idarzh-CNenhi

Benarkah Susu Sapi Murni Dapat Membantu Mencegah Osteoporosis Sekunder?

Osteoporosis sekunder adalah jenis pengeroposan tulang akibat kondisi medis dan penggunaan obat-obatan. Contoh kondisi medis kelainan endokrin, gangguan fungsi hati, ginjal, defisiensi vitamin D, gangguan hematologi, kelainan saluran cerna dan berbagai macam obat-obatan. Osteoporosis sekunder juga terjadi pada penderita gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal, contohnya adalah tiroid dan adrenal.

Ada juga kasus osteoporosis sekunder yang terjadi pada beberapa orang yang mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu. Dan telah terbukti, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan kebiasaan merokok dapat memperburuk kondisi tersebut.

Gejala yang dialami oleh penderita osteoporosis bermacam-macam, seperti serangan rasa nyeri secara akut di bagian tertentu pada punggung kemudian juga tulang belakang yang melengkung. Gejala lainnya yang umum terjadi bagian tulang rawan patah, seperti tulang panggul dan tulang lengan, meskipun karena cedera ringan saja.

Susu sapi yang mengandung kalsium sejak jaman dahulu seringkali dikaitkan dengan kesehatan tulang. Orang yang mengalami osteoporosis primer maupun osteporosis sekunder biasanya disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak produk susu sapi murni. Yang dimaksud dengan susu murni adalah jenis susu yang tidak melewati proses pengawetan dan kedalamnya tidak ditambahkan bahan-bahan lain.

Berbicara mengenai susu sapi murni, ada banyak sekali yang bertanya tanya apa bedanya susu sapi murni ini dengan susu sapi yang terjual dipasaran? Dan apa saja manfaat dari susu sapi murni ini? Mari kita cari tahu lebih dalam lagi mengenai susu sapi murni berikut penjelasannya:

 

Susu Sapi Murni Kaya Akan Nutrisi

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam susu sapi murni ini tak hanya kalsium dan protein saja namun juga ada vitamin D, vitamin B, vitamin A dan juga asam amino. Vitamin D dan kalsium memiliki peran untuk meningkatkan kekuatan pada tulang serta gigi. Selain itu kandungan kalsiumnya juga bisa menjaga kesehatan otot sehingga bisa terhindar dari kram, kaku dan osteoporosis.

Kemudian, ada vitamin A dan juga vitamin B yang baik untuk tubuh. Vitamin B-nya yang bisa membantu anda untuk mengolah makanan, mencegah datangnya penyakit anemia, meningkatkan fungsi pada otak. Lalu ada vitamin A yang bisa berperan dalam melindungi kesehatan mata serta kulit.

Tak hanya vitamin-vitamin saja, protein yang terkandung didalam susu sapi murni inipun dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dan mencegah datangnya alergi.

 

Pentingnya Susu Sapi untuk Orang Dewasa

Tahukah anda bahwa osteoporosis atau pengeroposan tulang ialah suatu penyakit yang sering dirasakan oleh orang dewasa atau lanjut usia. Berdasarkan penelitian, osteoporosis baik primer atau osteoporosis sekunder disebabkan karena anda kekurangan asupan kalsium. Agar anda bisa terhindar dari pengeroposan tulang, maka dari itu orang dewasa juga disarankan untuk rajin mengkonsumsi susu sapi. Kandungan kalsium yang terdapat didalamnya dapat membantu merawat kepadatan tulang anda.

Setiap harinya tubuh akan terus menggunakan kalsium dan kalsium bisa hilang jika mengkonsumsi sesuatu yang bersifat asam, karena menyerap kalsium dari tulang dan menetralisirnya. Dengan begitu kita telah kehilangan kalsium. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan asam dalam tubuh dan menyerap kalsium dari tulang, antara lain: ikan, ayam, teh, soda, kopi, gula, telur, keju, garam, dan alkohol.

Semua Tentang Sapi