Loading...
iden

Bisakah Susu UHT menggantikan ASI / Susu Formula?

Susu UHT merupakan salah satu jenis susu yang sangat terkenal di Indonesia. susu ini memiliki proses yang berbeda dengan susu lainnya dan justru inilah yang terkadang membuat orang khawatir tentang nutrisi yang dikandung oleh susu UHT. Bahkan ada beberapa pihak yan memiliki asumsi keliru tentang kualitas susu UHT yang dibandingkan dengan susu segar.

Berikut ini adalah beberapa asumsi tersebut.

 

1. Susu UHT tak efektif untuk mengatasi osteoporosis

Banyak orang memiliki anggapan bahwa susu segar lebih baik dan efektif dalam mencegah penyakit osteoporosis. Memang belum ada bukti ilmiah untuk mendukung opini ini. faktanya, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa susu yang baik adalah susu yang sudah melewati proses bernama UHT ini atau melalui mesin pasteurisasi.

Namun, ini tak mengubah tingkat sirkulasi kalsium dan penyerapan di susu. Hal tersebut sudah dibuktikan melalui sebuah eksperimen yang menggunakan tikus. Bahkan, penelitian juga dilakukan pada manusia dengan cara menggunakan ASI. Ini artinya, susu yang dipanaskan dan tak dipanaskan tak memiliki pengaruh dalam retensi dan penyerapan fosfor, kalsium, dan sodium pada bayi premature.

 

2. Kandungan Nutrisi di Susu UHT sudah berubah dengan drastis

Dalam prosesnya, susu UHT menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi. hal inilah yang kemudian membuat banyak orang bertanya tanya, apakah nutrisi yang ada di dalamnya bisa bertahan? Faktanya adalah, proses pemanasan dengan suhu tinggi ini menyebabkan beberapa vitamin turun, namun jumlahnya hanya sedikit yakni kurang dari 20%.

Penurunan ini pun tak merugikan konsumen, terutama untuk mereka yang memiliki pola hidup sehat. Di lain sisi, kehilangan vitamin selama proses pembuatan ini biasanya juga akan digantikan oleh pabrik pembuat susu UHT dengan cara menambahkan beberapa vitamin ke dalam produk susu UHT tersebut.

 

3. Perubahan Proporsi lemak dan protein pada susu

Efek proses yang digunakan dalam membuat susu UHT seringkali dipertanyakan, khususnya untuk kandungan lemak dan protein susu. Faktanya adalah, proses pemanasan serta pasteurisasi di lemak UHT ini akan menciptakan sebuah perubahan baik secara kimia atau fisik. Namun, perubahan ini sifatnya ringan dan proses denaturalisasi tak memberikan pengaruh nilai nutrisi pada susu.

Seperti yang kita tahu bahwa lemak susu memberikan efek yang signifikan pada nutrisi dalam susu karena mengandung banyak vitamin B, D, A dan kalsium. Jangan lupa untuk membaca label pada kemasan agar anda tahu pasti kandungan nutrisi apa saja yang terkandung dalam sebuah produk susu UHT.

Tak ada yang perlu ditakuti dalam mengkonsumsi susu UHT. Namun memang pada bayi, batita dan ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsinya. Yang membuat susu UHT aman untuk dikonsumsi adalah adanya kombinasi antara pemanasan pada suhu ultra tinggi dan proses pasteurisasi, pengemasan di karton Tetra Pack dimana proses pasteurisasi dapat membunuh bakteri dan kemasan tetra pack ini pun dapat melindungi susu dari udara, cahaya, dan beragam kontaminasi berbahaya.

Inilah yang menyebabkan susu UHT dapat disimpan hingga 6 bulan meskipun tidak di dalam kulkas. Namun, selalu ingat untuk mengecek tanggal kadaluwarsanya sebelum anda mengkonsumsi susu UHT. Di lain sisi, susu UHT ini juga tak akan berubah warna dan rasanya sepanjang kemasan belum dibuka. Karena itu, seringkali dianjurkan untuk segera menghabiskan susu setelah kemasannya dibuka.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Ingin Tahu Tentang Kelinci New Zealand? Mari Bertanya Kepada Ir. Yono Cahyanto Raharjo MSc. Agr.

Ir. Yono Cahyanto Raharjo MSc.Agr., PhD, mendapatkan gelar sarjana pertanian (jurusan Teknologi Pangan) pada tahun 1976 dari Institut Pertanian Bogor. Pendidikan S2 (Jurusan Biochemistry and Nutrition) ditempuh pada University New England, Armidale Australia dan mendapatkan gelar Master of Science Agricultural (M.Sc.Agr) lulus pada tahun 1983. Sedangkan pendidikan doktoral (Ph.D) jurusan Animal Science pada Oregon State University lulus pada tahun 1987. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.