5 Cara Ampuh Merayu Anak Mau Minum Susu, Agar Proses Tumbuh Kembang Berjalan Dengan Sempurna

Susu sapi kini menjadi ‘senjata’ banyak orang tua untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak. Tak mengherankan karena minuman yang satu ini memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati. Terlebih lagi, kini juga sudah banyak varian susu sapi yang disesuaikan dengan usia anak sehingga anak akan lebih presisi mendapatkan tambahan nutrisi yang dibutuhkan.

Namun, tak semua anak ternyata suka dan mau minum susu. Banyak anak yang seringkali menolak dan mencari cari alasan agar tak meminum susu. Kira kira bagaimanakah cara untuk membujuk anak anak yang tak mau minum susu?

 

1. Lakukan Negosiasi Kecil Kecilan

Maksudnya adalah, sebagai orangtua kita bisa menjanjikan hadiah kecil untuk anak apabila dirinya mau menghabiskan susu sapinya. Misalnya dengan membelikan boneka, mainan, makanan kesukaannya, atau bahkan mengajaknya jalan jalan. Dengan begini, biasanya anak anak akan semangat untuk meminum susu mereka. Namun, wajib diingat ya sebagai orang tua kita harus tetap mewujudkan janji yang sudah kita berikan pada anak agar nantinya anak akan tetap percaya kepada kita.

 

2. Menggunakan Peralatan yang Menarik

Cara kedua ini juga cukup simple dan ampuh untuk membujuk anak agar mau meminum susu sapi. Anda bisa menggunakan peralatan minum yang menarik seperti misalnya gelas warna warni atau gelas dengan bentuk karakter kartun yang mereka sukai.

Apabila anak terbiasa meminum menggunakan gelas, tak ada salahnya untuk sesekali melengkapinya dengan sedotan atau sendok sehingga anak bisa mendapatkan pengalaman terbaru dalam meminum susu.

 

3. Menjadi Role Model untuk Anak

Sangat aneh bukan apabila kita menyuruh anak untuk meminum susu sapi namun kita atau anggota keluarga lain justru tak ada yang meminum susu sapi? Karena itulah, agar anak mau meminum susu agar dapat tumbuh kembang  sempurna, maka kita harus menunjukkan kebiasaan minum susu sehari hari di depan anak. Cara ini akan membuat anak berpikir dengan sendirinya bahwa meminum susu merupakan sebuah kebiasaan normal yang dilakukan setiap hari oleh seluruh anggota keluarga.

 

4. Meminum Susu Sembari Bermain

Apabila anda memiliki waktu, tak ada salahnya menemani anak ketika waktu minum susunya. Ajak anak untuk minum sembari bermain seperti misalnya permainan ular tangga. Anda bisa mengatakan bahwa dengan meminum susu maka dirinya akan memiliki lebih banyak energi untuk memenangkan permainan.

Dilain sisi, ketika anak sudah meminum susunya, tak ada salahnya untuk berpura pura kalah atau mengalah sembari mengatakan bahwa anak bisa memenangkan permainan karena telah meminum susunya dengan baik. Cara ini akan membuat anak bersemangat setiap kali dirinya diminta untuk meminum susu.

 

5. Mengubah Pola Minum Susu

Tips kelima ini bisa dilakukan dengan cara mengubah beberapa kebiasaan minum susu agar anak tak menjadi bosan. Misalnya, apabila kita terbiasa memberikan susu pada anak di pagi hari, tak ada salahnya untuk sesekali menggantinya di malam hari atau sebaliknya.

Cara lain adalah dengan memberikan varian rasa yang berbeda untuk susu sapi atau bisa sesekali memberikannya susu kemasan. Misalnya anda bisa sesekali memberikan varian rasa yang berbeda seperti cokelat, madu, vanilla, atau strawberry yang kini sudah banyak tersedia di pasaran. Dengan cara seperti ini, anak tak akan menjadi bosan dan justru malah menanti-nanti waktu minum susunya.

Semoga tips membujuk anak agar mau minum susu diatas bermanfaat, dan anak bisa tumbuh kembang secara maksimal.