TRANSLATE

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan tunggangan ada beberapa tips untuk peternak yang harus diperhatikan yaitu:

Pilih jenis sapi jenis sapi yang mudah dijinakkan. Salah satunya adalah sapi peranakan ongole (PO). Berdasarkan pengalamannya bertahun-tahun, ia selalu bisa menjinakkan sapi PO dalam rentang dua hingga tiga hari saja. Selain tenaga kuat, postur sapi PO juga lebih bagus dibandingkan sapi jenis lain. Harga jualnya juga lebih mahal. Berdasarkan pengalamannya bertahun-tahun pelihara sapi , ia selalu bisa menjinakkan sapi PO hanya dalam rentang dua hingga tiga hari saja.

Hal terpenting dalam menjinakkan sapi, yakni cara menagani sapi yaitu  menyayanginya  sebagai sesama mahluk hidup.  Contohnya harus dielus-elus, kemudian sering diajak jalan.

Yang agak repot adalah menangani sapi jenis Brahman Cross. Sapi Brahman cross memiliki sifat yang berbeda dengan kebanyakan sapi lokal seperti jeni PO yang banyak dipelihara peternak lokal di pedesaan.Sapi jenis ini terbiasa hidup secara koloni di negara asalnya. Jika salah dalam penanganan, sapi brahman cross bisa stress bahkan ngamuk hingga loncat dan lari keluar kandang.

Jika sapi sudah terlanjur stress, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah biarkan sapi tersebut tenang terlebih dahulu. Setelah sapi tenang, buka jalur ke dalam kandang dan biarkan 2-3 ekor sapi sapi keluar kandang. Lalu giring sapi yang stress tersebut kedalam jalur yang sudah ada sapinya.

Biasanya sapi akan langsung bergerak menuju ke sapi-sapi lain yang ada dalam jalur. Setelah masuk ke jalur, tutup pintu jalur dan giring sapi secara bersamaan kedalam kandang.

 

Tips Menggiring Sapi Brahman Cross

  1. Cara paling mudah menggiring sapi brahman adalah dalam jumlah lebih dari 1 untuk menghindari sapi stress.
  2. Tempatkan satu orang penggiring didepan sebagai "komandan" yang bertugas mengamankan jalur yang akan dilalui koloni sapi dan satu orang lagi di belakang sebagai penutup..
  3. Usahakan jumlah sapi yang digiring jangan terlalu banyak, maksimal 20 an ekor
  4. Giring dan  jalan secara normal, tidak perlu sambil berlari. Tujuannya agar sapi tidak stress dan tidak mengalami susut yang terlalu banyak.

 

Cara Mengatasi Sapi Brahman Cross Yang Sulit Dikeluarkan Dari Kandang

  • Pertama, kedalam kandang yang berisi sapi yang tidak mau keluar, masukkan beberapa ekor sapi lain. Kemudian giring keluar secara bersamaan. Jika sapi tidak mau keluar juga bahkan cenderung menyerang petugas yang menggiringny maka gunakan cara kedua.
  • Kedua, ambil terpal dengan panjang sekitar 3 - 4 meter, pegang ujungnya oleh dua orang dengan posisi diberdirikan sehingga seolah-olah seperti tembok. Gunakan tembok terpal ini untuk menggiring sapi secara perlahan-lahan. Umumnya cara ini sering berhasil karena dengan menggunakan terpal yang lebar maka sapi akan menganggap bahwa ada tembok didepannya sehingga dia akan mencari jalan lain dan tentunya yang dituju adalah jalan keluar kandang.

Kunci utama mengeluarkan sapi stress dari kandang adalah tidak boleh dikasari dan harus dengan cara natural tidak menggunakan pemukul maupun alat-alat yang bisa menyakiti ternak. Semakin disakiti dan dikasari sapi brahman cross yang stress akan semakin stress dan semakin sulit diatasi.

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Se'i, Kuliner Daging Sapi Yang Kini Banyak Dicari

Daging Se'i adalah nama kuliner yang saat ini sedang 'booming'. Istilah Se'i berasal dari bahasa Rote yang berarti daging yang diiris tipis memanjang. Pada jaman dahulu se'i dibuat dari daging rusa, karena rusa semakin langka dan dilindungi maka diganti dengan daging sapi atau daging babi. Namun bagi anda yang muslim, tak perlu khawatir karena rata-rata penjual daging se'i yang ada sekarang, memakai daging yang halal seperti sapi atau ayam. Baca selengkapnya...
  • 77

    Sedia Daging Slice Sapi Untuk BBQ Di Trusmi Plered, Cirebon

    Sukiyaki, Teriyaki, Yakiniku, Shabu-shabu dll. Kami juga menyediakan berbagai macam daging sapi kualitas super. Siap isi Rumah makan, bbq deliveri dll. Produksi Sendiri. Kemasan Styrofoam 250gr, 500gr. Bersih, Premium, Higienis dan Frozen Food. 100% Halal. Keunggulan Produk Kami? "Sehat, Aman, Halal, Utuh dan Toyiban " (SAHUT): SEHAT : Daging memiliki zat-zat yang dibutuhkan dan berguna bagi kesehatan pertumbuhan tubuh manusia AMAN : Daging tidak mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik…

MANFAAT SUSU SAPI

Tak Hanya Menguatkan Tulang, Banyak Manfaat Susu Sapi Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, banyak sekali manfaat susu sapi yang tak kalah penting dari kalsium. Di semua seluruh negara maju, manfaat susu sapi yang utama adalah sebagai sumber kekuatan kesehatan tubuh. Baca selengkapnya...
  • 94

    Stok Ready Susu Kambing & Susu Sapi

    Kamis sampai Selasa Susu Kambing: 2L Rp. 65.000 (Paket Hemat) 1L Rp. 35.000 ½L Rp. 18.000 Susu Sapi 1L Rp. 12.000 ½L Rp. 7.000 1 Porsi Rp. 5.000 (matang) Yuk buruan DiOrder ! ! ! Bisa COD, Gratis ongkir, sampai rumah juga Bisa

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Memiliki Banyak Keunggulan, Sapi Pesisir Layak Dikembangkan

Bangsa sapi lokal terbukti memiliki beberapa keunggulan antara lain: mudah beradaptasi dengan lingkungan tropis, memiliki sifat resistensi cukup baik terhadap penyakit daerah tropis, dan memiliki kemampuan beradaptasi pada kondisi ketersediaan pakan (hijauan) yang terbatas dan bergizi rendah. Selain itu, sapi lokal juga berperan penting dalam sisitem usaha tani di perdesaan dan telah dipelihara peternak dalam waktu yang lama. Salah satunya adalah Sapi Pesisir, sapi asli yang berkembang di… Baca selengkapnya...