Cara Mudah Mengolah Susu Sapi Menjadi Keju Terbaik Jenis Mozzarella

Jika anda penggemar keju atau penggemar makanan barat, pasti sudah tak asing lagi dengan keju terbaik, termasuk jenis Mozzarela. Keju ini berasal dari Italia yang biasanya digunakan sebagai topping untuk berbagai menu seperti topping pizza, baked rice, lasagna, macaroni shcootel, dan lain sebagainya. Secara harfiah, Mozzarella memiliki arti memotong,  berasal dari bahasa Italia yakni mozzare. Kini, keju mozzarella dengan mudah di berbagai tempat. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Membuat keju mozzarella ternyata tak sulit. Walaupun membutuhkan beberapa bahan yang agak jarang ditemui seperti rennet dan asam sitrat. Tapi tidak perlu khawatir, di toko penyedia bahan kue biasanya tersedia.

Mengapa anda harus mencoba membuatnya sendiri? Keju terbaik jenis mozzarella ternyata harganya cukup mahal. Padahal cara membuatnya tergolong mudah. Simak caranya dibawah ini:

 

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat 500 gram keju mozzarella adalah sebagai berikut:

  • 5 liter susu sapi pasteurisasi
  • 10 gram asam sitrat
  • ¼ tablet rennet
  • ½ gelas air
  • 10 gram garam

 

Susu pasteurisasi adalah susu murni atau susu segar yang kemudian dipanaskan pada suhu sekitar 70 – 75 derajat celcius dimana cara ini berguna untuk mematikan bakteri bakteri pathogen yang ada di dalam susu.

Kemudian, yang dimaksud dengan rennet adalah sebuah enzim yang memiliki fungsi untuk mengikat zat zat pada di susu sehingga bisa menjadi satu dan terpisah dari laktoserumnya atau whey.

 

Langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, masukkan susu pasteurisasi ke dalam panci besar dan hangatkan hingga mencapai suhu sekitar 30 derajat celcius.
  2. Kemudian, larutkan bubuk asam sitrat dengan ¼ gelas air bersih, lalu tuangkan ke dalam susu tersebut.
  3. Aduk merata selama 5 menit lamanya.
  4. Di tempat terpisah, larutkan rennet dengan ¼ gelas air dan campurkan secara merata pada susu. Proses penggumpalan atau koagulasi akan terjadi di tahap ini.
  5. Tutup panci dan tunggu selama sekitar 10 menit sampai dengan susu menggumpal.
  6. Potong potong susu yang telah menggumpal di dalam panci tersebut hingga berbentuk kubus
  7. Jangan lupa untuk menggunakan saringan guna memisahkan gumpalan susu dan air dadihnya.
  8. Lalu, masukkan gumpalan susu dengan sedikit saja sisa dari air dadihnya ke dalam wadah yang tahan panas. kemudian, taburi dengan garam dan panaskan sebentar saja di atas kompor sembari diuleni.
  9. Langkah terakhir dalam membuat keju mozzarella ini adalah pemelaran atau pengulenan. Anda bisa menggunakan 2 buah spatula, uleni gumpalan susu tersebut hingga kalis, kenyal, serta mencapai tingkat elastisitas yang diinginkan.
  10. Kemudian, pindahkan ke dalam wadah kering dan bersih.
  11. Keju mozzarella buatan sendiri siap digunakan untuk berbagai menu masakan.

 

Selamat mencoba, dan nikmati keju terbaik buatan anda sendiri.

Sejarah Sapi Belgian Blue yang Jadi Harapan Swasembada Daging

Sejarah Sapi Belgian Blue tak jauh berbeda dari kisah pembiakan wagyu, sapi yang sangat terkenal dari Jepang. Bedanya, jika wagyu tenar berkat kandungan lemak putih atau marblingnya, maka Sapi Belgia ternar berkat otot menonjol bak binaragawan. Baca selengkapnya...

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan… Baca selengkapnya...

Sapi Belgian Blue Harganya Berapa?

Sejak beberapa tahun lalu pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya mengembangbiakkan sapi berjenis belgian blue. Sapi satu ini disebut-sebut termasuk jenis sapi unggul dengan harga jual yang tinggi. Sapi belgian blue merupakan sapi yang berasal dari Belgia Tengah, Belgia. Sapi Belgia adalah hasil proses panjang kawin silang dan “selective breeding” selama hampir 200 tahun dari pengembangan hasil “cross breeding” sapi Durham Shorthorn dari Inggris dan Friesian… Baca selengkapnya...

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya. Baca selengkapnya...