Loading...
iden

Biar Tahan Lama, Begini Cara Merawat Jaket Kulit Sapi

Pepatah Jawa mengatakan, ‘ajining diri gumantung saka ing lathi, ajining raga gumantung saka busana’ (harga diri seseorang tergantung pada lisannya, berharganya raga seseorang bergantung pada busana atau pakaian). Dalam bahasa Indonesia pun orang mengenal ungkapan jika apa yang dikenakan mencerminkan pemakainya. 

Ungkapan ini memang tak salah, mengingat penampilan adalah hal yang dilihat pertama saat bersua dengan orang lain, meski penilaian tidak cukup dengan melihat apa yang dikenakan atau bahasa kerennya don’t judge by the cover. Mengingat hal itu, menjaga busana kesayangan menjadi hal yang sangat penting, agar sewaktu-waktu dikenakan tetap dalam kondisi kece.

Nah, bagi Anda para penggemar fashion berbahan kulit sapi, pastinya harus pandai-pandai menjaganya ya, karena materialnya yang terbuat dari bahan alami. Agar tak salah langkah dan biar tahan lama, berikut adalah beberapa cara merawat jaket dari kulit sapi.

Kulit sapi merupakan salah satu bahan fashion yang banyak digemari baik pria maupun wanita. Produk fashion berbahan kulit sapi umumnya berupa jaket, tas, dompet atau juga sepatu. Namun, dari berbagai jenis produk itu, jaket merupakan yang paling banyak diminati dan dimiliki kebanyakan orang.

Hal ini mengingat fungsinya yang tak saja menunjang penampilan supaya keren, melainkan juga berfungsi menghangatkan dan melindungi dibandingkan jaket berbahan lainnya.

Harga mahal tak menjadi soal, asal bisa tampil modis. Sayangnya tak semua orang memahami, jika jaket kulit sapi semakin mahal harganya, maka semakin ekstra pula untuk merawatnya. Padahal, kalau mau jeli, perawatan jaket kulit sapi tak harus melulu mengeluarkan banyak uang.

Hal yang diperlukan untuk merawat jaket kulit sapi adalah ketelatenan saja. Langkah mudah, tetapi kadang membuat banyak pengguna jaket kulit sapi abai adalah mengikuti petunjuk pemakaian. Produk-produk premium, termasuk jaket kulit sapi asli, umumnya akan dilengkapi dengan petunjuk pemakaian, termasuk pencucian dari produsennya. Ikuti saja petunjuk tersebut agar jaket kesayangan juga awet.

Soal pencucian, pastikan untuk mencuci jaket kulit sapi dengan tangan saja dan bukan mesin cuci. Dengan mencuci menggunakan tangan, Anda bisa lebih berhati-hati dalam menguceknya, terlebih mengingat bahan jaket merupakan kulit hewan, yang sebenarnya sensitif.

Tidak hanya metode pencucian yang perlu diperhatikan, agar jaket kulit sapi kesayangan Anda tetap awet, pastikan mencuci dengan bahan sabun yang lembut. Menggunakan sabun bayi akan lebih baik untuk menghilangkan nodanya daripada menggunkan deterjen berbahan kimia keras. Penggunaan pemutih pakaian sangat tak disarankan.

Saat mengeringkan jaket kulit sapi jangan pernah dijemur di bawah terik matahari secara langsung, karena cara itu justru akan memincu kerusakan. Cukup gantung jaket dan angin-anginkan saja. Jika ingin meniriskan air di jaket yang basah, bisa menggunakan hair dryer agar cepat kering. Namun, pastikan untuk menggunakannya dengan mode panas rendah agar tidak terjadi kerusakan pada permukaan kulit.

Tak kalah penting dari mencuci, merawat jaket kulit sapi juga bisa dilakukan dengan mengolesnya dengan berbagai bahan yang mudah dijumpai di sekitar kita, agar tetap mengkilat. Beberapa bahan tersebut diantaranya, minyak zaitun atau lotion atau juga baby oil. Oles saja tipis bahan tersebut kemudian lap dengan kain kering agar permukaan jaket tetap lembab.

Untuk menghilangkan jamur, gunakan saja spirtus. Caranya, basahi kain lembut dengan spirtus dan usap pada bagian berjamur hingga jamurnya terangkat. Usai jamur hilang, usap kembali permukaan yang sama dengan kain yang kering. Perlu dicatat untuk sedikit saja menggunakan spirtus agar permukaan kulit jaket sapi tidak kering.

Demikian beberapa cara agar merawat jaket kulit biar tahan lama. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Muhammad Sholeh, Tukang Tambal Ban yang Menjadi Contoh Pengusaha Sukses Di Bidang Peternakan Sapi

Tidak ada yang bisa menebak nasib seseorang. Tak ada pula yang bisa menentukan secara pasti rejeki seseorang. Namun, satu hal yang pasti kerja keras adalah resep mujarab untuk menjadi contoh pengusaha sukses. Hal ini pun telah pula dibuktikan oleh Muhammad Sholeh. Pria paruh baya yang dulu berprofesi sebagai tukang tambal ban itu, kini menjelma menjadi peternak sapi sukses Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.