TRANSLATE

Kisah The Big Three Wagyu Terbaik di Dunia

Daging wagyu asal Jepang terdiri dari banyak jenis. Salah satu jenis wagyu terbaik di dunia jatuh kepada daging Kobe, karena memiliki nilai kelangkaan dan cita rasa yang unik. Di samping itu, ada daging Matsusaka dan daging Omi yang juga tidak kalah lezat.

Di negara asalnya, daging Kobe, daging Matsusaka, dan daging Omi dikenal sebagai Sanday Wagyu atau The Big Three Wagyu. Ketiganya mendapat pengakuan internasional sebagai daging wagyu terbaik di dunia.

 

 

Daging Kobe

Dinamai berdasarkan nama Kota Kobe di Prefektur Hyogo, Jepang. Daging Kobe merupakan jenis daging wagyu yang berasal dari sapi Black Tajima yang tergolong langka. Total populasinya hanya ada sekitar 1000-3000 ekor sapi per tahun.

Sapi Kobe hanya menghasilkan daging setara Wagyu A4 dan Wagyu A5. Harganya sudah pasti lebih mahal dibandingkan wagyu biasa. Pada grade tertinggi, satu kilogram daging bisa dibanderol dengan harga Rp 5 juta sampai Rp 14 juta.

Popularitas daging Kobe meningkat pada era 1980-an sebagai salah satu wagyu terbaik di dunia. Meski begitu, daging wagyu yang terkenal akan komposisi lemaknya yang sempurna ini, baru menjadi komoditas ekspor pada tahun 2012.

 

 

Daging Matsusaka

Sapi Matsusaka dibesarkan secara eksklusif di Prefektur Mie, Jepang. Jenis daging wagyu ini sangat spesial berkat rasio lemaknya sangat tinggi, namun memiliki titik leleh paling rendah. Daging Matsusaka terbaik dapat meleleh pada suhu 12 derajat Celcius, separuh dari titk leleh wagyu biasa.

Sebagian besar daging Matsusaka terbaik dihasilkan oleh sapi betina. Setiap tahun hanya ada sekitar 2500 ekor sapi siap potong. Sapi-sapi ini sangat berharga sehingga pada tahun 2002, seekor sapi terjual seharga 50 juta yen atau sekitar Rp 5,2 milyar.

 

 

Daging Omi

Daging Omi diklaim sebagai jenis daging wagyu tertua di Jepang. Konon, jenis wagyu yang sering disangka sebagai daging Kobe ini sudah dikonsumsi sejak 400 tahun silam. Para Shogun biasanya menjamu vasal-vasalnya dengan hidangan Daging Sapi Kaisar yang ternyata berasal dari sapi Omi.

Vasal (bahasa Latin: vassallus) adalah sebuah istilah untuk seseorang yang menjalin hubungan dengan monarki yang berkuasa, biasanya dalam bentuk dukungan militer, perlindungan bersama, atau pemberian upeti, dan menerima jaminan dan imbalan tertentu sebagai gantinya.

Sistem ini telah ada sebelum hingga berakhirnya feodalisme di Eropa pada abad pertengahan. Selain di Eropa, sistem yang hampir mirip juga ditemukan pada kekaisaran Mongolia, Jepang (Gokenin), dan lainnya.

Di era modern, gelar The Big Three Wagyu tetap merujuk pada daging Omi beserta kedua jenis daging wagyu lainnya, meskipun daftar wagyu terbaik di dunia berubah-ubah seiring munculnya peternakan sapi wagyu di luar Jepang.

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Beef Satay Pak Kempleng Culinary You Should Never Miss

Beef Satay Pak Kempleng: Culinary You Should Never Miss

When it comes to entertainment, people have different ways to entertain themselves. Some people prefer to watch good movies, some others love to travel, and some others would rather entertain themselves by eating good foods. If you are the third team, there is one special dish in Semarang, Indonesia, that you should never miss tasting. As you probably already know, Indonesia has a lot of cuisines. Even one certain dish has a bunch of versions. One of them is satay. Every region in Indonesia has… Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Memasak Susu Murni Agar Tidak Pecah, Ternyata Ada Triknya

Buah hati kita yang masih bayi seringkali harus diberikan susu untuk mencukupi nutrisinya dan menjaga tumbuh kembangnya. Namun, seringkali memang kita sudah menyediakan susu namun terlambat disajikan untuk si kecil karena berbagai alasan seperti misalnya si kecil yang sudah terlanjur tertidur. Untuk hal ini banyak orang tua yang kemudian memutuskan untuk memanaskan kembali susu murni namun takut apabila susu tersebut menjadi pecah. Belum lagi bayang bayang bahwa susu murni akan rusak apabila… Baca selengkapnya...
  • 111

    Ayo Bergabung Bersama Kami, Terbatas Hanya 1 Agen Untuk 1 Kecamatan

    Kami SagaraMilk peternak dan penyalur SUSU SAPI & SUSU KAMBING SEGAR 100% MURNI dari Kabupaten Bandung mencari mitra kerjasama UMKM seperti : Agen & Reseller SUSU. Warung/Kedai. Produk olahan berbahan SUSU SAPI atau SUSU KAMBING. Catering untuk karyawan pabrik/kantor. Siap antar wilayah Bandung, Karawang, Bekasi, Jakarta Timur

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Sapi Krui, Mahar Perkawinan Favorit Masyarakat Lampung

Sapi Krui (jawi peghia) adalah sebutan bagi jenis sapi lokal yang berkembang di kawasan Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Asal-Usul Sapi Krui merupakan persilangan antara Bos indicus dan Bos sondaicus yang dikawinkan secara alami dan dipelihara secara turun temurun oleh masyarakat di daerah ini. Baca selengkapnya...