Tips Belajar Mengolah Daging Sapi agar Empuk dalam Waktu yang Singkat

Berbicara mengenai tips belajar mengolah daging sapi adalah hal yang sangat menarik. Memasak daging sapi agar empuk umumnya dilakukan dengan cara merebusnya dalam waktu yang lama. Hal ini mungkin tak masalah bagi anda yang memiliki banyak waktu di rumah.

Lalu, bagaimana dengan anda yang hanya punya sedikit waktu untuk memasak, dan masakan dari daging sapi ini harus cepat cepat disajikan? Tak perlu risau lagi karena kami punya beberapa tips belajar secara sederhana agar daging sapi dapat empuk dalam waktu yang relative cepat.

 

1. Memperhatikan Cara Memotong Daging Sapi

Ternyata, salah satu tips belajar mengolah daging sapi agar empuk adalah dengan memperhatikan cara memotongnya. Untuk mendapatkan hasil daging yang empuk, sebaiknya anda memotong daging dengan arah yang berlawanan dengan seratnya.

Cara ini berfungsi untuk menghambar bersatunya serat serat pada daging nanti ketika dimasak sehingga daging akan menjadi empuk. Setelah dipotong, jangan lupa untuk memukul mukul daging dengan menggunakan alat pemukul daging di kedua sisi daging. Perhatikan agar tak memukul terlalu keras karena hal ini justru akan membuat sari daging tak akan keluar.

 

 

2. Menggunakan Pepaya atau Nanas

Tips belajar mengolah daging sapi agar empuk yang kedua adalah dengan memanfaatkan daun pepaya dan nanas. Daun pepaya dapat digunakan untuk membungkus daging dengan waktu sekitar 30 menit sebelum daging sapi mulai dimasak atau diolah.

Hal ini bisa terjadi karena daun pepaya mengandung sebuah zat yang bernama papain dimana kandungan ini sangat efektif untuk membuat daging menjadi empuk. Apabila anda tak memiliki daun pepaya, anda bisa menggunakan buah nanas.

Caranya adalah pilih nanas yang masih muda, kemudian parut buah nanas dan haluskan. Lalu, balurkan secara merata pada daging dan diamkan sementara hingga 30 menit lamanya.

 

 

3. Memanfaatkan Remasan Buah Kiwi

Ternyata kiwi juga merupakan buah yang berfungsi untuk mengempukkan daging, yaitu enzim actinidin. Untuk memanfaatkan buah kiwi, anda bisa meremas remas buah kiwi dan oleskan remasan buah kiwi yang hancur ini pada potongan daging yang akan dimasak.

Biasanya, untuk 1kg daging sapi dibutuhkan sekitar 1,5 butir kiwi. Setelah dibalurkan, lalu diamkan selama sekitar 1-2 jam sebelum mulai dimasak. Apabila anda punya banyak stok buah kiwi di rumah, anda bisa mencoba tips dan trik mengolah daging sapi agar empuk yang ini.

 

 

4. Menggunakan Dengan Daun Pisang

Apabila bahan diatas terlalu sulit ditemukan, tak usah takut karena anda bisa menggunakan kulit pisang. Pisang mengandung banyak bahan aktif alami yang dapat menguraikan serat daging. Hal ini akan membuat daging menjadi lebih cepat empuk dan tidak menjadi kering.

Selain itu, daun pisang tak akan mengubah rasa daging itu sendiri. Caranya pun sangat mudah yakni hanya meletakkan daun pisang pada permukaan daging, kemudian diamkan selama sekitar 30 menit sampai satu jam saja.

 

 

5. Menggunakan Segenggam Beras

Tips belajar mengolah daging sapi agar empuk dalam waktu yang cepat selain yang telah dijelaskan diatas adalah dengan menggunakan segenggam beras. Caranya, anda bisa masukkan segenggam beras pada air rebusan daging. Apabila beras ternyata hancur dan bercampur dengan daging, maka ini tandanya daging sudah cukup empuk untuk mulai diolah atau dimasak.

Di tag dibawah

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

  • Kualitas Pakan Yang Diberikan, Menentukan Harga Pedet Jawa Ketika Dijual Kualitas Pakan Yang Diberikan, Menentukan Harga Pedet Jawa Ketika Dijual
    Pemberian makan dan minum pada anak sapi jawa adalah sesuatu yang sangat krusial. Salah memberi pakan, akan membuat pertumbuhannya terhambat, risiko kematian dan menurunnya harga pedet jawa ketika dijual. Untuk itulah, sejak pedet lahir di hari pertama manajemen pemberian pakan dan minum harus dipersiapkan dengan baik.
    Read more...
  • Tentang BALITNAK, Lembaga Riset Bidang Peternakan di Indonesia Tentang BALITNAK, Lembaga Riset Bidang Peternakan di Indonesia
    Balai Penelitian Peternakan atau biasa disingkat sebagai Balitnak, adalah sebuah lembaga riset yang bertugas untuk  mencari dan meningkatkan manfaat dari sumberdaya peternakan, menghasilkan dan mendiseminasi  inovasi teknologi, membangun jaringan kerjasama dan pertukaran informasi teknologi, serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, sarana dan prasarana penunjang kegiatan penelitian peternakan.
    Read more...

Produk

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh