Mengenal Daging Sapi Jenis Sandung Lamur dan Cara Mengolahnya

Tips dan Trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas mengenai cara pengolahan sandung lamur, sebuah bagian dari sapi yang menjadi kesukaan banyak orang. Sandung lamur sendiri merupakan daging yang terletak di bagian dada bawah sapi, atau lebih tepatnya di dekat kaki depan sapi.

Tahukah anda, bagian ini merupakan salah satu bagian dari daging sapi yang paling kaya rasa berlemak. Selain itu, teksturnya pun lembut dan biasanya sangat cocok untuk sajian berkuah seperti rawon, sop daging, dan juga soto daging.

Tak harus selalu beli, anda juga bisa membuat menu sandung lamur anda sendiri karena tips dan trik mengolah daging sapi bagian sandung lamur ini cukup mudah. Untuk memasaknya, anda hanya perlu merebus utuh daging sandung lamur yang sudah dicuci bersih sebelumnya.

Rebuslah hingga setengah matang untuk membuat jusnya keluar dan juga meresap ke dalam air kuah. Setelah itu, anda bisa langsung mengangkat dagingnya dan dipotong potong lalu direbus atau dimasak sesuai dengan keinginan anda.

Berbeda di Indonesia, beda pula di Amerika. Di Negara Paman Sam ini daging sandung lamur yang utuh seringkali dimasak dengan cara diolesi dengan bumbu kering. Kemudian, daging sandung lamur ini akan diasapi dalam waktu yang cukup lama. Kemudian setelah itu, daging sandung lamur sangat sesuai untuk dipanggang dan dijadikan menu barbeque.

Mungkin di Negara lain pun kebiasaan memasaknya berbeda. Yang jelas, ada hal yang harus anda perhatikan bahwa tekstur daging sandung lamur memang lebih lembut dan juga lebih berlemak apabila dibandingkan dengan bagian daging sapi yang lainnya.

Karena alasan inilah daging sandung lamur tak cocok untuk dimasak dalam menu berkuah yang direbus dalam waktu lama dan perlu untuk diaduk aduk dalam intensitas yang sering seperti menu rendang misalnya. Hal ini karena daging justru bisa menjadi hancur saat matang.

 

Tips dan Trik Merebus Sandung Lamur untuk Dijadikan Kaldu

Apabila anda ingin, anda juga bisa memanfaatkan daging sandung lamur untuk dijadikan kaldu yang nikmat untuk berbagai olahan menu. Tips dan trik mengolah daging sapi bagian sandung lamur untuk dijadikan kaldu sangatlah mudah untuk dilakukan. Intinya, anda harus merebus sandung lamur ketika airnya masih dingin.

Ini artinya jangan menunggu air mendidih atau panas baru anda memasukkan atau merebus daging sandung lamur. Merebus daging sandung lamur ketika air masih dingin akan membuat pori pori daging masih membuka dengan demikian rasa daging akan dapat meresap ke dalam kaldu secara sempurna. Agar daging tak terasa hambar, anda bisa menambahkan sedikit garam ke dalam proses perebusan.

Setelah daging direbus, anda bisa menggunakan kuah plus dagingnya untuk dijadikan sup daging hangat dan nikmat. Namun, apabila anda ingin anda juga bisa hanya menggunakan kuahnya untuk sop sementara daging sandung lamurnya dapat diolah menjadi cara lain yang berbeda.

Misalnya saja dengan membakarnya, hingga mengolahnya menjadi menu sate. Anda juga bisa mengasah kreativitas anda dengan cara mengolahnya menjadi beragam menu lezat khas Indonesia.

Itulah sedikit tips dan trik mengolah daging sapi untuk bagian sandung lamur yang bisa anda coba. Mengingat daging bagian ini begitu mudah untuk menjadi empuk, maka yang harus selalu diingat adalah anda tak perlu memasa daging ini dalam waktu yang terlalu lama karena daging bisa menjadi hancur.

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...