idarzh-CNenhi

Karya Seni Ukir Tulang Sapi Ala Cileunyi, Terkenal Hingga Mancanegara

Tulang sapi merupakan salah satu bagian dari tubuh ternak sapi. Umumnya, dimanfaatkan sebagai bahan olahan kuliner yang lezat seperti sup iga atau kaldu. Padahal tulang sapi dapat diolah menjadi beragam barang yang berguna dan berseni, contohnya adalah karya seni ukir.

Tulang sapi juga mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan tulang hewan lainnya, antara lain :

  • Strukturnya lebih kuat sehingga tidak mudah keropos seperti tulang kuda.
  • Ukurannya relatif lebih panjang dibanding tulang kerbau.
  • Mudah didapat.

Idin adalah salah satu contoh pengrajin asal Bandung, yang menggunakan tulang sapi sebagai bahan dasar produknya. Beragam karya seni ukir diproduksi oleh bapak empat orang anak ini, seperti cangklong, kalung, gantungan kunci, tongkat, dan berbagai barang kerajinan lainnya.

Keahlian mengolah tulang sapi didapatnya dari ayahnya yang sudah menjadi pengrajin sejak tahun 1970-an. Hingga kini ia dan keluarganya terus menekuni usaha bengkel kerajinan tersebut. Bahkan telah menjadi ciri khas kampung dmana mereka tinggal yaitu Kampung Pasir Tukul, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Pada beberapa dekade yang lalu,  bengkel karya seni ukir tulang sapi keluarga Idin kerap kebanjiran pesanan, bukan dari dalam negeri saja, tapi juga mancanegara seperti Singapura, Malaysia, dan Jepang. Kondisi tersebut berubah, sejak harga daging sapi melambung tinggi. Kini semakin tulang sapi semakin sulit dicari dan tidak terbeli. Akibatnya, terjadi penurunan omzet yang cukup signifikan.

Untuk mengatasinya, Idin kini menerima jasa pembuatan karya seni ukir menggunakaan bahan baku dibawa sendiri oleh pemesan. Biaya yang dikenakan tidak terlalu mahal, bergantung pada ukuran dan kerumitan yang dipesan. Semoga usaha keluarga Idin bisa terus bertahan.....

Sumber: www.pikiran-rakyat.com

  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...