Loading...
iden

Apa Saja Reaksi Alergi Susu Sapi Pada Bayi? Anda Wajib Tahu!

Terkadang dokter menyarankan untuk memberikan  susu formula yang terbuat dari susu sapi pada bayi. Nah, ada beberapa bayi yang mungkin menunjukkan reaksi alergi susu sapi. Namun, tidak semua penolakan tubuh terhadap susu sapi berupa alergi, dan bisa juga merupakan intoleransi terhadap laktosa, dua hal ini sangatlah berbeda.

Kali ini, kami akan membahas lebih banyak tentang alergi susu sapi. Alergi pada susu sapi merupakan sebuah kondisi dimana bayi tak bisa menerima rantai protein kompleks yang ada pada susu sapi. Oleh karena itu, gejala alergi kemudian akan muncul dalam waktu singkat atau kurang dari 1 jam atau bisa juga dalam jangka waktu lama selama lebih dari 1 hari.

 

 

Reaksi Alergi Susu Sapi

Alergi pada susu sapi merupakan kasus yang cukup serius namun umum dijumpai pada bayi. Tubuh manusia didesain memiliki sistem kekebalan untuk melindungi diri dari infeksi. Sistem kekebalan inilah yang akan menyerang bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit. Alergi susu sapi ini merupakan sebuah kondisi dimana tubuh tak dapat membedakan mana protein susu dan manakah virus dan bakteri. Istilah ini dikenal juga dengan nama allergen.

Protein susu sapi ini juga dapat menjadi masalah bagi imunitas atau kekebalan tubuh yang rendah. Di lain sisi, reaksi alergi susu sapi juga bisa disebabkan oleh saluran cerna bayi yang memang belum berfungsi sempurna. Sebagai orang tua, sangat penting untuk mengenali gejalanya dan mengkonsultasikan dengan dokter agar anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Biasanya atau sama seperti alergi pada umumnya, alergi susu sapi akan menyerang saluran pencernaan, kulit, dan nafas. Ada 3 pola klinis respons alergi yang biasanya terjadi pada bayi seperti:

 

1. Reaksi cepat; Reaksi ini muncul sekitar setelah 45 menit bayi meminum susu sapi. Reaksi ini seperti munculnya bintik merah pada kulit bayi, gatal, dan juga gangguan pada saluran nafas seperti hidung, bersin, nafas berbunyi, dan mata memerah.

2. Reaksi Sedang; Reaksi sedang muncul pada jangka waktu 45 menit-20 jam setelah bayi meminum susu sapi dengan ditandai respon muntah dan diare.

3. Reaksi lambat; Biasanya, gejala untuk reaksi ini adalah konstipasi atau sulit BAB, diare, dan dermatitis atau eksim kulit. Gejala ini akan timbul atau terlihat lebih dari 20 jam setelah bayi mengkonsumsi susu sapi.

 

 

Cara Mengatasi Reaksi Alergi Susu Sapi pada Bayi

Alergi susu sapi pada bayi memang merupakan kondisi yang umum ditemukan, namun ini bukan berarti anda bisa menyepelekannya. Tanpa penanganan yang tepat, alergi bisa mempengaruhi tumbuh kembang dan organ tubuh bayi. Sebagian besar memang bayi akan melewati masa alergi susu sapi di usia 18 bulan.

Namun jika sebelum waktu itu alergi sudah menyerang, cara yang tepat untuk menyikapinya adalah dengan menghindari protein susu kedelai dan sapi. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengn dokter agar anda bisa tahu jenis susu apa yang paling tepat untuk bayi.

Konsultasikan secara rinci kepada dokter tentang kondisi kesehatan bayi yang memiliki reaksi alergi susu sapi secara rutin dan simpan riwayat kesehatan ini dengan baik agar anda bisa lebih mudah memantau kesehatan harian dan nutrisinya. Jangan lupa pula untuk meneliti asupan makanan dan minuman yang akan diberikan pada bayi sehingga bayi akan terhindar dari alergi susu sapi.

 

 

iac cow

JADWAL BAKSOS BULAN INI

 

 

 

  • Probiotik HERYAKI, Obat Stres Para Peternak Sapi

    Sedang stres mengurus usaha ternak sapi, domba dan kambing? Anda bukan satu-satunya, ada banyak peternak mengalami hal yang sama. Rata-rata mengeluhkan semakin menipisnya keuntungan yang bisa diperoleh. Saat ini memang terjadi penurunan permintaan akan produk lokal, akibat kebijakan pemerintah yang memperbolehkan produk impor membanjiri pasar.

Apa Penyebab Sapi Mengamuk, Menangis Atau Berpura-pura Mati?

Stres adalah sebuah reaksi baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan untuk menyesuaikan diri. Stres adalah bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan. Selain terjadi pada manusia, stres juga bisa dialami oleh hewan seperti sapi yang membuatnya mengamuk, menangis atau berpura-pura mati. Baca Selengkapnya...

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

DR. Ashari, Pakar Studi Kelayakan dan Manajemen Usaha Ternak

Dr. Ashari a biology degree (Department of Zoology / Ecology) in 1970 from the University of Gadjah Mada. Education S3 (Department of Animal Sciences) Doctoral degree (Dr.) in 1992 with a dissertation titled "Goat Ranch perspective on the various Agro-ecosystem in the Road (A Survey on the road and in the case study of two village-Bogor District Ciawi)". Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.