hewan ternak dapat dikurbankan. Mengetahui jenis hewan kurban yang boleh disembelih sangatlah penting karena akan mempengaruhi sah atau tidaknya ibadah kurban yang kita lakukan.

Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),” (QS. Al-Hajj ayat 34).

 

 

BINATANG TERNAK YANG TERMASUK DALAM JENIS HEWAN UNTUK KURBAN

 

1. Domba

Dalam sejarah peristiwa kurban, Nabi Ismail ditukar oleh Allah dengan hewan domba pada saat hendak disembelih oleh ayahnya, yakni Nabi Ibrahim. oleh sebab itu, domba termasuk dalam hewan yang dapat dikurbankan dengan syarat minimal telah berusia satu tahun atau telah berganti gigi.

 

2. Unta

Hewan Unta yang banyak terdapat di daerah Jazirah Arab, selain dimanfaatkan sebagai kendaraan juga dapat dijadikan hewan kurban. Namun, harus memenuhi batas usia lima tahun. Harga hewan unta terbilang cukup mahal, karena itu jika memilih unta sebagai hewan untuk kurban dapat dilakukan secara kolektif. Dimana pembelian satu ekor unta dapat dilakukan secara patungan tujuh atau sepuluh orang.

 

3. Sapi atau Kerbau

Sapi dan kerbau, meski masih satu keluarga hewan familia Bovidae namun berbeda spesies. Perbedaannya dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya. Sapi memiliki tanduk yang lebih pendek dan warna tubuh beragam. mulai dari coklat kemerahan, coklat tua, coklat muda, putih, hitam, hingga memiliki corak.

Sedangkan kerbau tanduknya yang lebih panjang dari sapi dan melengkung, mengarah ke samping hadap belakang. Tubuhnya juga lebih pendek, tapi lebih kekar dari sapi. Warnanya kulit tubuhnya antara abu-abu sampai hitam cenderung gelap.

Sapi jauh lebih populer untuk dijadikan jenis hewan untuk kurban dibandingkan kerbau,  dengan syarat minimal telah berusia dua tahun. Sama halnya dengan unta, sapi dan kerbau dapat dibeli dengan cara kolektif sebanyak tujuh orang.

 

4. Kambing

Kambing adalah jenis hewan untuk kurban yang paling banyak peminatnya. Selain mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau, rasa daging kambing juga banyak yang menyukainya. Kambing yang boleh dikurbankan minimal memiliki usia dua tahun, dan tidak bisa dibeli secara kolektif. 

 

 

JENIS HEWAN UNTUK KURBAN HARUS MEMENUHI SYARAT SAH

Berikut ini adalah syarat sah binatang kurban

1.Hewan kurban yang disembelih adalah binatang ternak, terdiri dari domba, kambing, unta, sapi, dan kerbau. Bukan binatang ternak unggas ataupun berjenis ikan.

2.Usia hewan telah mencukupi sesuai dengan takaran yang telah ditetapkan, yakni antara lain:

  1. Domba minimal berusia 1 tahun atau telah berganti gigi.
  2. Kambing minimal berusia 2 tahun dan telah masuk tahun ketiga dari usianya.
  3. Unta minimal berusia 5 tahun, dan telah atau sedang masuk ke tahun keenam dari usianya.
  4. Sapi atau kerbau minimal berusia 3 tahun, dan telah masuk tahun ketiga dari usianya.

3.Bebas dari cacat fisik ataupun cacat mental.

4.Hewan kurban yang disembelih telah resmi menjadi milik pekurban. Bukan hewan curian, bukan pula hewan liar yang tidak jelas statusnya.

 

 

BILA MENGALAMI CACAT, TIDAK BOLEH DIJADIKAN HEWAN UNTUK KURBAN

Dalam sebuah riwayat hadits Nabi yang disahihkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban dikatakan, Dari Al Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di tengah-tengah kami dan berkata; “Ada empat cacat yang tidak dibolehkan pada hewan kurban: 

(1) buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya,

(2) sakit dan tampak jelas sakitnya,

(3) pincang dan tampak jelas pincangnya, (4) sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.”

