Cara Mudah Mengolah Susu Sapi Menjadi Keju Terbaik Jenis Mozzarella

Jika anda penggemar keju atau penggemar makanan barat, pasti sudah tak asing lagi dengan keju terbaik, termasuk jenis Mozzarela. Keju ini berasal dari Italia yang biasanya digunakan sebagai topping untuk berbagai menu seperti topping pizza, baked rice, lasagna, macaroni shcootel, dan lain sebagainya.

Secara harfiah, Mozzarella memiliki arti memotong,  berasal dari bahasa Italia yakni mozzare. Kini, keju mozzarella dengan mudah di berbagai tempat. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Membuat keju mozzarella ternyata tak sulit. Walaupun membutuhkan beberapa bahan yang agak jarang ditemui seperti rennet dan asam sitrat. Tapi tidak perlu khawatir, di toko penyedia bahan kue biasanya tersedia.

Mengapa anda harus mencoba membuatnya sendiri? Keju terbaik jenis mozzarella ternyata harganya cukup mahal. Padahal cara membuatnya tergolong mudah. Simak caranya dibawah ini:

 

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat 500 gram keju mozzarella adalah sebagai berikut:

  • 5 liter susu sapi pasteurisasi
  • 10 gram asam sitrat
  • ¼ tablet rennet
  • ½ gelas air
  • 10 gram garam

 

Susu pasteurisasi adalah susu murni atau susu segar yang kemudian dipanaskan pada suhu sekitar 70 – 75 derajat celcius dimana cara ini berguna untuk mematikan bakteri bakteri pathogen yang ada di dalam susu.

Kemudian, yang dimaksud dengan rennet adalah sebuah enzim yang memiliki fungsi untuk mengikat zat zat pada di susu sehingga bisa menjadi satu dan terpisah dari laktoserumnya atau whey.

 

Langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, masukkan susu pasteurisasi ke dalam panci besar dan hangatkan hingga mencapai suhu sekitar 30 derajat celcius.
  2. Kemudian, larutkan bubuk asam sitrat dengan ¼ gelas air bersih, lalu tuangkan ke dalam susu tersebut.
  3. Aduk merata selama 5 menit lamanya.
  4. Di tempat terpisah, larutkan rennet dengan ¼ gelas air dan campurkan secara merata pada susu. Proses penggumpalan atau koagulasi akan terjadi di tahap ini.
  5. Tutup panci dan tunggu selama sekitar 10 menit sampai dengan susu menggumpal.
  6. Potong potong susu yang telah menggumpal di dalam panci tersebut hingga berbentuk kubus
  7. Jangan lupa untuk menggunakan saringan guna memisahkan gumpalan susu dan air dadihnya.
  8. Lalu, masukkan gumpalan susu dengan sedikit saja sisa dari air dadihnya ke dalam wadah yang tahan panas. kemudian, taburi dengan garam dan panaskan sebentar saja di atas kompor sembari diuleni.
  9. Langkah terakhir dalam membuat keju mozzarella ini adalah pemelaran atau pengulenan. Anda bisa menggunakan 2 buah spatula, uleni gumpalan susu tersebut hingga kalis, kenyal, serta mencapai tingkat elastisitas yang diinginkan.
  10. Kemudian, pindahkan ke dalam wadah kering dan bersih.
  11. Keju mozzarella buatan sendiri siap digunakan untuk berbagai menu masakan.

 

Selamat mencoba, dan nikmati keju terbaik buatan anda sendiri.

Di tag dibawah

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

  • Kualitas Pakan Yang Diberikan, Menentukan Harga Pedet Jawa Ketika Dijual Kualitas Pakan Yang Diberikan, Menentukan Harga Pedet Jawa Ketika Dijual
    Pemberian makan dan minum pada anak sapi jawa adalah sesuatu yang sangat krusial. Salah memberi pakan, akan membuat pertumbuhannya terhambat, risiko kematian dan menurunnya harga pedet jawa ketika dijual. Untuk itulah, sejak pedet lahir di hari pertama manajemen pemberian pakan dan minum harus dipersiapkan dengan baik.
    Read more...
  • Tentang BALITNAK, Lembaga Riset Bidang Peternakan di Indonesia Tentang BALITNAK, Lembaga Riset Bidang Peternakan di Indonesia
    Balai Penelitian Peternakan atau biasa disingkat sebagai Balitnak, adalah sebuah lembaga riset yang bertugas untuk  mencari dan meningkatkan manfaat dari sumberdaya peternakan, menghasilkan dan mendiseminasi  inovasi teknologi, membangun jaringan kerjasama dan pertukaran informasi teknologi, serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, sarana dan prasarana penunjang kegiatan penelitian peternakan.
    Read more...

Produk

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh