Loading...
idarzh-CNenhi

Ragam Jenis Berikut Kandungan Susu Sapi Yang Banyak Beredar di Indonesia

Apabila ditanya mengenai seberapa sering anda mengkonsumsi susu, pasti anda menjawab sering. Susu bisa dikatakan sebuah minuman yang bisa dikonsumsi untuk semua usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tentunya masih membutuhkan susu guna memenuhi kebutuhan tubuh agar semua sistem tubuh bisa berjalan dengan normal.

Di samping rasanya yang lezat, susu yang diproduksi oleh hewan ternak ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau oleh banyak kalangan. Mengenai kandungan susu sapi ini tak perlu diragukan lagi. Jika anda belum mengetahui kandungan-kandungan apa saja yang terdapat didalam aneka jenis susu sapi ini maka simak ulasan berikut :

 

1. Susu Murni

Sebelum diolah, umumnya susu ini akan dihidangkan dalam keadaan segar inilah yang disebut dengan susu murni. Kandungan susu yang terdapat didalamnya berupa  31% vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap hari. Selain itu ada 149 kalori, yang terbagi menjadi 7,7 gram protein, 7,9 gram lemak, 11,7 gram karbohidrat dan juga bebas serat. Kemudian ada 8% dan sekitar 276 miligram keperluan vitamin A harian.

 

2. Susu Rendah Lemak

Susu jenis adalah adalah hasil pengolahan dari susu murni. Susu sapi rendah lemak dikonsumsi untuk mencegah meningkatnya kadar lemak yang masuk kedalam tubuh. Di setiap 250mL, terdapat kandungan susu berupa  8.1 gram protein, 11.7 gram karbohidrat serta serat yang tidak didapatkan dari susu murni. Susu sapi rendah lemak juga memberikan sekitar 350 miligram aneka vitamin, dimana  10% diantaranya berupa vitamin A dan 29%  vitamin D harian.

 

3. Susu Coklat

Tak hanya susu rendah lemak saja, susu sapi murni juga bisa diolah menjadi susu rasa coklat. Susu coklat ini merupakan salah satu varian yang sangat disukai oleh kebanyakan orang terutama pada anak-anak karena cita rasanya yang jauh lebih enak dibandingkan dengan susu sapi murni.

Adanya tambahan coklat didalam susu sapi ini meningkatkan kandungan susu berupa kalori hingga 258 kalori/250 ml. Di dalam susu coklat inipun tersimpan sebanyak 2.5 gram lemak, 26.1 karbohidrat, 8.1 gram protein, 24.9 gram gula dan juga 1.3 gram serat. Susu sapi rasa coklat juga mengandung 290 mili gram kalsium, 29% keperluan vitamin D dan 10% vitamin A harian untuk tubuh.

 

4. Susu Skim

Dan olahan susu sapi murni yang terakhir ialah susu skim. Kandungan susu skim ini lemaknya jauh lebih rendah. Kebutuhan akan susu skim dipicu oleh gaya hidup sehat, oleh sebab itu konsumennya adalah orang-orang yang sedang menjalankan program diet lemak.

Jika anda mengkonsumsi sebanyak 250 mL maka kandungan susu didalamnya berupa 83 kalori yang terbagi 0.2 gram lemak, 12.2 gram karbohidrat, dan 8.3 gram protein. Kemudian kalsium sebanyak 299 mili gram, 29% keperluan vitamin D harian serta 10% keperluan vitamin A harian.

Dari susu murni, susu skim, susu rendah lemak dan susu coklat semuanya memiliki kandungan susu yang sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Jadi, susu sapi itu termasuk kedalam minuman yang menyehatkan tubuh.

Artikel Yang Banyak Dicari

Cara Mengolah Daging Sapi Yang Benar Itu Jangan Dicuci Dahulu Jika Tidak Langsung Diolah

Cara mengolah daging sapi memang sangat beragam, mulai dari pemilihan daging sapi, pembersihan daging, hingga bagaimana cara untuk memasak daging sapi yang baik dan benar. Yang mungkin sedikit membingungkan adalah cara membersihkan daging sapi.

Sapi Perah Bunting Harus Minum Air Putih Dengan Jumlah Yang Cukup

Walaupun air yang terkandung dalam hijauan yang dikonsumsi bisa mencapai 80% dari total beratnya, namun belum cukup memenuhi kebutuhan air bagi sapi perah bunting. Oleh karena itu tugas anda sebagai peternak adalah menyediakan pasokan air untuk minum sapi selalu tersedia.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Bangunan Kandang Sapi Perah Tradisional?

Kandang sangat dibutuhkan untuk melindungi sapi perah dari beraneka macam gangguan serta keadaan lingkungan yang kurang menguntungkan. Sebelum memulai beternak, Anda harus mempersiapkan konstruksi bangunan kandang sapi dengan matang. Menurut Williamson dan Payne, kandang sapi perah ada dua jenis, yaitu kandang sapi konvensional dan kandang sapi bebas

Tentang Pakan Ruminansia Untuk Sapi Perah Jantan, Apa Yang Paling Cocok?

Sapi perah jantan memiliki nafsu makan tinggi dan juga tumbuh dengan cepat dan lebih besar, oleh sebab itu jenis pakan ruminansia yang diberikan juga berbeda dengan sapi perah betina

Kudis Adalah Jenis Penyakit Menular Pada Sapi, Ini Obatnya!

Pernahkah Anda melihat sapi yang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kandang seperti sedang menggaruk-garuk bagian tubuh yang gatal? Atau bahkan menggigiti bagian-bagian tertentu pada tubuhnya? Apabila demikian, kemungkinan besar sapi tersebut sedang terserang kudis (scabies), yaitu jenis penyakit kulit menular yang disebabkan oleh hewan tungau.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...