Mengenal Jenis Sapi Penghasil Daging Wagyu

Wagyu dalam bahasa Jepang memiliki arti Sapi Jepang. Artinya, sapi jenis ini hanya dapat ditemukan di Negeri Sakura saja. Uniknya, tidak semua sapi potong khas Jepang merujuk pada jenis sapi penghasil daging wagyu.

Agar dapat dikategorikan sebagai sapi wagyu, seekor sapi harus memenuhi banyak kriteria. Pengujian genetik merupakan salah satu syarat utamanya. Hanya keturunan dari sapi potong khas Jepang yang diizinkan berada dalam barisan produksi daging wagyu terbaik.

 

 

Japanese Black

Nenek moyang Japanese black atau sapi hitam Jepang sebenarnya adalah sapi pembajak sawah yang dibawa dari daratan China. Sejak era Kekaisaran Meiji, sapi yang memiliki nama asli Kuroge Washu ini diperbaiki sifat genetiknya lewat persilangan dengan sapi impor. Hasil dari pemuliaan sapi yang berlangsung selama puluhan tahun adalah jenis sapi hitam yang dikenal saat ini.

Pada 1944, Japanese black ditetapkan sebagai sapi potong khas Jepang. Lebih dari 90% populasi sapi wagyu yang tersebar di Negeri Matari Terbit berasal dari jenis sapi ini.

 

 

Japanese Polled

Sapi potong khas Jepang yang satu ini lahir dari hasil persilangan Japanese Black dengan sapi Aberdeen Angus dari Skotlandia. Jumlah sapi tak bertanduk ini diperkirakan hanya tinggal beberapa ratus ekor saja. Hal ini menjadikannya sapi wagyu dengan populasi paling rendah dibandingkan Jenis sapi penghasil daging wagyu lainnya.

 

 

Japanese Shorthorn

Nihon Tankaku Washu atau sapi jepang tanduk pendek lahir dari hasil persilangan Sapi Nanbu yang berasal dari wilayah timur laut Jepang. Karakter dagingnya memiliki cita rasa umami karena mengandung asam inosinat dan asam glutamat. Sayangnya, Japanese shorthorn bukanlah sapi penghasil daging wagyu terbaik. Rasio lemak putih atau corak marmernya berada di bawah rata-rata jika dibandingkan sapi wagyu lainnya.

 

 

Japanese Brown

Sapi potong khas Jepang yang satu ini memiliki nama asli Akage Washu atau sapi berbulu merah/coklat. Karakter dagingnya mirip dengan sapi tanduk pendek dengan kandungan rendah lemak dan rasa umami.

Jika Anda mencari daging wagyu terbaik yang memiliki grade tinggi, maka daging sapi Japanese brown akan terasa kurang cocok. Meski kurang populer, jenis sapi penghasil daging wagyu yang satu ini tetap diperhitungkan karena bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Sejarah Sapi Belgian Blue yang Jadi Harapan Swasembada Daging

Sejarah Sapi Belgian Blue tak jauh berbeda dari kisah pembiakan wagyu, sapi yang sangat terkenal dari Jepang. Bedanya, jika wagyu tenar berkat kandungan lemak putih atau marblingnya, maka Sapi Belgia ternar berkat otot menonjol bak binaragawan. Baca selengkapnya...

Membangun Kandang Sapi Sederhana Untuk Peternak Pemula

Jika Anda ingin memulai bisnis peternakan sapi, hal pertama yang harus disiapkan adalah kandang yang sesuai dengan jenis ternak dan anggarannya. Kandang untuk jenis sapi potong berbeda dengan kandang untuk sapi perah. Sedangkan anggaran biaya untuk pembuatan kandang sangat tergantung pada jenis materialnya. Baca selengkapnya...

Memilih Model Kandang Sapi Perah Yang Cocok Dengan Cuaca Di Indonesia

Akhir-akhir ini, cuaca di Indonesia semakin gerah. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi tersebut secara meteorologis disebabkan suhu udara yang meningkat disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Berdasarkan pencatatan meteorologis yang dilakukan BMKG, suhu tertinggi terjadi di Sentani, Papua. Baca selengkapnya...

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan… Baca selengkapnya...