Kisah The Big Three Wagyu Terbaik di Dunia

Daging wagyu asal Jepang terdiri dari banyak jenis. Salah satu jenis wagyu terbaik di dunia jatuh kepada daging Kobe, karena memiliki nilai kelangkaan dan cita rasa yang unik. Di samping itu, ada daging Matsusaka dan daging Omi yang juga tidak kalah lezat.

Di negara asalnya, daging Kobe, daging Matsusaka, dan daging Omi dikenal sebagai Sanday Wagyu atau The Big Three Wagyu. Ketiganya mendapat pengakuan internasional sebagai daging wagyu terbaik di dunia.

 

 

Daging Kobe

Dinamai berdasarkan nama Kota Kobe di Prefektur Hyogo, Jepang. Daging Kobe merupakan jenis daging wagyu yang berasal dari sapi Black Tajima yang tergolong langka. Total populasinya hanya ada sekitar 1000-3000 ekor sapi per tahun.

Sapi Kobe hanya menghasilkan daging setara Wagyu A4 dan Wagyu A5. Harganya sudah pasti lebih mahal dibandingkan wagyu biasa. Pada grade tertinggi, satu kilogram daging bisa dibanderol dengan harga Rp 5 juta sampai Rp 14 juta.

Popularitas daging Kobe meningkat pada era 1980-an sebagai salah satu wagyu terbaik di dunia. Meski begitu, daging wagyu yang terkenal akan komposisi lemaknya yang sempurna ini, baru menjadi komoditas ekspor pada tahun 2012.

 

 

Daging Matsusaka

Sapi Matsusaka dibesarkan secara eksklusif di Prefektur Mie, Jepang. Jenis daging wagyu ini sangat spesial berkat rasio lemaknya sangat tinggi, namun memiliki titik leleh paling rendah. Daging Matsusaka terbaik dapat meleleh pada suhu 12 derajat Celcius, separuh dari titk leleh wagyu biasa.

Sebagian besar daging Matsusaka terbaik dihasilkan oleh sapi betina. Setiap tahun hanya ada sekitar 2500 ekor sapi siap potong. Sapi-sapi ini sangat berharga sehingga pada tahun 2002, seekor sapi terjual seharga 50 juta yen atau sekitar Rp 5,2 milyar.

 

 

Daging Omi

Daging Omi diklaim sebagai jenis daging wagyu tertua di Jepang. Konon, jenis wagyu yang sering disangka sebagai daging Kobe ini sudah dikonsumsi sejak 400 tahun silam. Para Shogun biasanya menjamu vasal-vasalnya dengan hidangan Daging Sapi Kaisar yang ternyata berasal dari sapi Omi.

Vasal (bahasa Latin: vassallus) adalah sebuah istilah untuk seseorang yang menjalin hubungan dengan monarki yang berkuasa, biasanya dalam bentuk dukungan militer, perlindungan bersama, atau pemberian upeti, dan menerima jaminan dan imbalan tertentu sebagai gantinya.

Sistem ini telah ada sebelum hingga berakhirnya feodalisme di Eropa pada abad pertengahan. Selain di Eropa, sistem yang hampir mirip juga ditemukan pada kekaisaran Mongolia, Jepang (Gokenin), dan lainnya.

Di era modern, gelar The Big Three Wagyu tetap merujuk pada daging Omi beserta kedua jenis daging wagyu lainnya, meskipun daftar wagyu terbaik di dunia berubah-ubah seiring munculnya peternakan sapi wagyu di luar Jepang.

Miliki Tubuh bak Binaragawan, Apa Keistimewaan Sapi Belgian Blue?

Asal-muasal serta keistimewaan Sapi Belgian Blue belum banyak terdengar gaungnya di Tanah Air. Usia kedatangan jenis sapi superior asal Belgia ini ke Indonesia, memang baru menginjak delapan tahun. Sehingga, potensinya masih asing bagi kalangan awam. Baca selengkapnya...

Waspadai Sesak Nafas Akut Pada Sapi

Sapi yang mengalami sesak napas akut besar kemungkinan terkena penyakit Infectious Bovine Rhinotracheitis (IBR). Penyakit menular ini banyak menyerang ternak sapi, baik sapi potong maupun sapi perah. Sapi yang terkena IBR ini biasanya mengalami demam tinggi (sekitar 42 derajat Celsius), nafsu makan menurun, hipersaliva, produksi air susu menurun (pada sapi perah), dan penurunan berat badan yang drastis. Baca selengkapnya...

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya. Baca selengkapnya...

Inilah Bumbu Sambal Super Untuk Sop Iga Sapi Bening

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga. Tulang iga, atau short ribs, biasa diberi bumbu untuk dibuat menjadi sop iga sapi bening Baca selengkapnya...