Benarkah Susu Sapi Murni Dapat Membantu Mencegah Osteoporosis Sekunder?

Osteoporosis sekunder adalah jenis pengeroposan tulang akibat kondisi medis dan penggunaan obat-obatan. Contoh kondisi medis kelainan endokrin, gangguan fungsi hati, ginjal, defisiensi vitamin D, gangguan hematologi, kelainan saluran cerna dan berbagai macam obat-obatan. Osteoporosis sekunder juga terjadi pada penderita gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal, contohnya adalah tiroid dan adrenal.

Ada juga kasus osteoporosis sekunder yang terjadi pada beberapa orang yang mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu. Dan telah terbukti, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan kebiasaan merokok dapat memperburuk kondisi tersebut.

Gejala yang dialami oleh penderita osteoporosis bermacam-macam, seperti serangan rasa nyeri secara akut di bagian tertentu pada punggung kemudian juga tulang belakang yang melengkung. Gejala lainnya yang umum terjadi bagian tulang rawan patah, seperti tulang panggul dan tulang lengan, meskipun karena cedera ringan saja.

Susu sapi yang mengandung kalsium sejak jaman dahulu seringkali dikaitkan dengan kesehatan tulang. Orang yang mengalami osteoporosis primer maupun osteporosis sekunder biasanya disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak produk susu sapi murni. Yang dimaksud dengan susu murni adalah jenis susu yang tidak melewati proses pengawetan dan kedalamnya tidak ditambahkan bahan-bahan lain.

Berbicara mengenai susu sapi murni, ada banyak sekali yang bertanya tanya apa bedanya susu sapi murni ini dengan susu sapi yang terjual dipasaran? Dan apa saja manfaat dari susu sapi murni ini? Mari kita cari tahu lebih dalam lagi mengenai susu sapi murni berikut penjelasannya:

 

Susu Sapi Murni Kaya Akan Nutrisi

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam susu sapi murni ini tak hanya kalsium dan protein saja namun juga ada vitamin D, vitamin B, vitamin A dan juga asam amino. Vitamin D dan kalsium memiliki peran untuk meningkatkan kekuatan pada tulang serta gigi. Selain itu kandungan kalsiumnya juga bisa menjaga kesehatan otot sehingga bisa terhindar dari kram, kaku dan osteoporosis.

Kemudian, ada vitamin A dan juga vitamin B yang baik untuk tubuh. Vitamin B-nya yang bisa membantu anda untuk mengolah makanan, mencegah datangnya penyakit anemia, meningkatkan fungsi pada otak. Lalu ada vitamin A yang bisa berperan dalam melindungi kesehatan mata serta kulit.

Tak hanya vitamin-vitamin saja, protein yang terkandung didalam susu sapi murni inipun dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dan mencegah datangnya alergi.

 

Pentingnya Susu Sapi untuk Orang Dewasa

Tahukah anda bahwa osteoporosis atau pengeroposan tulang ialah suatu penyakit yang sering dirasakan oleh orang dewasa atau lanjut usia. Berdasarkan penelitian, osteoporosis baik primer atau osteoporosis sekunder disebabkan karena anda kekurangan asupan kalsium. Agar anda bisa terhindar dari pengeroposan tulang, maka dari itu orang dewasa juga disarankan untuk rajin mengkonsumsi susu sapi. Kandungan kalsium yang terdapat didalamnya dapat membantu merawat kepadatan tulang anda.

Setiap harinya tubuh akan terus menggunakan kalsium dan kalsium bisa hilang jika mengkonsumsi sesuatu yang bersifat asam, karena menyerap kalsium dari tulang dan menetralisirnya. Dengan begitu kita telah kehilangan kalsium. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan asam dalam tubuh dan menyerap kalsium dari tulang, antara lain: ikan, ayam, teh, soda, kopi, gula, telur, keju, garam, dan alkohol.

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

  • Desain Kandang Sapi Perah Untuk Mempercepat Proses Perkawinan Desain Kandang Sapi Perah Untuk Mempercepat Proses Perkawinan
    Kandang merupakan rumah bagi hewan ternak termasuk sapi, oleh karena itu kandang sapi harus dibuat senyaman mungkin untuk mendukung pertumbuhannya. Kandang yang baik juga harus mempermudah peternak dalam memelihara hewan ternaknya. Dengan membuat kandang sapi, diharapkan binatang ternak Anda tidak berkeliaran ke mana-mana dan kotorannya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.
    Read more...
  • Mengapa Sapi Madura Menjadi Primadona Jual Beli Sapi di Indonesia? Mengapa Sapi Madura Menjadi Primadona Jual Beli Sapi di Indonesia?
    Sapi Madura termasuk komoditas yang sexy untuk mencari untung dari transaksi jual beli sapi. Merupakan salah satu jenis sapi lokal yang multifungsi, sapi jenis ini sangat cocok untuk diternakkan baik sebagai sapi pedaging maupun sapi pekerja yang handal. Sapi Madura merupakan hasil persilangan antara jenis sapi Bali (Bos Sundaicus) dengan jenis sapi Zebu (Bos Indicus), sehingga ciri-ciri dari kedua jenis sapi tersebut masih dapat ditemukan pada ternak sapi Madura ini.
    Read more...

Produk

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh