Loading...
idarzh-CNenhi

Membahas Susu Sapi Ternyata Tak Hanya Kandungan Kalsium Buat Tulang Saja, Ada Sejumlah Manfaat Lain Yang Tak Kalah Penting

Susu hewani seperti susu sapi perah dianggap sebagai minuman yang memiliki kandungan terlengkap. Tak hanya bisa dikonsumsi oleh anak-anak saja, susu sapi juga dapat dirasakan oleh orang dewasa agar kesehatannya bisa terjaga. Manfaat yang paling umum dikenal adalah kandungan kalsium buat tulang yang sangat dibutuhkan. Sayangnya, tubuh manusia tidak mampu memproduksi kalsium sendiri.

Oleh sebab itu, anda wajib menjagai kecukupan kalsium buat tulang. Jumlah ideal kalsium didalm tubuh adalah 2% dari keseluruhan berat tubuh dan berperan penting pada fungsi-fungsi dasar tubuh, seperti menjaga fungsi jantung, otot, impuls saraf, pembentukan tulang dan gigi, dan lain-lain. Oleh sebab itu, semua orang terutama bayi dan anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan kalsium. 

Kalsium buat tulang dapat diperoleh dari beragam sumber makanan, dan yang paling banyak terdapat pada produk olahan susu seperti susu murni, keju dan yogurt. Hebatnya, selain kalsium didalam susu sapi murni terdapat nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh, seperti zat fosfor, kalsium, vitamin B12 dan juga magnesium. Dengan adanya kandungan-kandungan tersebut maka bisa membuat siapa saja yang mengkonsumsinya merasakan hal berikut ini :

 

 

1. Gigi yang sehat

Perlu kita ketahui, gigi juga memerlukan kalsium agar bisa tetap kuat dan sehat. Itulah mengapa kita harus mengkonsumsi susu sapi murni dengan rutin disetiap harinya agar gigi anda bisa tetap sehat dan kuat.

 

 

2. Otot menjadi kuat

Pada dasarnya tubuh kita membutuhkan protein dalam jumlah banyak guna pertumbuhan dan perkembangan otot serta perawatannya. Dan susu sapi murni adalah sumber protein yang bisa dikatakan lengkap guna menguatkan otot.

 

 

3. Dapat menurunkan berat badan yang berlebihan

Kemudian, mengkonsumsi susu sapi murni secara teratur bisa juga menurunkan berat badan. Susu sapi murni ini akan mengurangi asupan kalori saat di siang hari sebab susu ini sangat kaya akan kandungan protein yang bisa membuat anda kenyang dalam waktu yang lama.

 

 

4. Organ jantung menjadi tetap sehat

Sapi yang dipelihara dengan diberikan pakan dan rumput yang cukup dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya,  bisa menghasilkan susu dengan kualitas yang tinggi yang mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah banyak untuk mengatur jumlah kolesterol dalam darah serta melindungi kesehatan pada organ jantung anda dalam jangka waktu yang lama.

 

 

5. Tulang bisa menjadi kuat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa susu sapi terkenal akan kandungan kalsium buat tulang yang tinggi. Tak hanya kalsium saja, susu sapi murni juga memiliki kandungan fosfor serta mineral-mineral yang lainnya guna menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Itu mengapa kita semua sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu sapi murni.

 

 

6. Meningkatkan asupan vitamin D harian

Tak hanya bisa menguatkan tulang, susu sapi murni inipun dapat meningkatkan asupan vitamin D harian, yang penting guna memproduksi serotonin. Serotonin ialah hormon yang memiliki fungsi guna mempengaruhi mood anda, membantu meningkatkan kualitas tidur, dan bisa pula meningkatkan selera makan anda.

 

 

7. Mencegah terjadinya diabetes atau kencing manis

Ada banyak sekali penelitian yang sudah menemukan hubungan antara meminum susu sapi dengan perlindungan diri dari penyakit kencing manis atau diabetes. Ini disebabkan kandungan mineral dan juga nutrisi yang dapat memperbaiki pencernaan dan mengatur jumlah insulin.

Jadi kesimpulannya mengkonsumsi susu sapi murni, terbukti memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Artikel Yang Banyak Dicari

Untung Besar Bagi Usaha Ternak Anda, Jika Bisa Mendapatkan Bibit Sapi Pada Umur Idealnya

Seperti kita ketahui, sapi potong adalah sapi yang secara khusus dipelihara untuk diambil daging beserta lemaknya. Lama penggemukan sapi ini umumnya memerlukan waktu 6 bulan dan sudah bisa diambil hasil dagingnya.

Sapi Perah Bunting Harus Minum Air Putih Dengan Jumlah Yang Cukup

Walaupun air yang terkandung dalam hijauan yang dikonsumsi bisa mencapai 80% dari total beratnya, namun belum cukup memenuhi kebutuhan air bagi sapi perah bunting. Oleh karena itu tugas anda sebagai peternak adalah menyediakan pasokan air untuk minum sapi selalu tersedia.

Harga Sapi Perah Friesian Holstein Terkini

Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini.

Tentang Pakan Ruminansia Untuk Sapi Perah Jantan, Apa Yang Paling Cocok?

Sapi perah jantan memiliki nafsu makan tinggi dan juga tumbuh dengan cepat dan lebih besar, oleh sebab itu jenis pakan ruminansia yang diberikan juga berbeda dengan sapi perah betina

Cari Untung Maksimal Dari Usaha Ternak Sapi Dengan Membangun Kandang Ideal

Artikel kali ini akan membahas tentang model kandang sapi potong yang ideal bagi peternak sapi potong. Topik tentang perkandangan sapi potong selalu menarik untuk dibahas, karena sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha peternakan Anda.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...