TRANSLATE

Bikin Gepuk Daging Sapi Khas Sunda, Jangan Pakai Bagian Has Dalam!

Gepuk adalah makanan khas sunda yang terbuat dari daging sapi,terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan, kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut. Jika akan disajikan goreng gepuk dengan sedikit minyak hingga kecokelatan dan angkat. Gepuk akan lebih enak di santap dengan nasi hangat dan sambal.

Pada dasarnya, gepuk mirip dengan  daging empal, namun teksturnya lebih empuk dan bumbu lebih kaya.Oleh sebab itu  harga gepuk sedikit lebih mahal dari empal. Jika ingin puas makan gepuk yang empuk dan meresap rasanya, bisa anda buat sendiri di rumah. Tidak sulit  kok. Ini tips dan triknya:

1. Memilih Daging

Untuk hasil maksimal, gunakan daging yang memiliki kandungan lemak dan urat yang banyak, yaitu daging sengkel. Karena ketika diungkep tidak akan hancur, namun lemaknya justru meleleh ke dalam daging. Hindari menggunakan daging has dalam, karena sangat mudah hancur.

2. Mengiris Daging

Iris daging sengkel searah serat agar tidak mudah hancur maupun berlawanan dengan arah serat supaya mudah empuk.

3. Bumbu 

Agar lebih enak dan mantap, gunakan bumbu yang sederhana seperti bumbu bacem yang manis dan gurih dan tambahkan lebih banyak racikan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, salam, dan serai.Kemudian rebus daging dalam waktu lama di air atau santan yang sudah dibumbui. Agar daging tidak hancur, perebusan bisa kita lakukan di atas api kecil, baru kemudian bisa digoreng.

.

4. Menggoreng Empal

Supaya daging tetap lembab dan empuk ketika disantap, goreng daging dalam minyak yang agak panas. Sebentar saja, kemudian balik dan angkat. Hasilnya pasti lebih enak daripada jika kita menggorengnya di api sedang dalam waktu lama sehingga daging goreng menjadi kering, karena  empal memang sudah matang sebelumnya saat dimasak dengan bumbu. Jadi proses penggorengan hanya untuk memberi tekstur renyah dan aroma yang sedap.