TRANSLATE

Bagaimana Menghitung, Membagikan serta Cara Menyimpan Daging Kurban Di Dalam Kulkas

Setiap 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan Hari Raya Idul Adha. Pada hari itu, kaum muslimin disunnahkan untuk berkurban dengan menyembelih hewan, seperti sapi atau kambing/domba. Namun ada syaratnya, telah cukup umur. Namun ada hal lain yang cukup penting untuk diperhatikan panitia kurban yakni menghitung dan membagikan daging kurban agar sesuai dengan jumlah penerima atau mustahik berserta menyimpannya di kulkas.  Bagaimana caranya?

Jika satu ekor sapi dengan berat hidup 350 kg, maka akan didapat berat karkas pada umumnya adalah 50 persen dari berat hidupnya atau sebanyak 125 kg. Adapun berat dagingnya adalah 70 persen dari berat karkas alias 122, 5 kg. Jadi sapi kurban dengan berat hidup 350 kg, akan didapatkan daging  sebanyak 122,5 kg.

Selain daging, ada juga jeroan yang jumlahnya sekitar  10 persen dari berat karkas atau 17,5 kg. Sedangkan untuk kaki sebanyak 4 rata-rata  memiliki berat  4,5 kg. Khusus kepala memiliki berat 4 persen dari berat hidup atau sekitar 14,5 kg. Terakhir adalah ekor, beratnya 0,7 persen dari berat hidup atau 2,45 kg. Jika dijumlahkan dari satu ekor sapi seberat 350 kg, akan didapat total daging plus jeroan sebanyak 161, 45 kg. Jumlah inilah yang bisa dibagikan kepada mustahik.

Perhitungan ini bisa dipergunakan panitia kurban untuk menyesuaikan antara jumlah hewan kurban yang disiapkan dengan jumlah mustahik yang akan mendapatkan daging kurban. Biasanya penerima akan diberikan dalam bentuk kupon untuk mengambilnya.

Terkait dengan daging kurban, sebagian orang ada yang memilih untuk menyimpannya terlebih dahulu di dalam kulkas atau freezer, dan mengolahnya beberapa hari kemudian. Namun perlu di ketahui cara agar daging awet dan tidak bau, antara lain:

1. Jangan dicuci;  karena proses pencucian akan menyebabkan bau tidak sedap di dalam daging akan semakin kuat. Selain itu, air yang meresap ke dalam serat-serat daging akan membuat daging menjadi lebih cepat rusak.

2. Potong-potong daging sesuai penggunaanya nanti; selain menghemat tempat juga mempermudah saat akan mengolah daging untuk dimasak.

3. Simpan daging di dalam wadah yang kedap udara berbahan food grade, agar etap aman.

4. Bekukan daging di suhu minus 18 derajat Celcius yaitu didalam freezer; Agar bakteri di dalam daging tidak akan bereaksi, sehingga daging akan awet secara alami.

5. Jika ingin diolah, daging beku jangan dicairkan di suhu ruangan ; karena daging yang sudah bersentuhan dengan udara luar, akan mulai bereaksi dengan bakteri yang ada di sekitarnya. Cara yang lebih baik adalah dengan memindahkan  daging kurban dari freezer ke rak kulkas khusus menyimpan daging, agar daging mencair dengan sendirinya tanpa kehilangan suhu dinginnya.

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Apa Saja Bumbu Empal Gentong Dan Sebaiknya Menggunakan Jenis Daging Sapi Bagian Mana?

Jalan-jalan ke Cirebon, Jawa Barat, belum komplit jika tidak mencicipi kuliner kebanggaan kota ini, yaitu empal gentong. Daging sapi yang dimasak dalam gentong dengan bumbu menggunakan kayu bakar ini memang menggoda selera. Empal gentong sejatinya bukan masakan asli Cirebon. Menurut penuturan pemandu wisata Ajat Sudrajat kepada Okezone, empal gentong aslinya adalah masakan Timur Tengah yang ada di Cirebon sejak berabad-abad lalu. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Mengkonsumsi Susu Sapi Terbukti Bisa Meredakan Stress Kerja. Buktikan Sendiri!

Semua orang tentunya tahu bukan mengenai susu sapi? Susu sapi merupakan suatu cairan yang bergizi dan berwarna putih. Bahasan kali ini ialah mengenai susu sapi yang ternyata bisa mengatasi stress kerja. Stress kerja adalah sesuatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seorang karyawan (Rivai, 2004:108). Baca selengkapnya...
  • 78

    Jual Susu Sapi Murni Ready Setiap Hari

    Langsung dari Koperasi susu SUKA MAKMUR, Grati, Pasuruan. Asli tanpa campuran air dan tambahan apapun Harga: 16ribu/liter (mentah) Pembelian 10Liter harga reseller Yang kemasan botol siap minum juga ada 6ribu/botol (250ml), pembelian Minimum 4botol Free ongkir GKB, randu agung, pongangan dan cerme

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Jenis Sapi Potong Unggulan yang Banyak di Ternak

Sapi potong – Jenis daging yang sampai saat ini masih dipatok harga cukup tinggi adalah daging sapi. Daging sapi tidak hanya lezat, namun juga penuh gizi. Mengonsumsi daging sapi sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebab daging sapi sebagai sumber protein dan besi. Baca selengkapnya...