Loading...
iden

Susu Murni Tahan Berapa Hari Di Kulkas?

Pernahkah anda mengalami kejadian susu sapi yang menjadi basi padahal sudah anda simpan ? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan teknik dan cara menyimpan anda. Susu merupakan sebuah produk dari sapi yang sangat bergizi namun, susu sapi memang memiliki sifat yang mudah sekali rusak oleh sebab itu harus benar-benar diperlakukan dengan tepat.

Sesungguhnya, susu murni tahan berapa hari di kulkas? Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan susu sapi murni yang baik dan benar

 

1. Simpan Susu di Dalam Kulkas

Rasanya ini sudah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Apabila anda membeli produk susu sapi dalam jumlah besar dan tak bisa langsung menghabiskannya, jangan lupa untuk menyimpannya di dalam kulkas dengan suhu 2-4 derajat celcius. Selain itu, sangat disarankan untuk tak terlalu sering mengeluarkannya dari dalam kulkas karena ternyata hal ini dapat mempengaruhi citarasa dari susu yang disimpan tersebut.

 

2. Mengkonsumsi susu sapi secepatnya

Pada umumnya susu sapi olahan  yang dijual saat ini sudah mengandung pengawet. Jika tidak pun sudah dikemas sedemikian rupa sehingga tak mudah basi. Namun seringkali tetap saja basi. Daya tahan susu memang hanya 2-3 jam saja di suhu ruang setelah dibuka. Karena itulah, lebih baik anda segera menghabiskan produk susu ketika sudah dibuka (terutama jika anda tak memiliki kulkas untuk menyimpannya).

 

3. Terlebih dahulu memasak susu

Bagi anda yang sering membeli susu sapi segar dalam jumlah banyak sekaligus, akan lebih baik apabila anda memasak susu terlebih dahulu sebelum disimpan. Panaskan susu hingga bagian atasnya mengendap. Setelah itu, tiriskan sejenak, setelah suhunya turun  hangat, simpan dalam wadah yang kedap udara. Akan lebih baik lagi jika disimpan susu di dalam kulkas atau minimal di ruangan sejuk yang terhindar dari sinar matahari secara langsung.

 

 

4. Menyimpan Susu di dalam kemasan botol plastik

Jika tak memiliki wadah kedap udara ada solusinya, yaitu menggunakan botol plastik yang telah disterilkan dengan cara direbus terlebih dahulu. Bagaimana dengan botol kaca? Disarankan untuk tak menggunakan botol kaca karena botol jenis ini akan membuat kandungan asam amino pada susu sapi menjadi lebih mudah rusak.

 

5. Menambahkan Baking Soda pada Produk Susu

Mungkin ini merupakan salah satu tips yang jarang anda dengar bukan? Ternyata, menambahkan sedikit saja baking soda ke dalam susu sapi dipercaya dapat membuat susu sapi menjadi lebih awet. Cara untuk melakukan hal ini adalah dengan cara menuang 1 liter susu sapi ke dalam panci. Kemudian, tambahkan sekitar setengah sendok teh baking soda ke dalam susu dalam panci tersebut. Lalu, panaskan sebentar saja hingga susu menjadi hangat. Baking soda ini ternyata dapat mencegah rusaknya kandungan zat dalam susu dan membuat susu menjadi tak mudah basi.

 

Lima tips menyimpan dan memperlakukan susu sapi diatas sangat mudah untuk dilakukan. Tak ada salahnya untuk mencoba, agar anda tidak lagi bertanya "susu murni tahan berapa hari di kulkas?" Semoga bermanfaat.

Program Perkawinan Untuk Sapi Perah Friesian Holstein Dara

Sapi perah Friesian Holstein dara, merupakan fase usia sapi perah yang siap untuk dikawinkan. Hal ini sesuai dengan peranan sapi dara pada usaha ternak sapi perah, yakni sebagai calon indukan. Pada saat sapi dara sudah mencapai usia layak dikawinkan, peternak perlu melakukan manajemen perkawinan sapi. Sapi perah dara yang berusia di atas satu tahun dan mendapat pakan yang baik akan memiliki berat badan yang ideal, sehingga secara fisik dapat dikawinkan.

Cari Untung Maksimal Dari Usaha Ternak Sapi Dengan Membangun Kandang Ideal

Artikel kali ini akan membahas tentang model kandang sapi potong yang ideal bagi peternak sapi potong. Topik tentang perkandangan sapi potong selalu menarik untuk dibahas, karena sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha peternakan Anda.

How Protecting Your Beef Cattle Australia to the Veterinary Clinic Routinely Can Save Your Business

Yes, checking your beef cattle Australia to the Health Care Clinic is Important for Your Livelihood. Every cow should be regularly examined in cattle veterinary clinic. It's a place where you will learn so many things on the care of the beef cattle. According to health recommendation for cattle, you do not have to wait until they are severely sick to go to the clinic. In order to keep them healthy and fit, you need to schedule your time to get valuable advice from the veterinarian.