Loading...
idarzh-CNenhi

5 Cara Ampuh Merayu Anak Mau Minum Susu, Agar Proses Tumbuh Kembang Berjalan Dengan Sempurna

Susu sapi kini menjadi ‘senjata’ banyak orang tua untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak. Tak mengherankan karena minuman yang satu ini memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati. Terlebih lagi, kini juga sudah banyak varian susu sapi yang disesuaikan dengan usia anak sehingga anak akan lebih presisi mendapatkan tambahan nutrisi yang dibutuhkan.

Namun, tak semua anak ternyata suka dan mau minum susu. Banyak anak yang seringkali menolak dan mencari cari alasan agar tak meminum susu. Kira kira bagaimanakah cara untuk membujuk anak anak yang tak mau minum susu?

 

1. Lakukan Negosiasi Kecil Kecilan

Maksudnya adalah, sebagai orangtua kita bisa menjanjikan hadiah kecil untuk anak apabila dirinya mau menghabiskan susu sapinya. Misalnya dengan membelikan boneka, mainan, makanan kesukaannya, atau bahkan mengajaknya jalan jalan. Dengan begini, biasanya anak anak akan semangat untuk meminum susu mereka. Namun, wajib diingat ya sebagai orang tua kita harus tetap mewujudkan janji yang sudah kita berikan pada anak agar nantinya anak akan tetap percaya kepada kita.

 

2. Menggunakan Peralatan yang Menarik

Cara kedua ini juga cukup simple dan ampuh untuk membujuk anak agar mau meminum susu sapi. Anda bisa menggunakan peralatan minum yang menarik seperti misalnya gelas warna warni atau gelas dengan bentuk karakter kartun yang mereka sukai.

Apabila anak terbiasa meminum menggunakan gelas, tak ada salahnya untuk sesekali melengkapinya dengan sedotan atau sendok sehingga anak bisa mendapatkan pengalaman terbaru dalam meminum susu.

 

3. Menjadi Role Model untuk Anak

Sangat aneh bukan apabila kita menyuruh anak untuk meminum susu sapi namun kita atau anggota keluarga lain justru tak ada yang meminum susu sapi? Karena itulah, agar anak mau meminum susu agar dapat tumbuh kembang  sempurna, maka kita harus menunjukkan kebiasaan minum susu sehari hari di depan anak. Cara ini akan membuat anak berpikir dengan sendirinya bahwa meminum susu merupakan sebuah kebiasaan normal yang dilakukan setiap hari oleh seluruh anggota keluarga.

 

4. Meminum Susu Sembari Bermain

Apabila anda memiliki waktu, tak ada salahnya menemani anak ketika waktu minum susunya. Ajak anak untuk minum sembari bermain seperti misalnya permainan ular tangga. Anda bisa mengatakan bahwa dengan meminum susu maka dirinya akan memiliki lebih banyak energi untuk memenangkan permainan.

Dilain sisi, ketika anak sudah meminum susunya, tak ada salahnya untuk berpura pura kalah atau mengalah sembari mengatakan bahwa anak bisa memenangkan permainan karena telah meminum susunya dengan baik. Cara ini akan membuat anak bersemangat setiap kali dirinya diminta untuk meminum susu.

 

5. Mengubah Pola Minum Susu

Tips kelima ini bisa dilakukan dengan cara mengubah beberapa kebiasaan minum susu agar anak tak menjadi bosan. Misalnya, apabila kita terbiasa memberikan susu pada anak di pagi hari, tak ada salahnya untuk sesekali menggantinya di malam hari atau sebaliknya.

Cara lain adalah dengan memberikan varian rasa yang berbeda untuk susu sapi atau bisa sesekali memberikannya susu kemasan. Misalnya anda bisa sesekali memberikan varian rasa yang berbeda seperti cokelat, madu, vanilla, atau strawberry yang kini sudah banyak tersedia di pasaran. Dengan cara seperti ini, anak tak akan menjadi bosan dan justru malah menanti-nanti waktu minum susunya.

Semoga tips membujuk anak agar mau minum susu diatas bermanfaat, dan anak bisa tumbuh kembang secara maksimal.

Artikel Yang Banyak Dicari

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Bangunan Kandang Sapi Perah Tradisional?

Kandang sangat dibutuhkan untuk melindungi sapi perah dari beraneka macam gangguan serta keadaan lingkungan yang kurang menguntungkan. Sebelum memulai beternak, Anda harus mempersiapkan konstruksi bangunan kandang sapi dengan matang. Menurut Williamson dan Payne, kandang sapi perah ada dua jenis, yaitu kandang sapi konvensional dan kandang sapi bebas

Cari Untung Maksimal Dari Usaha Ternak Sapi Dengan Membangun Kandang Ideal

Artikel kali ini akan membahas tentang model kandang sapi potong yang ideal bagi peternak sapi potong. Topik tentang perkandangan sapi potong selalu menarik untuk dibahas, karena sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha peternakan Anda.

Untung Besar Bagi Usaha Ternak Anda, Jika Bisa Mendapatkan Bibit Sapi Pada Umur Idealnya

Seperti kita ketahui, sapi potong adalah sapi yang secara khusus dipelihara untuk diambil daging beserta lemaknya. Lama penggemukan sapi ini umumnya memerlukan waktu 6 bulan dan sudah bisa diambil hasil dagingnya.

Sapi Perah Bunting Harus Minum Air Putih Dengan Jumlah Yang Cukup

Walaupun air yang terkandung dalam hijauan yang dikonsumsi bisa mencapai 80% dari total beratnya, namun belum cukup memenuhi kebutuhan air bagi sapi perah bunting. Oleh karena itu tugas anda sebagai peternak adalah menyediakan pasokan air untuk minum sapi selalu tersedia.

Kudis Adalah Jenis Penyakit Menular Pada Sapi, Ini Obatnya!

Pernahkah Anda melihat sapi yang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kandang seperti sedang menggaruk-garuk bagian tubuh yang gatal? Atau bahkan menggigiti bagian-bagian tertentu pada tubuhnya? Apabila demikian, kemungkinan besar sapi tersebut sedang terserang kudis (scabies), yaitu jenis penyakit kulit menular yang disebabkan oleh hewan tungau.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...