Tips dan Trik Memasak Sop Iga Bening Yang Empuk dan Lezat

Apabila ditanya mengenai tips dan trik mengolah daging sapi, maka jawabannya sangat beragam tergantung dengan bagian daging sapi mana yang ingin diolah. Nah, salah satu bagian yang paling banyak diolah dan menjadi favorit banyak orang tentu adalah bagian iga, yang dimasak sebagai Sop Iga Bening.

Bagian tulang dengan daging ini enak sekali dibuat beraneka menu masakan terutama yang berkuah, seperti Sop Iga Bening, karena dapat menghasilkan kaldu yang nikmat. Lalu, bagaimana agar daging iga sapi bisa empuk dan lezat ketika diolah? Ini dia tipsnya.

 

1. Memilih Iga dengan Jenis yang Tepat

Apabila anda ingin mendapatkan iga berkualitas tinggi, maka anda bisa memilih bagian beef back rib atau iga yang diambil dari bagian atas atau bagian punggung hewan. Bagian iga ini biasanya memiliki daging lebih banyak dan tulang yang besar. Iga bagian ini juga sangat empuk sehingga cocok untuk dipanggang atau dibakar langsung tanpa harus dimasak dulu.

Tips dan trik mengolah daging sapi bagian iga selanjutnya adalah untuk masakan berupa sup. Apabila anda ingin memasak Sop Iga Bening, maka akan lebih baik apabila anda memilih iga jenis short rib atau spare rib. Iga jenis ini memiliki tulang yang lebih banyak dibandingkan dagingnya yang pastinya akan menghasilkan kaldu atau kuah yang lebih lezat.

 

2. Mempersiapkan Iga sebelum dimasak

Selanjutnya merupakan tahap persiapan yang juga bergantung pada jenis masakan apa yang ingin anda buat. Untuk iga panggang atau bakar anda bisa melumuri dan meremas remas semua bagian iga dengan daun pepaya atau nanas. Mengapa? Ternyata, dua bahan tersebut dapat membantu proses pengempukan daging.

Namun, apabila anda kesulitan mencari dua bahan tersbeut, kini sudah mulai banyak ditemukan bahan pengempuk daging di pasaran atau sering juga disebut dengan nama meat tendenizer. Contohnya seperti bubuk papain, dan lain sebagainya. anda bisa menggunakan bahan ini untuk mempercepat proses pengempukan daging.

 

3. Tips dan Trik Khusus untuk Panggang atau Bakar

Tips dan trik mengolah daging iga sapi untuk dipanggang atau dibakar, adalah dengan merendam daging atau marinasi selama kurang lebih 3 jam lamanya. Cara ini akan membuat bumbu meresap dengan sempurna. Langkahnya adalah melumuri seluruh bagian iga sapi dengan bumbu dan masukkan ke dalam kulkas minimal 3 jam.

Apabila anda malas menunggu selama 3 jam, anda bisa menggunakan cara lain dengan cara mengungkep iga dengan menggunakan kompor hingga empuk dan bumbu meresap. Barulah setela itu daging atau iga siap untuk dibakar atau dipanggang.

 

4. Rahasia untuk Membuat Sop Iga Bening

Apakah anda senang membuat Sop Iga Bening? Agar kuah atau kaldu bisa jernih, anda bisa memasukkan daging iga yang sudah diblansir sebelumnya dalam air mendidih. Lalu, rebus dengan menggunakan api kecil dan jangan lupa untuk membuang semua lemak, busa, dan kotoran yang mengapung ke permukaan kuah. Untuk mengambilnya anda bisa menggunakan sendok atau saringan halus agar lebih cepat dan tepat.

Dengan mengikuti tips dan trik mengolah daging sapi bagian iga diatas, maka anda bisa menghasilkan masakan dari iga sapi yang nikmat baik itu dipanggang, dibakar, atau bahkan dibuat Sop Iga Bening hangat yang enak.

Di tag dibawah

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

Produk

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...