Tips Belajar Mengolah Daging Sapi agar Empuk dalam Waktu yang Singkat

Berbicara mengenai tips belajar mengolah daging sapi adalah hal yang sangat menarik. Memasak daging sapi agar empuk umumnya dilakukan dengan cara merebusnya dalam waktu yang lama. Hal ini mungkin tak masalah bagi anda yang memiliki banyak waktu di rumah. Lalu, bagaimana dengan anda yang hanya punya sedikit waktu untuk memasak, dan masakan dari daging sapi ini harus cepat cepat disajikan?

Tak perlu risau lagi karena kami punya beberapa tips belajar secara sederhana agar daging sapi dapat empuk dalam waktu yang relative cepat.

 

1. Memperhatikan Cara Memotong Daging Sapi

Ternyata, salah satu tips belajar mengolah daging sapi agar empuk adalah dengan memperhatikan cara memotongnya. Untuk mendapatkan hasil daging yang empuk, sebaiknya anda memotong daging dengan arah yang berlawanan dengan seratnya.

Cara ini berfungsi untuk menghambar bersatunya serat serat pada daging nanti ketika dimasak sehingga daging akan menjadi empuk. Setelah dipotong, jangan lupa untuk memukul mukul daging dengan menggunakan alat pemukul daging di kedua sisi daging. Perhatikan agar tak memukul terlalu keras karena hal ini justru akan membuat sari daging tak akan keluar.

 

 

2. Menggunakan Pepaya atau Nanas

Tips belajar mengolah daging sapi agar empuk yang kedua adalah dengan memanfaatkan daun pepaya dan nanas. Daun pepaya dapat digunakan untuk membungkus daging dengan waktu sekitar 30 menit sebelum daging sapi mulai dimasak atau diolah.

Hal ini bisa terjadi karena daun pepaya mengandung sebuah zat yang bernama papain dimana kandungan ini sangat efektif untuk membuat daging menjadi empuk. Apabila anda tak memiliki daun pepaya, anda bisa menggunakan buah nanas.

Caranya adalah pilih nanas yang masih muda, kemudian parut buah nanas dan haluskan. Lalu, balurkan secara merata pada daging dan diamkan sementara hingga 30 menit lamanya.

 

 

3. Memanfaatkan Remasan Buah Kiwi

Ternyata kiwi juga merupakan buah yang berfungsi untuk mengempukkan daging, yaitu enzim actinidin. Untuk memanfaatkan buah kiwi, anda bisa meremas remas buah kiwi dan oleskan remasan buah kiwi yang hancur ini pada potongan daging yang akan dimasak.

Biasanya, untuk 1kg daging sapi dibutuhkan sekitar 1,5 butir kiwi. Setelah dibalurkan, lalu diamkan selama sekitar 1-2 jam sebelum mulai dimasak. Apabila anda punya banyak stok buah kiwi di rumah, anda bisa mencoba tips dan trik mengolah daging sapi agar empuk yang ini.

 

 

4. Menggunakan Daun Pisang

Apabila bahan diatas terlalu sulit ditemukan, tak usah takut karena anda bisa menggunakan kulit pisang. Pisang mengandung banyak bahan aktif alami yang dapat menguraikan serat daging. Hal ini akan membuat daging menjadi lebih cepat empuk dan tidak menjadi kering.

Selain itu, daun pisang tak akan mengubah rasa daging itu sendiri. Caranya pun sangat mudah yakni hanya meletakkan daun pisang pada permukaan daging, kemudian diamkan selama sekitar 30 menit sampai satu jam saja.

 

 

5. Menggunakan Segenggam Beras

Tips belajar mengolah daging sapi agar empuk dalam waktu yang cepat selain yang telah dijelaskan diatas adalah dengan menggunakan segenggam beras. Caranya, anda bisa masukkan segenggam beras pada air rebusan daging. Apabila beras ternyata hancur dan bercampur dengan daging, maka ini tandanya daging sudah cukup empuk untuk mulai diolah atau dimasak.

Mancing Ikan Dapat Hadiah Sapi

Memancing adalah salah satu hobi yang banyak dilakukan oleh para pria. Mereka yang suka memancing bahkan rela meninggalkan aktivitas keseharian hanya untuk melakukannya. Tak hanya seru, memancing ternyata merupakan kegiatan positip yang memiliki beberapa manfaat. Berikut adalah lima manfaat baik memancing. Baca selengkapnya...

Cara Memilih Pakan Ternak Sapi Agar Cepat Gemuk

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuktikan bahwa, salah satu cara ternak sapi cepat gemuk adalah memberikan daun tanaman lamtoro. Disamping bobotnya naik, kualitas daging yang dihasilkan juga meningkat. Baca selengkapnya...

Anakan Sapi Aneh di Indonesia: Dari Kepala Dua Hingga Mirip Kucing Persia

Warga Dusun Ajang Matekko, Desa Lebbae, Kecamatan Ajangale, Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) dihebohkan dengan lahirnya anakan sapi berkepala dua, Minggu (23/6). Namun anak sapi aneh ini kemudian mati setelah dilahirkan. Menurut keterangan warga setempat, Jamal sebagaimana dilansir detikcom, induk anak sapi tak lazim itu sudah lemas dan dia bersama para tetangga menarik anakan sapi itu dari perut induknya. Baca selengkapnya...