TRANSLATE

Kisah Kemunculan Daging Wagyu dari Indonesia

Penggemar kuliner daging dan steak pasti sudah tahu bahwa wagyu tidak selalu berasal dari Jepang. Selain Negeri Sakura, daging premium yang kaya akan lemak tak jenuh ini juga dibudidayakan di Amerika dan Australia. Bahkan, daging wagyu dari Indonesia pun mulai menarik perhatian belakangan ini.

Masyarakat Indonesia nampaknya sudah melek akan cita rasa daging premium sekelas wagyu. Sayangnya, pasokan daging wagyu di dalam negeri masih mengandalkan impor dari Jepang, Amerika, dan Australia. Barulah pada tahun 2020 tercetus ide untuk memperluas budidaya sapi wagyu Indonesia.

 

 

Kelahiran Sapi Wagyu Lokal

Usaha budidaya sapi wagyu Indonesia sendiri sudah mulai dilakukan sekitar tahun 2015. Kala itu, tersiar kabar bahwa tengah dilakukan percobaan persilangan antara sapi wagyu dari Australia dengan sapi Brahman. Pengembangan sapi jenis baru ini terbilang sukses karena berhasil mereplikasi daging premium sejenis wagyu.

Demi meningkatkan pasokan daging wagyu lokal, Kementerian Pertanian meluncurkan program bernama 1000 Desa Sapi. Pemerintah menyebar sekelompok semen beku sapi wagyu ke beberapa peternakan sapi lokal agar pewarisan genetika sapi wagyu dapat dilakukan. Program ini terbukti mampu mendorong produksi daging wagyu dari Indonesia.

Salah satu pusat budidaya sapi wagyu Indonesia yang cukup besar terdapat di Lampung. Produksinya berupa daging wagyu lokal dari hasil pemotongan sapi wagyu F1 yang lahir dari kawin silang sapi Jepang dengan sapi Indonesia.

 

 

Tidak Kalah dari Wagyu Impor

Menurut para penikmatnya, daging wagyu dari Indonesia menawarkan cita rasa yang tidak kalah dari daging impor. Mereka mengaku bahwa tekstur empuk beserta rasa gutih alami yang menjadi ciri khas wagyu tetap terasa, meskipun dagingnya tidak meleleh di mulut.

Sayangnya, grade atau tingkatan kualitas daging wagyu lokal belum dapat menyaingi produksi Australia atau Amerika. Rata-rata daging wagyu dari Indonesia disajikan dalam potongan sirloin dengan indeks skor marbel di angka 3. Tak hanya itu, luasan potongan dagingnya juga kurang luas sehingga hanya beberapa bagian tubuh sapi saja yang dapat diklasifikasikan sebagai daging wagyu.

Secara garis besar, kehadiran daging wagyu dari Indonesia menandakan peningkatan status sosial di bidang kuliner. Dalam beberapa tahun kedepan, siapa tahu daging wagyu lokal dapat segera menggantikan daging premium impor.

  • 156

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Cara Memasak Daging Has Dalam (Tenderloin) Untuk Memaksimalkan Cita Rasanya

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini mungkin akan sangat disukai dan ditunggu karena akan membahas mengenai tenderloin atau daging has dalam sapi. Daging jenis ini letaknya di bawah bagian rusuk dan tulang belakang yang memang jarang aktif bergerak dan digunakan oleh sapi. Karena itulah, daging ini sangat empuk, memiliki rasa lezat dan juicy. Baca selengkapnya...
  • 5

    Sedia Daging Slice Sapi Untuk BBQ Di Trusmi Plered, Cirebon

    Sukiyaki, Teriyaki, Yakiniku, Shabu-shabu dll. Kami juga menyediakan berbagai macam daging sapi kualitas super. Siap isi Rumah makan, bbq deliveri dll. Produksi Sendiri. Kemasan Styrofoam 250gr, 500gr. Bersih, Premium, Higienis dan Frozen Food. 100% Halal. Keunggulan Produk Kami? "Sehat, Aman, Halal, Utuh dan Toyiban " (SAHUT): SEHAT : Daging memiliki zat-zat yang dibutuhkan dan berguna bagi kesehatan pertumbuhan tubuh manusia AMAN : Daging tidak mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik…

MANFAAT SUSU SAPI

Cantik Alami Berkat Susu Sapi

Ternyata susu sapi murni tak hanya bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, susu sapi murni juga bisa digunakan oleh para wanita agar cantik alami dan awet muda. Sejak jaman dahulu, susu sapi murni dipercaya sangat ampuh untuk mendapatkan penampilan cantik alami dan awet muda, utamanya dalam hal kelembutan dan kelembapan kulit. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Investasi Sapi Perah Jenis Apa Yang Paling Populer di Indonesia?

Investasi sapi perah banyak dilakukan oleh orang di Indonesia sejak dahulu kala. Namun, jika berbicara mengenai sapi perah, bisa dibilang bahwa tidak ada sapi lokal yang benar benar memiliki karakter sebagai sapi perah. Perkenalan masyarakat Indonesia terhdap sapi perah berawal pada abad 18, yaitu pada masa kolonial Belanda yang mendatangkan sapi perah jenis FH atau ‘Friesien Holstein’. Baca selengkapnya...
  • 47

    Jual Sapi 22 Ekor

    Bagi yang siap borong semua juga boleh. Lokasi Ds sawangan doro Kab. Pekalongan.