Bagaimana Cara Mengolah Daging Beku Yang Baru Dikeluarkan Dari Lemari Pendingin?

Pada momen momen tertentu pasti banyak dari anda yang memiliki stok daging sapi dalam jumlah yang banyak bukan? Misalnya saja dalam momen seperti Idul Adha dimana hampir semua orang pasti mendapatkan daging.

Nah, untuk momen seperti ini biasanya daging sapi  tak langsung semua diolah dan ada beberapa yang disimpan atau dibekukan dalam freezer. Jika anda juga melakukannya, maka sebaiknya anda tahu pasti tentang tips dan trik cara mengolah daging beku yang baru dikeluarkan dari lemari pendingin.

Mengapa? Ternyata apabila daging beku dilumerkan dengan cara yang salah, dapat merusak kualitasnya. Cara mengolah daging beku memang butuh sedikit kesabaran serta ketelatenan.

Namun percayalah,  tak ada usaha yang mengkhianati hasil. Dengan cara mengolah daging beku seperti dibawah ini, anda akan tetap mendapatkan daging sapi dengan kualitas yang baik.

 

1. Merendam Daging Sapi Beku di Dalam Air Dingin

Cara mengolah daging beku yang  pertama dan umum dilakukan, adalah dengan merendam daging sapi beku ke dalam air dingin. Cara ini memang membutuhkan waktu, namun ada keuntungan dimana daging sapi dapat lumer secara keseluruhan.

Cara ini juga dapat menghindari tumbuhnya bakteri yang bisa muncul karena suhu ruangan. Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya bahwa merendam daging sapi beku di dalam air dingin memang membutuhkan waktu yang lebih lama dan anda pun harus telaten dalam mengawasi setiap prosesnya.

Langkahnya adalah memasukkan daging beku ke dalam kantong yang kedap air. Setelah itu, rendamlah daging dalam kantong ini di dalam air dingin. Ganti air rendaman setiap 30 menit, hingga daging dapat lumer seutuhnya. Metode lain yang bisa anda lakukan adalah meletakkan bungkusan daging beku itu di bawah air yang mengalir.

Mengapa air dingin digunakan dalam trik ini? ternyata, air dingin dapat menjaga suhu rendah dapat terjaga sehingga menghindari tumbuhnya bakteri pathogen. Satu hal lagi yang harus dipastikan adalah kantong daging haruslah benar benar tertutup dengan rapat. Untuk daging dengan berat 500 gram, anda akan membutuhkan waktu pencairan sekitar 1 jam lamanya.

 

 

 

2. Memanaskan Daging Beku dengan Menggunakan Microwave

Apabila tips dan trik diatas tak memungkinkan untuk anda lakukan, anda bisa melakukan cara kedua ini. Cara mengolah daging beku yang kedua ini dilakukan dengan menggunakan bantuan Microwave.

Bisa dibilang bahwa cara ini juga lebih praktis dan cepat untuk membuat daging beku meleleh. Namun, meskipun cara ini cukup praktis, tetap saja ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dengan seksama.

Cara pencairan atau pemanasan daging beku dengan menggunakan Microwave dapat mematangkan sebagian daging. Oleh karena itu, daging ini harus segera diolah atau dimasak sehingga bakteri pathogen tak akan tumbuh.

Sebelum daging sapi dipanaskan dengan menggunakan microwave, pastikan untuk membungkus daging dengan kemasan khusus yang memang dibuat untuk pengolahan menggunakan Microwave.

Yang perlu anda perhatikan dalam tips dan trik mengolah daging sapi beku dengan pemanasan Microwave adalah jangan sekali-sekali menggunakan Styrofoam atau bahan lain yang mudah meleleh. Selain mudah meleleh, bahan ini juga memaparkan zat kimia yang berbahaya untuk tubuh ketika panas.

Di tag dibawah

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

Produk

  • Tips Menjaga Produk Susu agar Senantiasa Segar Tips Menjaga Produk Susu agar Senantiasa Segar
    Banyak dari anda yang mungkin suka dengan susu sapi. Produk peternakan tersebut memang kaya gizi dan menyehatkan. Citasanya pun sangat enak, apalagi di jaman sekarang ini mulai banyak sekali varian rasa yang bisa ditambahkan sehingga rasanya lebih segar. Namun demikian, susu sapi terbaik untuk dikonsumsi tetap susu sapi yang segar.
    Read more...
  • Tips dan Trik Jitu Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tak Berbau Amis Tips dan Trik Jitu Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tak Berbau Amis
    Bagian sapi yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau mungkin di supermarket karena banyak orang yang menggemarinya. Namun, tak banyak yang bisa mengolahnya.  Apabila tak dimasak dengan benar,  olahan lidah sapi cenderung alot (liat) dan keras. Tak hanya itu, terkadang juga timbul bau amis yang kuat.
    Read more...

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh