Loading...
iden

Cara Memasak Daging Has Dalam (Tenderloin) Yang Terkenal Empuk dan Lezat

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini mungkin akan sangat disukai dan ditunggu karena akan membahas mengenai tenderloin atau daging has dalam sapi. Daging jenis ini letaknya di bawah bagian rusuk dan tulang belakang yang memang jarang aktif bergerak dan digunakan oleh sapi. Karena itulah, daging ini sangat empuk, memiliki rasa lezat dan juicy.

Meskipun tergolong mudah sekali diolah, ada beberapa trik yang bisa anda gunakan agar kelezatan daging has dapat dinikmati secara maksimal.

 

1. Usahakan Membeli Daging Has Dalam dengan label ‘prime’ atau ‘choice’

Apabila anda memang menginginkan daging dengan kualitas nomor satu, anda bisa membeli tenderloin dengan label ‘choice’ atau ‘prime’. Biasanya daging ini memang merupakan daging pilihan, dengan tingkat kesegaran dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Kemudian, anda juga harus menentukan ingin membeli daging yang sudah dikupas atau tidak. Daging has yang sudah dikupas maksudnya adalah sudah dibersihkan dari lemak yang menempel namun masih memiliki kulit keperakan. Kulit keperakan ini biasanya akan membuat daging has agak sedikit alot.

 

2. Bersihkan Daging Has Dalam Dengan Benar

Tips dan trik mengolah daging has ini selanjutnya adalah dengan membersihkannya. Apabila anda tak ingin repot, maka anda bisa memilih daging sapi yang sudah dikupas sehingga anda tak perlu membersihkannya lagi. Namun, apabila daging seperti ini tak tersedia, anda bisa membeli tenderloin biasa. Kemudian hilangkan bagian selaput yang menutupi sisi daging karena biasanya bagian ini terasa alot. Setelah selesai membersihkan daging has, anda bisa memasukkannya ke dalam freezer untuk dibekukan, atau dicuci dengan air jika ingin langsung diolah.

 

3. Menepuk atau Memukul Mukul Daging Has Dalam sebelum diolah

Ada satu lagi tips dan trik mengolah daging has agar lebih empuk dan bumbu bisa meresap dengan baik. Setelah dibaluri bumbu,, anda bisa menepuk nepuk atau memukulnya dengan menggunakan alat pemukul daging yang kini banyak tersedia di pasaran. Jika tidak ada, anda bisa menggunakan garpu untuk menusuk-nusuknya. Lakukan pada seluruh bagian daging has sehingga daging akan menjadi lebih empuk dan bumbu juga menjadi lebih mudah untuk meresapke dalam daging yang nantinya akan dimasak.

 

4. Tips Membumbui Daging Has Dalam

Jika bingung mau diolah menjadi masakan apa, daging has tetap lezat walaupun hanya menggunakan bumbu sederhana. Misalnya saja dengan bawang putih, ketumbar, lada, dan garam. Haluskan bahan tersebut dan balurkan pada tenderloin, lalu biarkan atau resting sejenak sebelum dimasak.

Setelah dirasa daging sudah cukup di resting, maka selanjutnya anda bisa langsung memasaknya dengan bumbu bumbu sesuai selera dan keinginan anda. cara memasaknya pun bisa sesuai selera, bisa ditumis, digoreng, pan sheared, oven, grill, atau cara lainnya. Anda juga bisa menentukan sendiri tingkat kematangannya mulai dari matang hingga setengah matang.

Itulah tips dan trik mengolah daging has dalam (tenderloin), jenis daging sapi yang paling mudah diolah menjadi masakan apa saja.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Ir. Pius P. Ketaren, M.Sgr.Sc, PhD., Pakar Unggas Yang Tetap Setia Membimbing Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Sebelum diangkat sebagai Peneliti di Balai Penelitian Ternak pada tahun 1977, yang bersangkutan bekerja sebagai pegawai Kartika Poultry Farm di Ciawi pada tahun 1970-1973, sebagai pegawai P.T Hidon Poultry Breeding Farm di Bogor dari tahun 1974-1977. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.