Kisah Kemunculan Daging Wagyu dari Indonesia

Penggemar kuliner daging dan steak pasti sudah tahu bahwa wagyu tidak selalu berasal dari Jepang. Selain Negeri Sakura, daging premium yang kaya akan lemak tak jenuh ini juga dibudidayakan di Amerika dan Australia. Bahkan, daging wagyu dari Indonesia pun mulai menarik perhatian belakangan ini.

Masyarakat Indonesia nampaknya sudah melek akan cita rasa daging premium sekelas wagyu. Sayangnya, pasokan daging wagyu di dalam negeri masih mengandalkan impor dari Jepang, Amerika, dan Australia. Barulah pada tahun 2020 tercetus ide untuk memperluas budidaya sapi wagyu Indonesia.

 

 

Kelahiran Sapi Wagyu Lokal

Usaha budidaya sapi wagyu Indonesia sendiri sudah mulai dilakukan sekitar tahun 2015. Kala itu, tersiar kabar bahwa tengah dilakukan percobaan persilangan antara sapi wagyu dari Australia dengan sapi Brahman. Pengembangan sapi jenis baru ini terbilang sukses karena berhasil mereplikasi daging premium sejenis wagyu.

Demi meningkatkan pasokan daging wagyu lokal, Kementerian Pertanian meluncurkan program bernama 1000 Desa Sapi. Pemerintah menyebar sekelompok semen beku sapi wagyu ke beberapa peternakan sapi lokal agar pewarisan genetika sapi wagyu dapat dilakukan. Program ini terbukti mampu mendorong produksi daging wagyu dari Indonesia.

Salah satu pusat budidaya sapi wagyu Indonesia yang cukup besar terdapat di Lampung. Produksinya berupa daging wagyu lokal dari hasil pemotongan sapi wagyu F1 yang lahir dari kawin silang sapi Jepang dengan sapi Indonesia.

 

 

Tidak Kalah dari Wagyu Impor

Menurut para penikmatnya, daging wagyu dari Indonesia menawarkan cita rasa yang tidak kalah dari daging impor. Mereka mengaku bahwa tekstur empuk beserta rasa gutih alami yang menjadi ciri khas wagyu tetap terasa, meskipun dagingnya tidak meleleh di mulut.

Sayangnya, grade atau tingkatan kualitas daging wagyu lokal belum dapat menyaingi produksi Australia atau Amerika. Rata-rata daging wagyu dari Indonesia disajikan dalam potongan sirloin dengan indeks skor marbel di angka 3. Tak hanya itu, luasan potongan dagingnya juga kurang luas sehingga hanya beberapa bagian tubuh sapi saja yang dapat diklasifikasikan sebagai daging wagyu.

Secara garis besar, kehadiran daging wagyu dari Indonesia menandakan peningkatan status sosial di bidang kuliner. Dalam beberapa tahun kedepan, siapa tahu daging wagyu lokal dapat segera menggantikan daging premium impor.

Sejarah Sapi Belgian Blue yang Jadi Harapan Swasembada Daging

Sejarah Sapi Belgian Blue tak jauh berbeda dari kisah pembiakan wagyu, sapi yang sangat terkenal dari Jepang. Bedanya, jika wagyu tenar berkat kandungan lemak putih atau marblingnya, maka Sapi Belgia ternar berkat otot menonjol bak binaragawan. Baca selengkapnya...

Gejala Dan Penanganan Broyong (Prolapsus Uteri) Pada Sapi

Gangguan reproduksi yang umum terjadi pada sapi diantaranya prolapsus uteri (Broyong) yang sering terjadi pada umur kebuntingan tua. Apabila gangguan reproduksi ini tidak dapat tertangani maka dapat menyebabkan kerugian ekonomi pada usaha peternakan. Baca selengkapnya...

Inilah Bumbu Sambal Super Untuk Sop Iga Sapi Bening

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga. Tulang iga, atau short ribs, biasa diberi bumbu untuk dibuat menjadi sop iga sapi bening Baca selengkapnya...

Sapi Dapat Hidup Hingga Usia Berapa Tahun?

Sapi perah adalah jenis sapi yang dikembangbiakkan secara khusus karena kemampuannya dalam menghasilkan susu dalam jumlah besar. Pada umumnya, sapi perah termasuk dalam spesies Bos taurus. Pada awalnya, manusia tidak membedakan sapi penghasil susu dengan sapi potong. Apapun jenisnya, seekor sapi dapat digunakan untuk menghasilkan susu (sapi betina) maupun daging (umumnya sapi jantan). Baca selengkapnya...