Loading...
idarzh-CNenhi

Mari Mengenal Daging Sapi Jenis Sandung Lamur, Berikut Cara Mengolahnya

Tips dan Trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas mengenai cara pengolahan sandung lamur, bagian dari daging sapi yang menjadi kesukaan banyak orang. Sandung lamur sendiri merupakan daging yang terletak di bagian dada bawah sapi, atau lebih tepatnya di dekat kaki depan sapi.

Tahukah anda, bagian ini merupakan salah satu bagian dari daging sapi yang paling kaya rasa berlemak. Selain itu, teksturnya pun lembut dan biasanya sangat cocok untuk sajian berkuah seperti rawon, sop daging, dan juga soto daging.

Anda juga bisa mengolah  sandung lamur seenak masakan restoran jika anda mengetahui tips dan triknya. Mengolah daging sapi bagian sandung lamur ini cukup mudah. Anda hanya perlu merebus utuh daging sandung lamur yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Rebus dengan api kecil dan setengah matang saja, untuk membuat jusnya keluar dan meresap ke dalam air rebusan. Setelah itu, anda bisa langsung mengangkat dagingnya dan dipotong potong lalu direbus atau dimasak sesuai dengan keinginan anda.

Berbeda di Indonesia, beda pula di Amerika. Di Negara Paman Sam ini daging sandung lamur yang utuh seringkali dimasak dengan cara diolesi dengan bumbu kering. Kemudian diasapi dalam waktu yang cukup lama, setelah itu dijadikan menu utama barbeque. Tekstur daging sandung lamur memang lebih lembut dan juga lebih berlemak apabila dibandingkan dengan bagian daging sapi yang lainnya.

Karena alasan inilah daging sandung lamur tak cocok untuk dimasak dalam menu berkuah yang direbus dalam waktu lama dan perlu untuk diaduk aduk dalam intensitas yang sering seperti menu rendang misalnya. Hal ini karena daging justru bisa menjadi hancur saat matang.

 

 

Tips dan Trik Merebus Sandung Lamur untuk Dijadikan Kaldu

Daging sandung lamur jika diolah dengan benar, dapat menghasilkan kaldu yang nikmat untuk berbagai olahan menu. Kuncinya adalah harus memasukkan sandung lamur ketika airnya masih dingin.

Merebus daging sandung lamur ketika air masih dingin akan membuat pori pori daging masih membuka dengan demikian rasa daging akan dapat meresap ke dalam kaldu secara sempurna. Agar daging tak terasa hambar, anda bisa menambahkan sedikit garam ke dalam proses perebusan. Anda bisa menggunakan kuah plus dagingnya untuk dijadikan sup daging hangat dan nikmat. Daging sandung lamur dapat diolah menjadi cara lain yang berbeda, misalnya menjadi sate.

Itulah sedikit tips dan trik mengolah daging sapi untuk bagian sandung lamur yang bisa anda coba. Mengingat daging bagian ini sudah empuk, maka anda tak perlu memasa daging ini dalam waktu yang terlalu lama agar tidak hancur.

Sapi Perah Bunting Harus Minum Air Putih Dengan Jumlah Yang Cukup

Walaupun air yang terkandung dalam hijauan yang dikonsumsi bisa mencapai 80% dari total beratnya, namun belum cukup memenuhi kebutuhan air bagi sapi perah bunting. Oleh karena itu tugas anda sebagai peternak adalah menyediakan pasokan air untuk minum sapi selalu tersedia.

Kudis Adalah Jenis Penyakit Menular Pada Sapi, Ini Obatnya!

Pernahkah Anda melihat sapi yang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kandang seperti sedang menggaruk-garuk bagian tubuh yang gatal? Atau bahkan menggigiti bagian-bagian tertentu pada tubuhnya? Apabila demikian, kemungkinan besar sapi tersebut sedang terserang kudis (scabies), yaitu jenis penyakit kulit menular yang disebabkan oleh hewan tungau.

Susu Murni Tahan Berapa Hari Di Kulkas?

Pernahkah anda mengalami kejadian susu sapi yang menjadi basi padahal sudah anda simpan ? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan teknik dan cara menyimpan anda. Susu merupakan sebuah produk dari sapi yang sangat bergizi namun, susu sapi memang memiliki sifat yang mudah sekali rusak oleh sebab itu harus benar-benar diperlakukan dengan tepat.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...