Bagian Tenderloin atau Daging Has Sapi dan Cara Memasaknya

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini mungkin akan sangat disukai dan ditunggu karena akan membahas mengenai tenderloin atau daging has sapi.

Daging yang satu ini terletak di bawah bagian rusuk dan tulang belakang yang memang jarang aktif bergerak dan digunakan oleh sapi. Karena itulah, daging ini sangat empuk dan memiliki rasa lezat hingga teksturnya yang juicy.

Meskipun memang empuk dan mudah sekali diolah, ada beberapa trik yang bisa anda gunakan agar nantinya daging tenderloin ini memang sangat enak untuk dimakan. Apa sajakah tips dan trik mengolah daging sapi has ini? Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

 

1.Membeli dengan label ‘prime’ atau ‘choice’

Apabila anda memang menginginkan daging dengan kualitas nomor satu, anda bisa membeli tenderloin dengan label ‘choice’ atau ‘prime’. Biasanya daging ini memang merupakan daging pilihan dari sapi yang benar benar pilihan. Selain itu, kesegaran dan kualitas daging juga sudah tak diragukan lagi. Kemudian, anda juga harus menentukan ingin membeli daging yang sudah dikupas atau tidak. Daging has yang sudah dikupas maksudnya adalah sudah dibersihkan dari lemak yang menempel namun masih memiliki kulit keperakan. Kulit keperakan ini biasanya akan membuat daging has agak sedikit alot.

 

2. Bersihkan daging has dalam dengan benar

Tips dan trik mengolah daging sapi has ini selanjutnya adalah dengan membersihkannya. Apabila anda tak ingin repot, maka anda bisa memilih daging sapi yang sudah dikupas sehingga anda tak perlu membersihkannya lagi. Namun, apabila daging seperti ini tak tersedia, anda bisa membeli tenderloin biasa. Untuk membersihkannya jangan lupa untuk menghilangkan bagian selaput yang menutupi sisi daging karena biasanya bagian ini terasa alot. Setelah selesai membersihkan daging anda bisa mencuci daging untuk langsung diolah atau memasukkannya ke dalam freezer untuk dibekukan.

 

3. Menepuk atau Memukul Mukul Daging sebelum diolah

Ada satu lagi tips dan trik mengolah daging sapi has dalam ini agar empuk dan bumbu bisa meresap dengan baik. Sebelum daging sapi diolah, anda bisa menepuk nepuk atau memukulnya dengan menggunakan alat pemukul daging yang kini banyak tersedia di pasaran. Jika tidak ada, anda bisa menggunakan garpu untuk menusuknusukkannya di daging. Lakukan cara ini pada seluruh bagian daging sehingga daging akan menjadi empuk dan bumbu juga menjadi lebih mudah untuk merasuk ke dalam daging yang nantinya akan dimasak.

 

4. Membumbui Daging

Apabila anda ingin mendapatkan daging dengan rasa yang meresap, anda bisa membumbui daging dengan bumbu sederhana sebelum dimasak. Misalnya saja dengan bahan bahan seperti bawang putih, ketumbar, lada, dan garam. Haluskan bahan tersebut dan balurkan pada tenderloin, lalu biarkan atau resting sejenak sebelum dimasak.

Setelah dirasa daging sudah cukup di resting, maka selanjutnya anda bisa langsung memasaknya dengan bumbu bumbu sesuai selera dan keinginan anda. cara memasaknya pun bisa sesuai selera, bisa ditumis, digoreng, pan sheared, oven, grill, atau cara lainnya. Anda juga bisa menentukan sendiri tingkat kematangannya mulai dari matang hingga setengah matang.

 

Itulah tips dan trik mengolah daging sapi bagian tenderloin atau bagian has dalam sapi. Mungkin, ini merupakan salah satu bagian daging sapi yang paling mudah diolah sehingga anda bisa menjadikannya pilihan dalam menu sehari hari.

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...