Cara Tepat Mengolah Daging Sapi agar Rendah Kolesterol

Bagi anda yang memiliki permasalahan kadar kolesterol tinggi, mungkin banyak yang sudah membatasi konsumsi makanan tertentu, termasuk daging merah seperti daging sapi. Tips dan trik mengolah daging sapi juga penting agar daging sapi yang dimasak tak akan terlalu banyak mengandung kolesterol sehingga tetap aman dikonsumsi.

Lemak jenuh yang terdapat dapat daging merah memang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan daging lainnya. Namun demikian tidak berarti bahwa anda tak boleh sama sekali mengkonsumsinya, karena daging merah mengandung banyak zat gizi dan nutrisi. Dibawah ini ada beberapa tips dan trik mengolah daging sapi untuk kadar kolesterol anda.

 

 

Memilih Daging Sapi

Tahapan mengolah daging sapi ini dimulai dari cara memilih daging sapi. Agar kolesterol yang dikandung oleh daging sapi tak terlalu banyak, disarankan memilih daging sapi dengan kandungan lemak yang paling sedikit. Misalnya bagian potongan pinggang atau sirloin atau anda bisa juga memilih tenderloin (daging has dalam). Bagian daging sapi inilah yang memiliki kandungan lemak paling sedikit dan enaknya lagi adalah daging tersebut memiliki tekstur yang empuk dan lezat untuk dimakan.Apabila terlihat ada beberapa bagian lemak, hilangkan bagian bagian tersebut.

 

 

Cara Mengolah yang Tepat

Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali cara untuk memasak daging sapi; baik itu dibakar, digoreng, direbus, sous vide, dan lain sebagainya., manakah cara yang paling direkomendasikan agar daging sapi tetap aman untuk anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi? Ternyata, menggoreng merupakan cara yang sangat tidak disarankan. Sebagai gantinya, akan lebih baik apabila anda memasak daging sapi dengan cara dibakar seperti misalnya dengan mengolah daging sapi menjadi steak atau hamburger. Namun, apabila memang anda tetap ingin menggunakan cara digoreng, gunakan minyak dengan kandungan lemak tak jenuh seperti minyak kanola atau minyak zaitun.

 

 

Teknik Pembakaran yang Tepat

Jika anda memang ingin membakar daging sapi, gunakan semacam rak yang dapat membantu mengalirkan minyak dari dalam daging. Apabila khawatir daging menjadi kering atau keras dengan cara ini, anda bisa mengoleskan bumbu yang anda sukai atau mungkin jus buah di permukaan daging sapi tersebut. Trik tersebut selain bisa membantu melembutkan daging sapi juag menambah citarasa nikmat.

 

Apabila daging diolah dengan cara direbus, selain mematangkan daging anda juga akan mendapatkan kaldu. Kaldu tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan memasak. Namun harus dilakukan perlakuan khususm yaitu menyingkirkan lemaknya. Caranya, tunggu beberapa saat agar suhunya menurun, setelah dingin letakkan kaldu tersebut didalam kulkas. Simpan satu malam, kemudian buang lemak yang membeku diatasnya. Air yang ada dibawahnya itulah yang digunakan untuk memasak. 

Di tag dibawah

Artikel terkait

Tokoh

Artikel Paling Populer

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...