Loading...
idarzh-CNenhi

Susu Murni Tahan Berapa Hari Di Kulkas?

Pernahkah anda mengalami kejadian susu sapi yang menjadi basi padahal sudah anda simpan ? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan teknik dan cara menyimpan anda. Susu merupakan sebuah produk dari sapi yang sangat bergizi namun, susu sapi memang memiliki sifat yang mudah sekali rusak oleh sebab itu harus benar-benar diperlakukan dengan tepat.

Sesungguhnya, susu murni tahan berapa hari di kulkas? Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan susu sapi murni yang baik dan benar

 

1. Simpan Susu di Dalam Kulkas

Rasanya ini sudah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Apabila anda membeli produk susu sapi dalam jumlah besar dan tak bisa langsung menghabiskannya, jangan lupa untuk menyimpannya di dalam kulkas dengan suhu 2-4 derajat celcius. Selain itu, sangat disarankan untuk tak terlalu sering mengeluarkannya dari dalam kulkas karena ternyata hal ini dapat mempengaruhi citarasa dari susu yang disimpan tersebut.

 

2. Mengkonsumsi susu sapi secepatnya

Pada umumnya susu sapi olahan  yang dijual saat ini sudah mengandung pengawet. Jika tidak pun sudah dikemas sedemikian rupa sehingga tak mudah basi. Namun seringkali tetap saja basi. Daya tahan susu memang hanya 2-3 jam saja di suhu ruang setelah dibuka. Karena itulah, lebih baik anda segera menghabiskan produk susu ketika sudah dibuka (terutama jika anda tak memiliki kulkas untuk menyimpannya).

 

3. Terlebih dahulu memasak susu

Bagi anda yang sering membeli susu sapi segar dalam jumlah banyak sekaligus, akan lebih baik apabila anda memasak susu terlebih dahulu sebelum disimpan. Panaskan susu hingga bagian atasnya mengendap. Setelah itu, tiriskan sejenak, setelah suhunya turun  hangat, simpan dalam wadah yang kedap udara. Akan lebih baik lagi jika disimpan susu di dalam kulkas atau minimal di ruangan sejuk yang terhindar dari sinar matahari secara langsung.

 

 

4. Menyimpan Susu di dalam kemasan botol plastik

Jika tak memiliki wadah kedap udara ada solusinya, yaitu menggunakan botol plastik yang telah disterilkan dengan cara direbus terlebih dahulu. Bagaimana dengan botol kaca? Disarankan untuk tak menggunakan botol kaca karena botol jenis ini akan membuat kandungan asam amino pada susu sapi menjadi lebih mudah rusak.

 

5. Menambahkan Baking Soda pada Produk Susu

Mungkin ini merupakan salah satu tips yang jarang anda dengar bukan? Ternyata, menambahkan sedikit saja baking soda ke dalam susu sapi dipercaya dapat membuat susu sapi menjadi lebih awet. Cara untuk melakukan hal ini adalah dengan cara menuang 1 liter susu sapi ke dalam panci. Kemudian, tambahkan sekitar setengah sendok teh baking soda ke dalam susu dalam panci tersebut. Lalu, panaskan sebentar saja hingga susu menjadi hangat. Baking soda ini ternyata dapat mencegah rusaknya kandungan zat dalam susu dan membuat susu menjadi tak mudah basi.

 

Lima tips menyimpan dan memperlakukan susu sapi diatas sangat mudah untuk dilakukan. Tak ada salahnya untuk mencoba, agar anda tidak lagi bertanya "susu murni tahan berapa hari di kulkas?" Semoga bermanfaat.

Artikel Yang Banyak Dicari

Sapi Perah Bunting Harus Minum Air Putih Dengan Jumlah Yang Cukup

Walaupun air yang terkandung dalam hijauan yang dikonsumsi bisa mencapai 80% dari total beratnya, namun belum cukup memenuhi kebutuhan air bagi sapi perah bunting. Oleh karena itu tugas anda sebagai peternak adalah menyediakan pasokan air untuk minum sapi selalu tersedia.

Harga Sapi Perah Friesian Holstein Terkini

Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Bangunan Kandang Sapi Perah Tradisional?

Kandang sangat dibutuhkan untuk melindungi sapi perah dari beraneka macam gangguan serta keadaan lingkungan yang kurang menguntungkan. Sebelum memulai beternak, Anda harus mempersiapkan konstruksi bangunan kandang sapi dengan matang. Menurut Williamson dan Payne, kandang sapi perah ada dua jenis, yaitu kandang sapi konvensional dan kandang sapi bebas

Kudis Adalah Jenis Penyakit Menular Pada Sapi, Ini Obatnya!

Pernahkah Anda melihat sapi yang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kandang seperti sedang menggaruk-garuk bagian tubuh yang gatal? Atau bahkan menggigiti bagian-bagian tertentu pada tubuhnya? Apabila demikian, kemungkinan besar sapi tersebut sedang terserang kudis (scabies), yaitu jenis penyakit kulit menular yang disebabkan oleh hewan tungau.

Untung Besar Bagi Usaha Ternak Anda, Jika Bisa Mendapatkan Bibit Sapi Pada Umur Idealnya

Seperti kita ketahui, sapi potong adalah sapi yang secara khusus dipelihara untuk diambil daging beserta lemaknya. Lama penggemukan sapi ini umumnya memerlukan waktu 6 bulan dan sudah bisa diambil hasil dagingnya.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...