Susu Murni Tahan Berapa Hari Di Kulkas?

Pernahkah anda mengalami kejadian susu sapi yang menjadi basi padahal sudah anda simpan ? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan teknik dan cara menyimpan anda. Susu merupakan sebuah produk dari sapi yang sangat bergizi namun, susu sapi memang memiliki sifat yang mudah sekali rusak oleh sebab itu harus benar-benar diperlakukan dengan tepat.

Sesungguhnya, susu murni tahan berapa hari di kulkas? Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan susu sapi murni yang baik dan benar

 

1. Simpan Susu di Dalam Kulkas

Rasanya ini sudah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Apabila anda membeli produk susu sapi dalam jumlah besar dan tak bisa langsung menghabiskannya, jangan lupa untuk menyimpannya di dalam kulkas dengan suhu 2-4 derajat celcius. Selain itu, sangat disarankan untuk tak terlalu sering mengeluarkannya dari dalam kulkas karena ternyata hal ini dapat mempengaruhi citarasa dari susu yang disimpan tersebut.

 

2. Mengkonsumsi susu sapi secepatnya

Pada umumnya susu sapi olahan  yang dijual saat ini sudah mengandung pengawet. Jika tidak pun sudah dikemas sedemikian rupa sehingga tak mudah basi. Namun seringkali tetap saja basi. Daya tahan susu memang hanya 2-3 jam saja di suhu ruang setelah dibuka. Karena itulah, lebih baik anda segera menghabiskan produk susu ketika sudah dibuka (terutama jika anda tak memiliki kulkas untuk menyimpannya).

 

3. Terlebih dahulu memasak susu

Bagi anda yang sering membeli susu sapi segar dalam jumlah banyak sekaligus, akan lebih baik apabila anda memasak susu terlebih dahulu sebelum disimpan. Panaskan susu hingga bagian atasnya mengendap. Setelah itu, tiriskan sejenak, setelah suhunya turun  hangat, simpan dalam wadah yang kedap udara. Akan lebih baik lagi jika disimpan susu di dalam kulkas atau minimal di ruangan sejuk yang terhindar dari sinar matahari secara langsung.

 

 

4. Menyimpan Susu di dalam kemasan botol plastik

Jika tak memiliki wadah kedap udara ada solusinya, yaitu menggunakan botol plastik yang telah disterilkan dengan cara direbus terlebih dahulu. Bagaimana dengan botol kaca? Disarankan untuk tak menggunakan botol kaca karena botol jenis ini akan membuat kandungan asam amino pada susu sapi menjadi lebih mudah rusak.

 

5. Menambahkan Baking Soda pada Produk Susu

Mungkin ini merupakan salah satu tips yang jarang anda dengar bukan? Ternyata, menambahkan sedikit saja baking soda ke dalam susu sapi dipercaya dapat membuat susu sapi menjadi lebih awet. Cara untuk melakukan hal ini adalah dengan cara menuang 1 liter susu sapi ke dalam panci. Kemudian, tambahkan sekitar setengah sendok teh baking soda ke dalam susu dalam panci tersebut. Lalu, panaskan sebentar saja hingga susu menjadi hangat. Baking soda ini ternyata dapat mencegah rusaknya kandungan zat dalam susu dan membuat susu menjadi tak mudah basi.

 

Lima tips menyimpan dan memperlakukan susu sapi diatas sangat mudah untuk dilakukan. Tak ada salahnya untuk mencoba, agar anda tidak lagi bertanya "susu murni tahan berapa hari di kulkas?" Semoga bermanfaat.

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

  • Tentang BALITNAK, Lembaga Riset Bidang Peternakan di Indonesia Tentang BALITNAK, Lembaga Riset Bidang Peternakan di Indonesia
    Balai Penelitian Peternakan atau biasa disingkat sebagai Balitnak, adalah sebuah lembaga riset yang bertugas untuk  mencari dan meningkatkan manfaat dari sumberdaya peternakan, menghasilkan dan mendiseminasi  inovasi teknologi, membangun jaringan kerjasama dan pertukaran informasi teknologi, serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, sarana dan prasarana penunjang kegiatan penelitian peternakan.
    Read more...
  • Terinfeksi Penyakit "BRUCELLOSIS", Sapi Memiliki Resiko Aborsi Terinfeksi Penyakit "BRUCELLOSIS", Sapi Memiliki Resiko Aborsi
    Salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem reproduksi pada ternak sapi adalah penyakit Bruscellosis yang dapat menyebabkan aborsi (keguguran) atau keluron. Penyakit ini bersifat menular dan disebabkan oleh bakteri genus Brucella. Brucellosis menyebabkan infeksi pada inang yang terjadi secara persisten seumur hidup dan meningkatkan resiko aborsi.
    Read more...

Produk

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh