Cara untuk Mengolah Iga Sapi agar Nikmat dan Empuk Sempurna

Apabila ditanya mengenai tips dan trik mengolah daging sapi, maka jawabannya sangat beragam tergantung dengan bagian daging sapi mana yang ingin diolah. Nah, salah satu bagian yang paling banyak diolah dan menjadi favorit banyak orang tentu adalah iga sapi.

Bagian tulang dengan daging ini enak sekali dibuat beraneka menu masakan terutama yang berkuah karena dapat menciptakan kaldu yang nikmat. Lalu, bagaimana agar daging iga sapi bisa empuk dan lezat ketika diolah? Ini dia tipsnya.

 

1. Memilih Iga dengan Jenis yang Tepat

Pertama tama, pilihlah jenis iga yang tepat. Apabila anda ingin mendapatkan iga berkualitas tinggi, maka anda bisa memilih bagian beef back rib atau iga yang diambil dari bagian atas atau bagian punggung hewan. Bagian iga ini biasanya memiliki daging lebih banyak dan tulang yang besar. Iga bagian ini juga sangat empuk sehingga cocok untuk dipanggang atau dibakar langsung tanpa harus dimasak dulu. Tips dan trik mengolah daging sapi bagian iga selanjutnya adalah untuk masakan berupa sup. Apabila anda ingin memasak sup iga, maka akan lebih baik apabila anda memilih iga jenis short rib atau spare rib. Iga jenis ini memiliki tulang yang lebih banyak dibandingkan dagingya yang pastinya akan menghasilkan kaldu atau kuah yang lebih lezat.

 

2. Mempersiapkan Iga sebelum dimasak

Selanjutnya merupakan tahap persiapan yang juga bergantung pada jenis pemasakan apa yang ingin anda lakukan. Untuk iga panggang atau bakar anda bisa melumuri dan meremas remas semua bagian iga dengan daun pepaya atau nanas. Mengapa? Ternyata, dua bahan tersebut dapat membantu proses pengempukan daging. Namun, apabila anda kesulitan mencari dua bahan tersbeut, kini sudah mulai banyak ditemukan bahan pengempuk daging di pasaran atau sering juga disebut dengan nama meat tendenizer. Contohnya seperti bubuk papain, dan lain sebagainya. anda bisa menggunakan bahan ini untuk mempercepat proses pengempukan daging.

 

3. Tips dan Trik Khusus untuk Panggang atau Bakar

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk bagian iga selanjutnya adalah dengan merendam daging atau marinasi selama kurang lebih 3 jam lamanya. Tips ini sangat cocok apabila iga nantinya akan dibakar atau dipanggang. Cara ini akan membuat bumbu meresap dengan sempurna. Caranya adalah dengan melumuri seluruh bagian iga sapi dengan bumbu dan masukkan ke dalam kulkas. Apabila anda malas menunggu selama 3 jam, anda bisa menggunakan cara lain dengan cara mengungkep iga dengan menggunakan kompor hingga empuk dan bumbu meresap. Barulah setela itu daging atau iga siap untuk dibakar atau dipanggang.

 

4. Rahasia untuk Membuat Sup

Apakah anda senang membuat sup iga? Jika iya anda harus menyimak tips dan trik mengolah daging sapi bagian iga untuk sup berikut ini. Agar kuah atau kaldu bisa jernih, anda bisa memasukkan daging iga yang sudah diblansir sebelumnya dalam air mendidih. Lalu, rebus dengan menggunakan api kecil dan jangan lupa untuk membuang semua lemak, busa, dan kotoran yang mengapung ke permukaan kuah. Untuk mengambilnya anda bisa menggunakan sendok atau saringan halus agar lebih cepat dan tepat.

 

Dengan mengikuti tips dan trik mengolah daging sapi bagian iga diatas, maka anda bisa menghasilkan masakan dari iga sapi yang nikmat baik itu dipanggang, dibakar, atau bahkan dibuat sup hangat yang enak.

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...