TRANSLATE

Mendiamkan Pada Suhu Ruang Adalah Salah Satu Cara Membuat Daging Sapi Cepat Empuk

Daging merah seperti daging sapi umumnya butuh waktu lama agar jadi empuk saat dimasak. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan masakan daging sapi yang empuk, sebagai berikut:

 

1.Bungkus Dengan Daun Pepaya

Memanfaatkan daun pepaya adalah cara paling mudah dan alami untuk membuat daging sapi  lebih empuk. Daun pepaya memang mengandung enzim yang berfungsi memecah protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk.

Caranya, ambil daun pepaya secukupnya kemudian bersihkan dengan air mengalir. Setelah itu daun pepaya tersebut dikeringkan,  misalnya dengan menggunakan lap atau kertas tissue.

Selanjutnya bungkus daging sapi yang akan dimasak dengan daun papaya tersebut. Diamkan minimal selama 1 jam, maka daging sapi sudah cukup empuk dan siap untuk dimasak.

 

 

2.Lumuri Dengan Nanas Yang Dihaluskan

Menggunakan buah nanas juga bisa membuat daging sapi lebih empuk. Sama dengan daun pepaya, buah nanas juga mengandung enzim yang membuat daging sapi bisa empuk.

Namun cara memanfaatkannya berbeda. Jika daging sapi bisa lebih empuk cukup dengan membungkusnya memakai daun papaya,  maka jika menggunakan buah nanas perlu dihaluskan terlebih dahulu. Bisa dengan cara diparut atau dijus. Hasil parutan atau jus tersebut kemudian dilumurkan pada seluruh permukaan daging sapi. Selanjutnya didiamkan selama 30 menit, maka daging sapi akan menjadi empuk ketika dimasak .

Jus nanas juga bisa dicampurkan kedalam bumbu marinasi (perendam). Tapi jangan lebih dari 30 menit supaya tekstur dan rasa daging sapi tidak berubah,

 

 

3.Diamkan Daging Pada Suhu Ruangan

Jika sulit mendapatkan daun pepaya atau buah nanas, mendiamkan daging sapi pada suhu ruangan juga bisa membuatnya menjadi lebih empuk.

Mendiamkan daging sapi di suhu ruangan dapat membantu menurunkan suhu daging sapi turun secara perlahan dan stabil, sehingga teksturnya lebih empuk secara merata.

Meski hasilnya kurang maksimal jika dibandingkan dengan menggunakan daun pepaya atau buah nanas, namun cara tersebut diatas masih lebih baik ketimbang langsung mengolah daging sapi dari kulkas apalagi freezer.

Sedikit tambahan informasi, jika memiliki daging disimpan freezer dan akan diolah, sebaiknya pindahkan terlebih dahulu kedalam kulkas dan letakkan pada rak kulkas yang paling bawah dalam wadah tertutup, sejak malam sebelumnya.

Kemudian sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum memasak, keluarkan daging sapi tersebut dari kulkas, dan tetap didalam wadah tertutup pada suhu ruang.

 

 

4. Potong Berlawanan Serat Daging

Tujuannya adalah membuat serat pada daging sapi menjadi  lebih pendek, sehingga daging lebih cepat empuk saat dimasak dan mudah dikunyah ketika dimakan.

 

 

5. Manfaatkan Uap Panas

Caranya, rebus daging sapi selama 5 menit dalam panci tertutup. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan daging sapi tetap di dalam panci selama 30 menit. setelah itu nyalakan kembali kompor dan rebus daging selama 7 menit.

Dengan cara ini, meski secara teknis hanya merebus daging sapi 12 menit, efeknya sama dengan memasak daging selama lebih dari 30 menit. Walaupun sedikit repot karena harus menggunakan stopwatch di handphone supaya pengukuran waktunya lebih tepat.

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Tempat Belanja Daging Sapi Dan Makan Steak Yang Murah Dan Lezat

Untuk anda yang tinggal di Depok dan butuh produk daging sapi, termasuk daging unggas seperti bebek, ayam, ikan, aneka produk olahan daging misalnya saja bakso dan sosis, berikut sayuran segar dan bumbu-bumbu pelengkap masak, silahkan meluncur ke toko daging nusantara depok, yang berlokasi di di Jalan Boulevard Grand Depok City (Ex Kantor Pemasaran Lama) di Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya. Baca selengkapnya...
  • 77

    Sedia Daging Slice Sapi Untuk BBQ Di Trusmi Plered, Cirebon

    Sukiyaki, Teriyaki, Yakiniku, Shabu-shabu dll. Kami juga menyediakan berbagai macam daging sapi kualitas super. Siap isi Rumah makan, bbq deliveri dll. Produksi Sendiri. Kemasan Styrofoam 250gr, 500gr. Bersih, Premium, Higienis dan Frozen Food. 100% Halal. Keunggulan Produk Kami? "Sehat, Aman, Halal, Utuh dan Toyiban " (SAHUT): SEHAT : Daging memiliki zat-zat yang dibutuhkan dan berguna bagi kesehatan pertumbuhan tubuh manusia AMAN : Daging tidak mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik…

MANFAAT SUSU SAPI

Susu Yang bukan Berasal Dari Sapi Akan Segera Diproduksi

Imagindairy, sebuah perusahaan yang berlokasi di Tel Aviv, Israel, baru-baru ini mendapatkan dana $ 13,1 juta untuk mulai menciptakan produk susu yang tumbuh dari mikroorganisme, bukan dari sapi. Melalui proses kompleks yang melibatkan instruksi DNA pemrograman ke dalam mikroorganisme mereka akan menghasilkan whey dan kasein , dua protein penting yang ditemukan dalam susu sapi. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Sederet Kesulitan Budidaya Sapi Belgian Blue di Indonesia

Mari membahas soal kesulitan budidaya Sapi Belgian Blue di Indonesia, yang terus menemui hal-hal baru. Alih-alih menciptakan rumpun sapi lokal unggulan sesuai harapan pemerintah, pengembangan sapi berotot ganda atau double muscle justru menuai banyak masalah. Terdapat kekhawatiran penyebarannya berpotensi merusak kelestarian sapi-sapi lokal. Baca selengkapnya...
  • 93

    Jual Sapi 22 Ekor

    Bagi yang siap borong semua juga boleh. Lokasi Ds sawangan doro Kab. Pekalongan.