Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli.

Daging wagyu memang tidak harus selalu berasal dari Jepang. Saat ini, sudah banyak sapi-sapi wagyu yang dikembangbiakan di Amerika dan Australia. Belum lama ini, wagyu asal Indonesia juga sudah mulai dilirik karena rasanya tidak kalah dengan wagyu impor.

Seiring bertambahnya jenis dan variasi tingkatan daging wagyu, konsumen harus lebih bijak dalam memilih daging yang sesuai lidah dan kantong. Jangan sampai, lantaran tidak mengetahui ciri daging wagyu yang asli, Anda menjadi sasaran para pedagang nakal.

 

 

Kenali Tanda Wagyu yang Asli

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ciri daging wagyu yang asli dapat diketahui dari jaringan lemaknya. Wagyu asli memiliki pertalian genetika dengan sapi hitam Jepang yang memiliki kemampuan unik untuk menyimpan lemak intramuskular hingga 80%.

Jaringan lemak membuat tampilan wagyu mentah cukup mudah dikenali. Wagyu asli yang masih mentah umumnya berwarna merah muda pucat. Lemaknya juga tidak berkumpul di satu titik saja, melainkan tersebar ke seluruh otot dan pembuluh darah hingga membentuk pola marmer.

Tidak seperti daging wagyu tiruan, wagyu asli mentah hanya tersedia dalam potongan steak tanpa tulang.

 

 

Kualitas Berdasarkan Tingkatan

Pemahaman akan tingkatan kualitas atau grading sangat membantu untuk menghindari daging wagyu tiruan. Sistem grading di Jepang sendiri disusun berdasarkan presentase daging (A sampai C), kualitas daging (1 sampai 5) dan skor marbling (1-12). Wagyu A5 merupakan kualitas daging terbaik yang ada saat ini.

Tingkatan daging wagyu yang berkembang di negara lain biasanya tidak jauh berbeda, meskipun tidak setinggi yang ada di Jepang. Contohnya, daging wagyu asal Indonesia saat ini berada di tingkat entry level yang dapat dikelompokan ke dalam grade MBS3 atau posisi menengah bawah dalam indeks Marble Beef Scroce.

Apapun pilihan wagyu kesukaan Anda, pastikan membeli daging yang kualitas dan harganya selaras. Namun, jika Anda tidak keberatan dengan daging murah yang mirip wagyu, maka cobalah daging meltique. Daging wagyu tiruan ini dibuat dengan meniru tampilan marmer yang menjadi salah satu ciri daging wagyu yang asli.

Miliki Tubuh bak Binaragawan, Apa Keistimewaan Sapi Belgian Blue?

Asal-muasal serta keistimewaan Sapi Belgian Blue belum banyak terdengar gaungnya di Tanah Air. Usia kedatangan jenis sapi superior asal Belgia ini ke Indonesia, memang baru menginjak delapan tahun. Sehingga, potensinya masih asing bagi kalangan awam. Baca selengkapnya...

Obat Murah Meriah Untuk Sapi Mencret

Cara mengatasi sapi yang terkena penyakit, yang harus dilakukan pertama kali adalah menghilangkan penyebab penyakit dan mengatasi efek yang ditimbulkan. Contohnya adalah Diare, penyakit yang membuat sapi menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer atau berair (mencret). Diare pada sapi umumnya disebabkan oleh beberapa faktor fisiologis berupa perubahan lingkungan ternak, yang meliputi: perubahan pakan, perpindahan ternak, perubahan cuaca, dan pergantian pemeliharaan. Baca selengkapnya...

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan… Baca selengkapnya...

Penyakit Demam Tiga Hari Pada Sapi, Meski Ringan Namun Merugikan

Nyamuk ternyata tidak hanya mengisap darah manusia, tetapi juga hewan ternak seperti sapi. Tak sekedar mengisap darah, nyamuk tersebut juga menularkan Penyakit Demam Tiga Hari pada sapi, atau dalam Bahasa ilmiahnya disebut sebagai Bovine Ephemeral Fever (BEF), dan dalam Bahasa Inggris sebagai Three Days Sickness. Banyak juga peternak yang menggunakan istilah gomen untuk menyebut penyakit ini. Meski tidak terlalu berat, penyakit ini dapat membuat kerugian cukup besar pada peternak sapi, karena… Baca selengkapnya...