Dalam hadits tersebut dijelaskan, bahwa jenis hewan kurban yang mengalami kecacatan tidak sah untuk disembelih. Walaupun usianya telah mencapai angka yang cukup, namun bila mengalami kecacatan seperti yang telah dikatakan dalam hadits, maka hewan tersebut tidak dapat dijadikan binatang kurban. 

Cacat yang dapat menyebabkan tidak sahnya hewan ternak untuk dijadikan binatang kurban yaitu buta, sakit parah, pincang, dan sangat kurus atau lemah hingga tidak terlihat memiliki sumsum tulang belakang, hewan yang terputus sebagian atau seluruh telinganya, serta hewan yang terputus sebagian atau seluruh ekornya.

Adapun ada sifat cacat pada binatang kurban yang hukumnya makruh, boleh dikurbankan namun lebih baik tidak dijadikan binatang kurban, yaitu cacat karena tanduk pecah atau patah, giginya pecah atau patah.

Sumber: dompetdhuafa.org

 

 

BERKURBAN DI BOGOR

 Masjid Raya Al Muttaqin Bogor, menerima titipan Hewan Untuk Qurban 1445 H

  • Qurban Sapi Rp3.500.000* Per 1/7 Bagian
  • Qurban Kambing/Domba Rp3.500.000* Per Ekor

*sudah termasuk biaya operasional Qurban

Contact Person:

  1. Suhandi 085714283156
  2. Donni 089681916255
Dilihat 75 kali
  • 157

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Se'i, Kuliner Daging Sapi Yang Kini Banyak Dicari

Daging Se'i adalah nama kuliner yang saat ini sedang 'booming'. Istilah Se'i berasal dari bahasa Rote yang berarti daging yang diiris tipis memanjang. Pada jaman dahulu se'i dibuat dari daging rusa, karena rusa semakin langka dan dilindungi maka diganti dengan daging sapi atau daging babi. Namun bagi anda yang muslim, tak perlu khawatir karena rata-rata penjual daging se'i yang ada sekarang, memakai daging yang halal seperti sapi atau ayam. Baca selengkapnya...
  • 61

    Toko Daging Mang Oong

    Ayo belanja di pasar tradisional Sedia daging sapi lokal berkualitas (Hasil pemotongan terbaru dari RPH): Daging sop soto rendang semur sate Tualng iga tulang rangu kaki sapi Gajih jando urat Tetelan hati paru babat usus

MANFAAT SUSU SAPI

makanan jadul dari susu sapi

Makanan Lawas Dari Susu Sapi Ini Kembali Populer

Virus corona jenis baru atau disebut Covid-19 masih menjadi topik perbincangan panas hingga saat ini. Hal ini menyusul wabah tersebut telah menjangkiti lebih dari separuh negara di dunia. Seperti diketahui, virus tersebut pertama kali ditemukan di Wuhan, Hubei, China dan kemudian menyebar ke daerah dan bahkan negara lain. Indonesia pun tak luput dari paparan virus tersebut. Demikian pula, Jepang yang notabene-nya merupakan tetangga China. Baca selengkapnya...
  • 42

    Jual Susu Sapi Murni Ready Setiap Hari

    Langsung dari Koperasi susu SUKA MAKMUR, Grati, Pasuruan. Asli tanpa campuran air dan tambahan apapun Harga: 16ribu/liter (mentah) Pembelian 10Liter harga reseller Yang kemasan botol siap minum juga ada 6ribu/botol (250ml), pembelian Minimum 4botol Free ongkir GKB, randu agung, pongangan dan cerme

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Inilah Sapi Kelas Atas Dengan Perbedaan Pada Perlakuan, Jenis Makanan Hingga Tugas Yang Diberikan

Anda pasti pernah mendengar atau bahkan sudah pernah mencicipi makanan enak jenis steak wagyu yang harganya mahal. Tentu, Anda bertanya-tanya apa yang membuat steak itu selangit harganya. Ya, salah satu faktornya lantaran daging steak wagyu dibuat dari sapi dengan perlakuan perawatan ekstra. Seperti apa perawatan super sapi itu? Berikut ulasannya. Baca selengkapnya...